Categories: MotoGPSuperbike

Bos Rokit BMW : Ketika Toprak Yakin Bisa Memenangkan Gelar Dunia, Kami Juga Yakin Dia Bisa

RiderTua.com – Setelah Toprak Razgatlioglu merayakan kemenangan ganda yang mengesankan di Catalunya, sulit untuk membantah bahwa pembalap terbaik di kelasnya menjadi favorit peraih gelar dunia. Seperti diketahui, rider asal Turki itu dinilai sebagai pembalap nomor satu di Superbike meski Alvaro Bautista (Ducati) meraih gelar dunia selama 2 tahun terakhir. Toprak berada dalam jarak yang dekat untuk menduduki posisi teratas dalam klasemen, dan dengan perkiraan dia akan tampil kuat di Assen, dia dan BMW juga akan memperoleh poin besar disana.

Berbicara tentang kemajuan yang telah dicapai BMW sejak kedatangan Toprak, bos tim ROKIT BMW Motorrad Shaun Muir mengatakan, “Sejujurnya, kami berada pada posisi di mana kami hampir mengambil langkah itu. Menurutku selama musim dingin kami melakukan beberapa revisi, tetapi bukan perubahan besar yang diantisipasi semua orang untuk membuat perubahan besar tersebut. Ini hanyalah mengkonsolidasikan setting yang kami tahu bakalan berhasil berdasarkan pengalaman kami selama beberapa tahun terakhir.”

Bos Rokit BMW : Ketika Toprak Yakin Bisa Memenangkan Gelar Dunia, Kami Juga Yakin Dia Bisa

Shaun Muir menambahkan bahwa menetapkan basis dan kemudian Toprak bergabung dengan tim dan memulai dari basis itu, dan apa yang dilakukannya adalah konfirmasi bahwa BMW berada di jalur yang benar. Hal ini juga mulai menghalangi untuk mengambil apa yang diminta oleh para pembalap, yaitu set-up yang berbeda dari yang mereka tahu akan menjadi yang terbaik untuk kondisi balapan jarak jauh. Itu hanya menstabilkan segalanya.

Muir menjelaskan, “Michael (Van Der Mark) telah pulih dari cedera dan kini kembali fit. Kembali bekerja dengan Toprak jelas membawa feeling baru dalam tim sepenuhnya, dalam hal keseimbangan nyata di dalam garasi. Saya tidak bermaksud menghina pembalap lain kami di masa lalu. Sepertinya banyak hal yang berhasil di banyak area di mana kami sempat kesulitan sebelumnya.”

Toprak Razgatlioglu

“Secara operasional, dari sisi saya dan SMR, kami telah melakukan beberapa revisi yang bagus, membawa Phil ke dalam tim adalah hal yang luar biasa karena dia pernah bekerja dengan saya di Aprilia, jadi saya cukup sukses dengan dia dan Eugene (Laverty). Karakternya cocok dengan apa yang kami cari dan hanya ada satu atau dua perubahan di tim Tapi secara umum timnya sama dengan yang saya miliki selama beberapa tahun terakhir, kecuali kami mendapatkan beberapa hasil. Saya tidak bisa menentukan satu hal yang membuat perbedaan, semuanya sudah beres,” imbuh bos tim Rokit BMW itu.

Kesuksesan BMW di WorldSBK masih jauh dari kata sukses dan perlu merekrut salah satu pembalap terbaik untuk membawa keungguan bagi mereka. Namun hal itu tidak selalu terjadi di kejuaraan lain seperti British Superbike. Meski kesuksesan mereka di Superbike masih terbatas, Muir yakin BMW sedang membangun sesuatu yang istimewa, bersama dengan Toprak yang tampil sensasional sejak bergabung dengan pabrikan asal Jerman itu.

Muir mengungkapkan bahwa ajang superbike Inggris adalah batu loncatan. Mereka sudah melakukannya, mereka sudah menjalankan jalurnya. Menurutnya mereka tampil fantastis di kejuaraan itu. Saat itu mereka melakukan apa yang benar dan itu adalah melangkah ke Superbike.

