MotoGP

Alex Rins : Masalah Menikung Yamaha Mirip yang Dialami Suzuki Pada 2017

RiderTua.com – Kesulitan menikung Yamaha M1 di MotoGP musim ini, mengingatkan Alex Rins pada situasi serupa dengan Suzuki GSX-RR pada 2017. “Cukup sulit bagi kami untuk menikung. Kedengarannya cukup familiar, karena pada tahun 2017 (di Suzuki) saya juga pernah mengalaminya. Untuk kedua kalinya saya menaiki Yamaha, dan saya mengutarakan hal ini kepada kru dan sepertinya mereka sedang mengerjakannya,” ujar rider Spanyol itu.

Saat itu, Suzuki mengambil langkah yang salah dalam pengembangan mesinnya untuk debut Rins di MotoGP pada 2017. Kemudian manajer tim Davide Brivio menjelaskan bahwa desain yang direvisi memiliki terlalu banyak kelemahan di tikungan.

Alex Rins : Masalah Menikung Yamaha Mirip yang Dialami Suzuki Pada 2017

Alex Rins menjelaskan, “Pada 2016, salah satu kelemahan kami adalah traksi saat keluar dari tikungan. Jadi kami mengembangkan mesin yang lebih halus dengan karakteristik yang diharapkan dapat membantu pembalap meningkat di area tersebut untuk 2017. Sepertinya membantu. Namun sepanjang musim, kami menyadari bahwa mesin ini menimbulkan masalah di area lain, seperti saat menikung. Pada dasarnya, hal itu menghilangkan manfaatnya. Hal ini menciptakan masalah di beberapa trek di mana pengereman dan memasuki tikungan sangatlah penting.”

Berdasarkan pengalaman tersebut, Rins merasa meskipun elektronik M1 dapat ditingkatkan, mesin adalah inti dari masalah menikung saat ini. “Masalah yang kami hadapi saat ini lebih berasal dari mesin dibandingkan elektronik,” ungkapRins di Mugello.

Kabar baik bagi Yamaha adalah, tidak seperti Suzuki di tahun 2017, mereka dapat mengubah desain mesin sepanjang musim sebagai bagian dari paket konsesi yang mereka terima. “Tetapi untuk membuat mesin yang berbeda di tengah musim, itu sulit! Sangat mudah untuk mengambil langkah yang salah,” tegas Rins memperingatkan. Sampai hal itu tercapai, Rins dan rekan setimnya Fabio Quartararo mencoba mengkompensasi kurangnya menikung dengan mengerjakan elektronik, set-up motor, dan fairing.

Yamaha dikabarkan akan menyiapkan modifikasi mesin lebih lanjut untuk diuji di Mugello pada tes hari Senin, namun rencana batal karena hujan. Rins dan Quartararo akan kembali ke trek untuk menjalani tes pribadi di Valencia pada 11-12 Juni mendatang saat jeda yang disebabkan oleh penundaan GP Kazakhstan.

Rins menjelaskan, “Sangat disayangkan kami tidak bisa berkendara dalam kondisi kering, karena kami memiliki part baru untuk diuji di sini. Untungnya, minggu depan kami akan pergi ke Valencia dan kami akan menguji part baru di sana.”

Quartararo menambahkan, “Kami punya banyak part untuk dicoba, yang pada akhirnya kami tidak bisa mengujinya di sini. Sayang sekali kondisinya basah, cuacanya tidak membantu kami. Tetapi kami akan mengadakan tes pribadi lagi minggu depan. Mudah-mudahan, cuaca akan bagus di Valencia.”

Honda yang juga bergelut dengan masalah menikung dan mampu memodifikasi desain mesinnya karena konsesi, diperkirakan telah mengurangi kelemahan untuk konfigurasi mesin berbeda yang diberikan kepada tim Repsol di Barcelona.

Meskipun saat ini menikung sedikit lebih baik, hal ini mengakibatkan masalah traksi yang lebih besar, juga mereplikasi masalah yang dialami Suzuki pada tahun 2016-2017.

Joan Mir beralih kembali ke motor standar Honda untuk Mugello. Namun Luca Marini memilih untuk terus bekerja dengan konfigurasi baru, percaya bahwa ini adalah langkah pertama ke arah yang benar. Mir mengungkapkan bahwa Honda berharap memiliki mesin baru yang siap ‘full’ untuk balapan bulan Juli. Sementara TT Belanda di Assen berlangsung akhir bulan Juni.

This post was last modified on 7 June 2024 15:01

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

GAC Aion Siap Luncurkan Mobil Pertamanya di Indonesia!

RiderTua.com - Meski GAC Aion belum memulai penjualannya di Indonesia, mereka sudah siap untuk memperluas jaringan penjualannya disini. Termasuk mendirikan…

19 June 2024

Mobil Listrik Berjarak Tempuh Jauh Paling Banyak Dicari!

RiderTua.com - Mobil listrik yang dijual di Indonesia semakin beragam model dan jenisnya. Dari MPV, SUV, sampai mobil niaga semuanya…

19 June 2024

GAC Aion Mulai Membuka Dealer, Siap Rilis Mobil!

RiderTua.com - GAC Aion telah mempersiapkan segalanya untuk memulai penjualan mobilnya di Indonesia pada tahun ini. Dari jaringan penjualan sampai…

19 June 2024

Joan Mir akan Perpanjang Kontrak dengan Tim Pabrikan Honda, Tapi

RiderTua.com - Nama Joan Mir berulang kali dibicarakan di pasar transfer MotoGP. Seperti 10 pembalap lain yang menjadi starter saat ini,…

19 June 2024

Bergaya Neo-Sport Cafe, Honda CB300R Dapat Warna Baru yang Sangar!

RiderTua.com - Honda CB300R, nakedbike yang bergaya Neo-Sport Cafe pertama kali meluncur di tahun 2017. Kali ini baru saja mendapat…

19 June 2024

Toprak Razgatlioglu Bersama BMW ke MotoGP?

RiderTua.com - Kemenangan sempurna Toprak Razgatlioglu di Misano menjadikannya pembalap BMW pertama yang memimpin klasemen Kejuaraan Dunia Superbike sejak 2012 (Marco…

19 June 2024