Tanpa Valentino Rossi Pemasukan MotoGP Berkurang 30 Persen!!! …Gak Percaya???

valentino-rossi- yamaha-m1-motogp

RiderTua.Com— Boleh saja kini setelah menjelang masa-masa “tua” dari Valentino Rossi mendapat “nyinyiran” dari para haters… boleh saja banyak pihak meragukan seberapa kompetitif “The Doctor” saat ini menghadapai para rival muda saat ini, namun fakta yang terjadi sungguh menarik untuk disimak dimana akan kita lihat pengaruh Valentino pada keseluruhan pendapatan Dorna dan MotoGP. Tanpa The Doctor pemasukan berkurang hingga 30%….!!!!
Valentino Rossi mitos

Karenanya sewaktu Rossi berhenti di Mugello banyak yang rugi.akhir pekan antara tanggal 20 dan 22 Mei, ada lebih dari 120.000 penonton, lebih banyak 15% dibanding 2015…. Sky TV menyadari dalam waktu singkat saja perubahan pemirsa yang melihat Rossi di balapan sampai akhir dan sewaktu dia gagal finish. Begitupun Dorna, sebagai pemilik hak siar MotoGP menyadari daya tarik khusus ‘The Doctor’ bagi pemasukan tahunan. Tapi apakah sebegitunya pengaruh Valentino Rossi dalam segi finansial, dan bagaimana apabila Rossi benar-benar pensiun dari MotoGP? Sponsor ad hoc banyak yang bisa menjawab pertanyaan ini. Penalaran kita bisa mulai dari jumlah uang setiap tahun yang berhubungan dengan Rossi. Mengingat Rossi memiliki kontrak dengan Yamaha hingga 2018 pada saat ia berusia 39 tahun.

Valentino Rossi Camel Yamaha

Penting diingat bahwa setiap tahun bisnis MotoGP ini berkisar 90 juta euro, hanya dari Rossi, pembalap yang diakui paling banyak ditonton. Hampir 30% (kira-kira 25 juta) datang dari sponsor. Race seperti Moto2 dan Moto3 masih saja eksis karena ada sponsor kecil yang membayar mahal untuk mendapatkan ‘pass’ yang akan bisa memberikan customer dan supplier agar bisa melihat Valentino Rossi di race. Kemudian sponsor individu seperti FIAT YAMAHA (16 Juta Euro untuk 2 tahun) hanya demi nama mereka tertera di motor Valentino. Atau Petronas yang setiap tahun mengucurkan dana hampir 4 juta Tak usah disebutkan lagi untuk menambah pundi-pundi uang berasal juga dari Fan Club Valentino Rossi, yang menjual ratusan tiket setiap race (antara 5000-10000) tak pandang di mana race berlangsung. Dan salah bila menganggap Rossi hanya punya fans orang Italia dan hanya di Italia saja.

Valentino Rossi

Dorna tanpa Rossi akan menangis………

Sebagai pihak yang mengatur dan mengorganisir kejuaraan dunia MotoGP, Dorna tahun bahwa kebanyakan profit tergantung pada hak siar televisi. Telefonica Moviestar membayar 20 juta Euro guna menyiarkan balapan di Spanyol. sementara di Italia Sky mengalahkan Mediaset dengan membayar 17 juta Euro. Dengan data ini kita bisa melihat bagaimana dampak Rossi, dari jumlah penonton sewaktu Rossi berada di depan dan sewaktu ia keluar dari race. Perbedaannya sekitar 500.000 penonton, artinya 1/3 dari penonton regular MotoGP. Pada tahun 2016, transmisi terenkripsi dari GP Amerika di TV8 menarik 1,1 juta penonton (Rossi berhenti balapan) sedang di Argentina 1,6 juta. Sedangkan pada Sky TV pemirsa yang menonton berjumlah 1,579,875, atau berkurang 400.000 pada tahun 2015 sewaktu Rossi berada di posisi ke-3. Yang paling menarik, adalah pembagian yang direkam oleh TV8 pada menit pertama di Austin, yang mencapai 13.66% dengan jumlah penonton 1.580.000.

2016-Yamaha-YZR-M1-Valentino-Rossi-akhiri karir di Yamaha

Setelah Rossi crash, banyak fans yang mematikan TV, melewatkan podium Marc Marquez dan Andrea Iannone bersama Ducati. Crash nya Vale juga mempengaruhi Sky Sports MotoGP yang disiarkan langsung. GP Amerika ditonton oleh rata-rata 940.059 dengan pangsa 3.53% dan 1.579.875 penonton (Auditel). Pada tahun 2015 penonton mencapai 1.990.687 selisih sekitar 400.000 penonton (waktu Rossi naik podium).
Estimasi Spanyol akan berkurang 30%. Tapi ada lagi… setelah diskusi GP musim lalu, di Valencia, media Spanyol (kemungkinan mengalami penurunan hingga 30% khususnya di Madrid) daritotal omset bisnis Dorna seiring kemungkinan mundurnya Valentino. Perbandingan dengan F1 Ferrari, tapi menurut perhitungan kami Rossi lebih signifikan. Dari 250 juta euro per bulan yang diraup Dorna, ketidak hadiran The Doctor bisa mengurangi angka hingga 90 juta Euro. Lebih dari sepertiga (36%) dan untuk itulah alasan Dorna mewawancari Valentino sebelum memutuskan perubahan regulasi. merchandise Rossi pun mengurusi pernak-pernik pembalap, dan meskipun ada beberapa pikiran negatif. Rossi dibujuk untuk bertahan di MotoGP setidaknya 2 tahun lagi. Dalam 20 tahun ini Valentino telah menjadi karakter yang unik, bisa memonopoli perhatian internasional olahraga dan menciptakan bisnis yang unik, belum pernah terjadi sebelumnya di industri ini. Dan ketika Rossi memutuskan pensiun banyak yang akan menderita dan merugi bukan hanya pendukungnya.

Related Articles

13 COMMENTS

    • lengkap dan masih belum semua termasuk sektor non balap… penjual motor dan pedagang kaki lima 😀

  1. Makanya dorna lagi galau… siapa yang bisa menggantikan karakter rossi kalau dia pensiun nanti? Yang bisa mendatangkan duit jutaan dollar buat mereka?

  2. Jolor kethoke dadi kandidat berikutnya Mbah.
    percayalah, dia lebih ganteng, jurdun, sayange agak sombong dikit 🙂 tapi gak kemaki 🙂

  3. temen ane fans VR juga matiin tv pas kemaren motor Rossi meleduk…

    namun ketika ane tanya “ente bakal berhenti nonton MotoGP pas VR pensiun ya?”

    doi jawab “ya kagak lah , nanti juga bakal muncul bintang2 baru MotoGP buat gantiin VR , kayaknya ane mulai demen sama MV ini.. hehee..”

    dan menurut ane , efek pensiun VR pasti kerasa lah.. namun semua orang pasti move on , ada MM93 (walaupun dibully mulu sama FBR :mrgreen: ) dan bakat2 lainnya..

    kalau JL , kurang menjual.. liat aja follower doi di twitter , kalah sama MM yang junior.. hehee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page