India sebagai Home Base CBR 250 R sudah tepatkah..???

“setiap produk global akan mendapat tantangan berat dari produk lokal”

Produk sport Honda CBR 250R diproduksi di dua negara yaitu Thailand dan India… untuk Thailand sudah sering dijadikan tempat lahirnya motor-motor sport honda seperti cbr 150…tapi sudah tepatkah CBR 250 diproduksi di India..?? kenapa gak Indonesia saja..??

Mungkin 2 negara itu mempunyai nilai lebih..lebih murah maksudnya bisa menekan cost produksi dan lebih siap  🙂 dibanding negara-negara lain di asia…setiap produk global akan mendapat tantangan berat dari produk lokal… seperti bajaj kalau mau melawan cbr pasti akan diuntungkan dengan ‘nasionalisme’ produknya…tapi disisi lain CBR dari harga malah justru akan bersaing karena di India tentunya harga lebih murah (CKD )..
India bisa menghajar kompetitornya langsung dari sarangnya,rumahnya sendiri..dengan memproduksi varian yang kompetitif baik secara harga dan kualitas..ibarat bertarung dikandang macan,produk global yang diproduksi dimana negara itu sendiri punya produk tandingan… karena bisa jadi Bajaj “lebih mengerti” kultur konsumen mereka…IMHO

13 Comments

  1. kalo di produksi di indonesia bisa jadi hrg nya lebih murah. & bisa semakin menjadi penantang serius ninja 250. imho.

    • gimana nasib yamaha byson yang buatan thailand yang gak memenuhi standar kualitas indonesia, n akhirnya gak dilanjutkan ya??? . . . . ituh buatan thailand…< mau di produksi dimana aja gak masalah yang penting QC n standar material ataupun proses produksinya jelas!!!

  2. sekecil-kecilnya market indonesia jumlahnya lebih besar dari negara lain lho bro, contoh aja ninja 250, 1/4 produksi thailand diserap pasar indonesia. persentasenya kecil tapi unit yang terjual besar bro, indonesia ngga dijadikan basis produksi itu karena negosiator indonesia lemah trus daya dukung pemerintah juga kurang dlm diplomasinya.

  3. Duh kalo di indi takut kwalitet ny menurun liat aja deh cbr 250 kemaren. .
    Haduh galau hati q. .
    Ga bgt di taroh di indi. .

  4. klo di bikin di Indonesia entar jatuhnya mahal bro…
    lihat aja Byson dan NMP.
    di India kedua produk itu cuma dibanderol kurang dari 13 jt tapi yg dibikin di sini jadi 19.5-20 jt.
    bisa dibayangin aja CBR250R yg di India dibanderol 29.5 jt klo dibikin di sini jd berapa?
    pasti gak akan kurang dari 40 jt.
    nah klo dibikin di sini aja udah 40 jt klo di ekspor ke berbagai negara mau dibanderol brp???

Leave a Reply