Bea Balik Nama Kok Dobel… !! Di Semua Samsat Emang Gini…???

stnk-motor
Gambar dari edorusyanto.WP

Kemarin saat balik nama kendaraan bermotor kepunyaan RT coba-coba urus sendiri… walau sedikit berkeringat namun ada kepuasan tersendiri… sebuah kendaraan roda 4 tua… πŸ™‚ singkat cerita total dana yang RT keluarkan adalah 2 juta-an rupiah untuk balik nama AKDP alias antar kota dalam provinsi ( belum termasuk uang transport πŸ™‚ )

Nah RT jadi sadar setelah nyampai rumah kalau ada yang (mungkin) aneh…atau kebetulan aja nilainya sama…pada saat di samsat tujuan dan memasukkan berkas RT harus bayar uang 400rb di depan meja petugas pertama (bagian arsip)yang menerima arsip kendaraan mutasi masuk… setelah selesai tinggal masalah bayar pajaknya di lantai satu di ruangan lain dan dapat STNKΒ serta Plat Nomor Baru…diSTNK baru tertera bea BBN KB kok 400rb juga dan harus bayar dikasir lagi…??? apa semua memang begono…??

samsatcorner1
bisnis-kepri.com

Karena RT termasuk baru pertama kalinya urus balik nama sendiri apakah hal ini wajar… biaya Rp 400rb yang pertama (petugas arsip)kok tanpa bukti bayarnya ya.. apa itu uang administrasi arsip berkas/bendel-nya…??? tapi mbok yao ada tanda terimanya… biar jelas to…???

Semoga sistim pembayaran PKB kedepan tambah bagus & lebih transparan lagi…

Lama Proses pengurusan
-Cabut bendel sehari…
-Mutasi masuk 2 minggu-an
-BPKB 6 bulan baru jadi…!!!

polisi cantik

53 Comments

  1. wah..maaf blm pernah cabut berkas dan balik nama,Pak..
    tapi menurut teman yg biasa balik nama,biaya utk seekor honda bebek saja sekitar 650 rb..

  2. langsung aja laporkan ke atasannya aja, trus coba paksa minta kwitansi dll dsb, banyak tuh yg kaya gitu, apa lagi nawarin beli map juga dll dsb, bangsat tuh… 400 kalo sehari jadi mau, kalo 6 bulan mah, lawan ajah…

  3. saya pernah mengurus sendiri dan waktu itu balik nama scorpio z 2010, saya tinggal dibekasi waktu itu saya balik nama dicikarang, untuk yang balik nama stnk itu 1 hari, lalu balik nama bpkp di komdak jakarta itu satu hari aja cepet banget saya juga kaget :D. mungkin kalo untuk daerah jabodetabek sudah mulai ada perbaikan πŸ˜€

  4. Oalah
    Berbulan2 tak tampak ternyata …
    Cari R4 plus mutasi & balik nama
    Nderek bingah pak RT

  5. bayar cuma dikasir doang pak rt.

    karena pak rt baru pertama kali,

    maka pak polisinya untung-untungan bodohin orng,

    syukur-sukur orgnya ngak ngerti, maen kasih aja duit

  6. coba kita tanya briptu dara intan,, apa memang seperti itu..??

    btw welcome back pak RT, semoga selalu diberikan kesehatan.. aamiinn..

  7. BEa balik nama dalam kota vega saya cuman 350.000 ditambah untuk penggantian BPKB 80.000.
    Wah kasuse berat kuwi.

  8. Saya tahun kemarin cabut berkas Depok Jabar 300rb, mutasi balik nama ke Jateng 550rb, 3 minggu jadi nopol pilihan sendiri, bpkb 2 minggu.

  9. SAMSAT KAN ARTINYA SAMA-SAMA BANGSAT!!!!!
    UNTUK ANGGOTA POLANTAS REPUBLIK INDONESIA DAN SEMUA PEGAWAI YANG KERJA DI SAMSAT DIBACA YA…TULISAN SAYA INI, KALAU GAK SENANG BILANG AJA MAUNYA LOE2 APA??? MAU PERANG BENERAN…AYO……!!!!!!! KAMI SIAP MENGINTAI DAN MEMBANTAI KALIAN SEMUA….!!!!!!!

  10. kalau ke ngurus apapun gan dan dimintain duit, bilang aje “bikin kuitansinya ya” dijamin pada kagak jadi minta tuh. ane pas ngurus dulu begitu gan

  11. bang ane abis balik nama, tapi kata orang samsatnya ngambil bpkb di komdak, yang mau ane tanya kira2 ada “biaya” lagi ga bang, dan kira2 berapa?

1 Trackback / Pingback

  1. Enaknya Ngurus Surat Kendaraan Tanpa Calo….Nggak Ribet… | ridertua – Motorcycle Blog

Leave a Reply