Makna Dibalik Garansi Mesin… Apa Itu…???

Ketangguhan mesin memang sebuah jaminan agar konsumen tidak ragu akan kualitas dan daya tahan mesin buatannya…Point ini boleh jadi merupakan strategi jualan produsen disamping memang hasil sebuah kemajuan teknologi… tapi apa sih makna dibalik jaminan/garansi/guarantee itu…?

Kadang hal ini terlewatkan konsumen dan luput dari perhatian kita dimana jaminan mesin adalah bukti keyakinan produsen akan produknya…daya tahan dan keyakinan konsumen tapi efektifkah..?? atau hanya sebagai sarana promosi saja …dalam persaingan..? dimana jika kompetitor berani jamin 5 tahun..maka ikut juga berani jamin segitu…? Yamaha Mio J ,garansi mesin 5 tahun/50.000 km sedangkan..Honda vario 125 mesin 3 tahun, part injeksi 5 tahun… tentunya hitungan jangka waktu ini tidak asal saja… pasti melalui uji teknis yang tidak sederhana… Apakah garansi merupakan daya tarik bagi konsumen…? atau sebetulnya sia-sia saja…konsumen gak perhatikan sampai kesitu..? penting model OK, beli…. 🙂 bagaimana menurut bro sekalian…???

Well mau laris…? garansi seumur hidup… 🙂

Related Articles

46 COMMENTS

  1. Bisa juga disebut sebagai ajang promosi sebuah ATPM. Jika ATPM bersedia memberikan waranty dengan baik dan pelayanan yang baik pula apalagi garansinya lama maka konsumen akan lebih tertarik dan percaya terhadap suatu brand/barang yang dibeli.. Intinya adalah waranty harus jelas guna mendukung/mempertahankan penjualan…
    Jadi kedua belah pihak produsen mendapatkan keuntungan karena kepercayaan konsumen dan konsumen lebih juga lebih puas… Just opinion 😆

  2. pasti bakal masih ada nyang berkata bahwa forged piston n diasil silinder tidak lebih baik dari piston n silinder konvensional!!! :mrgreen:

      • fokus topiknya di awet bro!!! untuk awet tidak bisa dipungkiri khan unggulnya forged + diasil!!! untuk z1 memang peruntukannya racing!!! tapi tetap saja kalah awet dibanding diasil silinder!!! untungnya forged piston masih dipertahankan!!! :mrgreen:

  3. ijin nimbrung sharing yah om2 semuanya, pada prinsipnya warranty mesin 1-5thn adalah yang pada prinsipnya perusahaan pemegang merk tersebut menjamin selama tahun tersebut mesin tidak akan rusak, jebol dll. jika kerusakan itu memang cacat pabrikan makan sepenuhnya akan diganti oleh perusahaan tersebut. katakanlah unit mesin dibeli baru 1thn (garansi 5thn) sudah rusak, jebol karena emang itu cacat pabrikan, maka akan diganti penuh 🙂
    http://allnewpicanto.wordpress.com/

  4. bayangkan klo ndak memperhatikan garansi … bs kyk motor cina sekali pake … konsumen ndak percaya sama keawetannya

  5. Yah tebak sendiri lah yg ngasih garansi 5 tahun sama yg 3 tahun kalo dijalan awetan yg mana…pemakaian 3~4 tahun yang udah nggak ada tenaganya juga banyak…biasanya umur segini kredit pas lunas…dan siap dilego ganti baru….jadi bebas urusan mesin loyo.

  6. Ternyata buru buru itu tidak baik
    jadi banyak salah tulisannya
    saya ralat yaaa

    GARANSI MESIN ADALAH SALAH SATU TAKTIK
    DARI PRODUSEN MOTOR BUAT MENARIK
    MINAT KONSUMEN BUAT BELI ITU MOTOR BOOOSSSSS,
    COBA SETIAP PABRIK MOTOR MENGHILANGKAN
    GARANSI MESIN PASTI BAKALAN HEBOOOH
    DUNIA MAYAAAA NEEEH

  7. garansi merupakan komitmen pelayanan dan jaminan kualitas dari produsen dngan syarat2 yang dtetapkan mereka sendiri..tp selama ini ane gak pernah pduli brapa taun garansi..karena seringnya blum ada 2 taun ud ganti..hehe..saya juga berpandangan bahwa selama kendaraan dirawat dengan baik,dpakai dalam batas normal,n tidak mengalami kecelakaan..dapat dpastikan akan awet dan tidak mudah rusak kecuali bawaan pabrik..nah di sinilah manfaat garansi it td..cmiiw

  8. Garansi board *sus setahun sama *cs 5 tahun, kok aku tetap pilih yg cuma setahun. Ada yg pengalaman klaim garansi motor?

  9. garansi mesin terkadang cuma iklan aja coz biasanya disertai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku jadi ngga universal.

  10. Pada umumnya, hanya sedikit sekali yang peduli garansi, hal ini dikarenakan beberapa hal yang umum, misalnya penggantian knalpot dan/atau pemakaian oli mesin rekomendasi pabrikan, kalau diluar rekomendasi, artinya garansi hangus (Jebakan Betmen). Padahal, kenyataannya banyak sekali oli diluar rekomendasi pabrik yang lebih baik. Contoh pribadi saya dengan riding kecepatan 50-60km/h : Honda Vario 125, pakai oli buatan Idemitsu Kosan, yaitu MPX-2 (API SJ), borosnya minta ampun! 1L Pertamax Plus cuma nyentuh 37.3km. Saat Odometer 100+km, saya ganti oli mesin ke Castrol Power 1 Scooter ( API SL) dan gear oil Castrol Gear Oil Scooter, iritnya malah sesuai dengan test ride Jawa -Bali, 1L Pertamax Plus bisa sampe 69.8km. Pada saat saya mau ganti oli, saya tidak berpikir mau hangus atau tidak garansinya, toh selama saya merawat sebaik-baiknya dan berkendaraan safety riding, Vario 125-ku akan baik-baik saja. Jupiter MX 2007-ku saja (sudah 57.800km, 55km : 1L Pertamax Plus), masih dalam kondisi prima.

  11. garansi itu cuma ada di produk otomotif MOBIL.
    kalau motor pasti ada aja alasannya mau HONDA atau YAMAHA bahkan KAWASAKI.
    mereka semua penipu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives