Categories: MotoGP

Negosiasi Kontrak Pecco Bagnaia dengan Ducati Ternyata Sulit, Diluar Perkiraan!

RiderTua.com – Dalam kesepakatan baru dengan Juara Dunia MotoGP Francesco Pecco Bagnaia, terungkap bahwa Ducati menyerahkan tanggung jawab atas kontrak Pecco kepada direktur olahraga yang baru Mauro Grassilli yang sebelumnya belum pernah menegosiasikan kesepakatan pembalap.

Kontrak baru Pecco dengan Ducati muncul setelah negosiasi yang lebih sulit dari perkiraan para penggemar MotoGP. Dan perpanjangan kontrak setelah akhir tahun ini antara rider asal Turin Italia itu dengan pabrikan asal Borgo Panigale Italia itu tampak seperti formalitas. Akhirnya Pecco menandatangani komitmen multi-tahun senilai ‘minimal’ 6 juta euro (Rp 103 miliar) per musim, bahkan sebelumnya dikabarkan oleh beberapa media hingga 7 Juta Euro.

Negosiasi Kontrak Pecco Bagnaia dengan Ducati Ternyata Sulit, Diluar Perkiraan!

Paolo Ciabatti (Ducati Corse Sporting Director), Mauro Grassilli (Ducati Corse Marketing and Sponsorship Manager), Elaine Chen (GM Consumer Road Sector, Shell Global Marketing) and Tom Kassell (Head of Strategic Partnerships, Shell)

Namun ternyata masih ada kendala yang harus diatasi sebelum Ducati bisa mengikat Pecco Bagnaia. Karena Mauro Grassilli yang menggantikan Paolo Ciabatti sebagai direktur olahraga Ducati, bertanggung jawab atas negosiasi tersebut dan belum pernah menegosiasikan kontrak pembalap MotoGP sebelumnya.

Grassilli mengatakan, “Saya berkarir selama 20 tahun di bidang pemasaran, di mana peran saya adalah mengumpulkan sumber daya keuangan sebesar mungkin agar tim MotoGP dan WorldSBK dapat bekerja, melalui hubungan yang saya miliki dengan sponsor. Ini pertama kalinya saya menegosiasikan kontrak di mana (ibarat) sayalah yang punya dompet, uangnya”.

“(Awalnya)Menurutku itu mudah, namun kenyataannya jauh lebih sulit dari yang saya bayangkan. Namun berkat semua pihak kami berhasil mencapai kesepakatan. Semua orang menganggap remeh pembaruan kontrak Pecco Bagnaia, tapi itu tidak semudah yang dibayangkan orang,” imbuhnya.

Tekanan untuk mempertahankan Pecco Bagnaia bertambah karena bos balap Ducati Gigi Dall’Igna berharap agar kontraknya selesai sebelum musim dimulai. Akhirnya kesepakatan itu diamankan menjelang seri pembuka musim di GP Qatar yang kemudian dimenangi rider berusia 26 tahun itu.

Grassilli menjelaskan bahwa ada saat ketika dia ragu untuk bisa menyelesaikan kesepakatannya sebelum Qatar, karena mungkin dia kurang pengalaman memahami keseluruhan konteksnya. Perpanjangan kontrak pertamanya dengan pembalap penting, dan itu tidaklah mudah.

Grassilli menambahkan, “Targetnya adalah memperbarui kontrak Pecco sebelum balapan pertama, dan kami mencapainya. Dan bukan hanya karena hasilnya, tapi karena menggabungkan semua value brand kami dan dia sangat dicintai oleh seluruh fans Ducati.”

Persaingan untuk mendapatkan kursi pabrikan Ducati kedua pada tahun 2025 sedang berlangsung. Enea Bastianini menguasai bola tetapi Jorge Martin yang saat ini di tim Pramac mengancam akan keluar dari Ducati kecuali dia dipromosikan tahun depan. Namun Marc Marquez juga merupakan pilihan yang menarik.

“Sekarang kami memutuskan untuk memperlambat dan melihat bagaimana perkembangan di trek. Kami memiliki motor yang kompetitif, yang paling diinginkan dipabrikan resmi kedua. Pilihan itu penting, harus dipertimbangkan dan itu butuh waktu. Kami memiliki banyak pilihan yang dapat kami putuskan,” pungkas Grassilli.

Tags: Ducatimotogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Tidak Tepat di Tim Pabrikan Ducati, Ini Alasannya!

RiderTua.com - Mantan pembalap Neil Hodgson menegaskan, "Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati? Saya melihatnya tidak tepat. Tetapi kenapa mereka…

5 Mei 2024

Tak Seperti Biasanya KTM Tampil Mengecewakan di Jerez Musim Ini

RiderTua.com - Dalam upaya menjadi penantang utama Ducati, balapan akhir pekan KTM di Jerez berakhir mengecewakan. Brad Binder berhasil P6…

5 Mei 2024

Neta V-II Dijual Lebih Murah Dari Neta V Karena Ini

RiderTua.com - Neta sebelumnya merilis Neta V di Indonesia sejak tahun lalu, dan sukses terjual hingga ratusan unit. Kini mereka…

5 Mei 2024

Wuling Berbicara Soal MPV Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Wuling baru memiliki tiga mobil listrik yang dijualnya di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo EV, dan Cloud…

5 Mei 2024

Wuling Cloud EV Tanpa Sunroof Seperti Alvez

RiderTua.com - Wuling Cloud EV menjadi pelengkap mobil listriknya di Indonesia setelah merilis Air EV dan Binguo. Model ini memiliki…

5 Mei 2024

Seres E1 yang Terjual Ratusan Unit, Tapi Jarang Terlihat di Jalan

RiderTua.com - Seres E1 menjadi salah satu mobil listrik yang dijual di Indonesia ketika pasarnya pertama kali dimulai disini. Meski…

5 Mei 2024