Categories: MotoGP

Kenapa Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha? Uang dan Percaya Diri

RiderTua.com – Setelah muncul banyak spekulasi tentang masa depannya, akhirnya Fabio Quartararo memilih untuk bertahan di Yamaha setelah ditawari gaji fantastis sebesar 12 juta Euro (Rp 207 miliar) per tahun. Kesepakatan baru ini akan membuat rider berusia 24 tahun itu tetap di Yamaha hingga akhir 2026. Dan rayuan Aprilia tidak cukup menggoyahkan juara dunia MotoGP 2021 itu untuk tetap bertahan di pabrikan garpu tala.

Meskipun performa Yamaha yang mengecewakan masih menjadi sorotan, mempertahankan rider top mereka akan memberikan peluang bagi pabrikan yang berbasis di Iwata Jepang itu untuk mempertahankan salah satu pembalap terbaik di MotoGP saat mereka sangat membutuhkannya.

Faktor-faktor yang Menyebabkan Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha

Keputusan El Diablo ini jelas mengejutkan para pengamat balap, mengingat dia seringkali mengeluhkan performa Yamaha. Peter Mclaren menjelaskan, “Berita Quartararo mengejutkan. Menurutku orang-orang mengira dia akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil keputusan terutama karena tidak ada hasil yang tampaknya membuatnya ingin memperbarui kontraknya dengan Yamaha.”

“Tapi yang jelas, di balik layar dia telah bernegosiasi dengan Yamaha dan jelas dia yakin akan masa depan dari apa yang mereka rencanakan. Kita sudah mengetahui seperti apa motornya tahun depan dan saya memuji Yamaha, mereka jelas telah mendapatkan pembalapnya dan meyakinkan dia bahwa motornya akan lebih baik dan mereka menyelesaikan segalanya.”

“Dia menandatangani kontrak dengan tepat dan paket gaji yang bagus tidak akan merugikan apa pun. Sekarang dia sudah menyelesaikannya sehingga dia bisa menghilangkan semua rumor tentang kontrak dan gangguan sehingga bisa fokus pada sisa musim yang masih panjang.”

Fabio Quartararo – Jorge Martin

Bertahannya Quartararo di Yamaha juga mengesampingkan potensi perpindahan rider lainnya, dimana Jorge Martin dirumorkan akan meninggalkan Ducati untuk menggantikannya di Yamaha.

Robert Jones menambahkan pandangannya tentang situasi ini dari sudut pandang Yamaha. “Khususnya dari pihak Yamaha, mempertahankan Quartararo adalah sebuah langkah besar karena ada banyak rumor seputar dia dan ke mana dia bisa pergi. Aprilia tidak muncul begitu saja, tetapi mungkin mereka menjadi yang terdepan dalam perburuan untuk merekrutnya dan Quartararo juga berbicara tentang masa depannya di seri terakhir di mana dia membiarkannya terbuka,” ungkap Jones.

“Dia ingin mengambil keputusan dengan cepat tetapi dia ingin membuat keputusan yang tepat dan membiarkan pintu terbuka untuk meninggalkan Yamaha. Tetapi bagi mereka, mempertahankan Quartararo merupakan sebuah pernyataan besar karena kami tahu bahwa proyek tersebut belum sesuai dengan apa yang biasa mereka lakukan dan tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.”

“Yamaha telah meraih banyak kesuksesan di MotoGP. Bagi Yamaha, menurutku sangat penting bagi Quartararo untuk tetap bertahan. Mengetahui bahwa proyek tersebut belum ada saat ini tetapi memberikan jawabannya kepada Yamaha. Ya, menurut saya itu akan sangat memotivasi Yamaha,” pungkas Robert Jones.

Aprilia diketahui menawarkan gaji 4 juta Euro (Rp 69 miliar) per musim kepada Quartararo, tetapi tawaran itu ditolak mentah-mentah. Hal lain yang membuat Quartararo bertahan adalah dia telah melihat proyek tersebut kedepan dan merasa percaya diri, karena Yamaha telah merekrut banyak insinyur dari Ducati dan banyak orang pintar.. Mereka mengatakan kepadanya bahwa ini adalah proyek Yamaha untuk masa depan dan dia jelas sudah mempertimbangkan kontraknya dan uang adalah aspek yang besar. Ini adalah uang yang banyak dan mengamankan kekayaan pribadinya adalah pilihan yang bagus untuk diambil oleh Quartararo..kapan lagi?.

 

This post was last modified on 9 April 2024 19:09

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bakalan Punya Tim Satelit Pada 2025, Kata Siapa?

RiderTua.com - Rumor yang tersebar di paddock GP Spanyol tetap pada nasib beberapa tim satelit. Seperti diketahui, Yamaha sedang berusaha keras…

2 Mei 2024

Aleix Espargaro Pensiun? Saya Tidak Bisa Berkata Apa-apa!

RiderTua.com - Aleix Espargaro bisa saja mengucapkan selamat tinggal pada MotoGP pada akhir musim 2024. Pembalap Spanyol itu bisa menjadi…

2 Mei 2024

Raul Fernandez : Mengendarai Aprilia RS-GP24 ‘Seperti Mencicipi Permen’

RiderTua.com - Raul Fernandez yang membalap untuk tim satelit Trackhouse menjadi satu-satunya pembalap Aprilia yang masih menggunakan mesin 2023. Aprilia…

2 Mei 2024

Pecco Bagnaia : Di Jerez Masalah Getaran Hilang Tapi akan Dicoba di Barcelona yang Gripnya Kurang

RiderTua.com - Setelah kemenangan sensasionalnya di GP Spanyol, Pecco Bagnaia menjalani tes hari Senin dengan relatif tenang di Jerez. Rider Ducati…

1 Mei 2024

Miguel Oliveira : Cara Menyalip Marc Marquez Membahayakan Rider Lain

RiderTua.com - Setelah Jorge Martin (Pramac Ducati) crash, Miguel Oliveira sempat berada di posisi ke-6 pada race hari Minggu di Jerez.…

1 Mei 2024

Wuling Membuka Pemesanan Cloud EV di Indonesia!

RiderTua.com - Wuling telah menampilkan mobil listrik ketiganya di Indonesia, yaitu Cloud EV. Hanya saja tidak seperti Air EV dan…

1 Mei 2024