Muir mengatakan, “Beranjak dari hasil di sini, masa-masa di Aprilia benar-benar baik bagi kami. Kami sudah lama berada di sini, kami telah menempuh perjalanan yang sulit dan saya merasa bahwa pengalaman kami dalam memahami perjalanan, sirkuit, lingkungan, dan apa yang harus kita hadapi, kami telah melalui semua itu. Saya merasa, secara keseluruhan dalam kejuaraan ini, mendapatkan kombinasi dan apa yang saya rasakan sekarang seperti awal tahun 2011 dan 2015 ketika kami berada di tahun-tahun kemenangan kejuaraan, saya juga memiliki perasaan yang sama dengan tahun ini.”

“Semuanya klik. Kita tahu kapan segala sesuatunya baik-baik saja. Tidak ada drama, yang ada adalah suasana dalam tim dan ada semangat serta pengetahuan dari pabrikan untuk berpikir bahwa kami berada di jalur yang benar dan saya yakin melanjutkan dengan Toprak. Kami bersamanya untuk 2 tahun, ini baru 2 seri dan di sini kita berbicara tentang kejuaraan dunia. Tapi Toprak sedang membicarakannya. Jika ada yang tahu dia bisa memenangkan kejuaraan dunia, itu adalah orang yang duduk di atas motornya. Ketika dia yakin dia bisa, kami juga yakin dia bisa,” imbuhnya.

Bukan hanya hasil luar biasanya di sirkuit yang membuat Muir terkesan dengan Toprak, tapi juga etos kerja yang ditunjukkannya. “Ketika Toprak bergabung, saya tidak ingin menggunakan kata-kata yang menunjukkan kekaguman. Tapi kami sangat terkesan dengan ketenangannya, tetapi pada saat yang sama kami mencoba memahami karakternya juga. Kami mengenal Mickey luar dalam. Kami selalu menemaninya di rumah sakit pada saat-saat terburuk dan kami pernah naik podium di Portimao dan mengalami saat-saat yang menyenangkan. Kami memahami seperti apa Michael, tapi Toprak tidak,” ungkap Muir.

“Dia seperti selembar kertas kosong bagi kami. Kami hanya melihat apa yang publik lihat dan yang lihat di paddock. Kami hanya terkesan dengan dia sebagai manusia yang lugas dan baik, perasaannya seperti orang lain, ambisinya tidak seperti orang lain. Sepertinya tercampur dengan sangat baik. Saya yakin Yamaha sudah memilikinya bertahun-tahun sebelumnya dan ketika Manuel memilikinya di Puccetti, jadi kami mendapatkan manfaatnya sekarang. Semoga ini terus berlanjut,” pungkas Shaun Muir.

This post was last modified on 20 April 2024 20:52

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Neta V-II Dijual Lebih Murah Dari Neta V Karena Ini

RiderTua.com - Neta sebelumnya merilis Neta V di Indonesia sejak tahun lalu, dan sukses terjual hingga ratusan unit. Kini mereka…

5 Mei 2024

Wuling Berbicara Soal MPV Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Wuling baru memiliki tiga mobil listrik yang dijualnya di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo EV, dan Cloud…

5 Mei 2024

Wuling Cloud EV Tanpa Sunroof Seperti Alvez

RiderTua.com - Wuling Cloud EV menjadi pelengkap mobil listriknya di Indonesia setelah merilis Air EV dan Binguo. Model ini memiliki…

5 Mei 2024

Seres E1 yang Terjual Ratusan Unit, Tapi Jarang Terlihat di Jalan

RiderTua.com - Seres E1 menjadi salah satu mobil listrik yang dijual di Indonesia ketika pasarnya pertama kali dimulai disini. Meski…

5 Mei 2024

Aleix Espargaro Kesal : Zarco Harus Lebih Respect

RiderTua.com - Aleix Espargaro sangat tidak senang bersenggolan dengan Johann Zarco di GP Spanyol. Pertarungan mereka di Jerez berakhir ketika rider…

5 Mei 2024

Antrian Pesanan Toyota Vellfire Kini Mencapai Enam Bulan!

RiderTua.com - Toyota Alphard dan Vellfire di Indonesia kini mendapatkan model generasi terbarunya setelah sekian lama. Kedua mobil MPV mewah…

5 Mei 2024