Categories: MotoGP

Apa yang Masih Harus Dikerjakan KTM, Meski di Portimao Kuat?

RiderTua.com – Apa yang masih harus dikerjakan KTM meski timnya di Portimao mendapat hasil yang kuat?.. Tiga KTM RC16 di balapan Portugal berada di 5 besar, tapi itu juga ada hubungannya dengan keberuntungan (beberapa pembalap crash).. namun secara keseluruhan tidak mudah bagi Brad Binder dan Jack Miller

Untuk program KTM di kejuaraan dunia sepeda motor kelas premier, balapan Portugal di Portimao terbilang sukses, terutama dari segi hasil balapan di hari Minggu. Akhir pekan secara keseluruhan bukanlah akhir pekan yang mudah bagi program MotoGP KTM sendiri.

Dua pebalap pabrikan KTM Brad Binder dan Jack Miller finis keempat dan kelima di balapan utama pada hari Minggu. Dengan P4, Binder bukanlah pembalap dengan posisi terbaik di RC16. Karena itu adalah milik Pedro Acosta (Tech3-GasGas) yang berhasil berada di podium (P-3). Dalam perjalanan menuju podium pertama dalam karir MotoGP-nya, Acosta antara lain menyalip Miller dan Binder pada hari Minggu.

Apa yang Masih Harus Dikerjakan KTM, Meski di Portimao Kuat?

“Selamat kepada Pedro.. Ini adalah pertanda baik bahwa materialnya bekerja dengan baik dan bahwa kami memiliki motor yang bagus dan cocok untuk gaya balap yang berbeda. Sebagai pabrikan, kami bisa puas dengan pekerjaan kami sejauh ini,” kata manajer tim KTM Francesco Guidotti.. Ya, gap bisa lebih kecil dan pengalaman berkendara pembalap secara keseluruhan bisa lebih baik, tapi mereka mencetak poin penting, kata Guidotti setelah tiga KTM RC16 masuk 5 besar.

Bagaimana performa kedua pebalap pabrikan KTM di belakang Pedro Acosta? “Sejujurnya, ini adalah akhir pekan yang sangat sulit.. Setiap kali saya ingin memacu motor, saya mengalami masalah karena roda depan terancam tergelincir. Dan setiap kali saya membuka throttle, saya merasakan getaran sehingga mengalami kesulitan saat berakselerasi saat keluar dari tikungan,” kata Brad Binder.

Brad Binder – KTM

“Fakta bahwa saya berada di posisi keempat dalam perlombaan juga karena keberuntungan,” Binder mengakui secara terbuka. Pembalap asal Afrika Selatan itu mengacu pada fakta bahwa tanpa tabrakan antara pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan Marc Marquez dan tanpa kerusakan gearbox pada Aprilia milik Maverick Vinales, ia mungkin hanya akan finis di posisi ketujuh. Binder bahkan berbicara secara terbuka tentang akhir pekan buruk yang berakhir dengan cukup baik.

Sementara itu, Jack Miller, yang finis kelima pada hari Minggu, satu tempat di belakang Binder meskipun memulai lima tempat di depannya, mengatakan… “Tidak apa-apa. Saya mencoba untuk tetap bersama orang-orang di depan saya sebaik mungkin, tetapi saya tidak bisa. Kecepatannya persis sama seperti yang saya lakukan saat sprint. Saya mengalami masalah terutama di sektor terakhir pada hari Minggu dan kehilangan banyak waktu..” katanya..

Mirip dengan Binder, Miller menjelaskan masalah traksi yang kurang optimal saat keluar dari tikungan.. “Saat berakselerasi dari tikungan kedua dari belakang hingga memasuki tikungan terakhir, saya seharusnya menggunakan cengkeraman yang lebih baik. Kami harus memperbaikinya. Secara keseluruhan.. ini masih merupakan akhir pekan yang positif dimana kami mengalami peningkatan di segala bidang. Kami sekarang dapat mengembangkan hasil ini. Kami memiliki motor fantastis yang memiliki banyak potensi. Kami hanya harus berusaha untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal,” lanjut Miller..

Jack Miller 2024

Sebagus apapun hasil yang diperoleh KTM pada hari Minggu, keadaan menjadi buruk pada hari Sabtu, terutama bagi Brad Binder. Dalam sprint, ia terjatuh di tikungan 13 saat berada di posisi ketujuh dan harus mundur. Dia terjatuh di tikungan yang persis sama di kualifikasi beberapa jam sebelumnya.

Konsekuensinya, Binder harus menghabiskan waktu Q2-nya dengan mengendarai sepeda motor cadangan. Dalam hal ini masalahnya adalah: ban tidak memiliki performa sama sekali sehingga tidak ada daya cengkeramnya, katanya. Oleh karena itu, Binder hanya berada di urutan kesepuluh di grid start untuk kedua balapan (Sprint dan balapan utama Minggu), sedangkan Miller memulai balapan di posisi kelima dan Acosta di posisi ketujuh.

Pada klasemen keseluruhan MotoGP 2024 saat ini, Brad Binder masih berada di urutan kedua Kejuaraan Dunia meski mendapat angka nol pada hari Sabtu, namun kini tertinggal dari Jorge Martin yang menggantikan Francesco Bagnaia di puncak klasemen. Jack Miller berada di posisi kesembilan dalam klasemen, sementara Pedro Acosta sudah berada di urutan kelima Kejuaraan Dunia setelah naik podium pertamanya.

Rekan setim Acosta di Tech3 Augusto Fernandez mencetak poin pertamanya musim ini di Portimao pada balapan Minggu. Namun, ia saat ini masih berada di luar 15 besar klasemen pembalap.

Tags: KTMmotogp
ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Kelemahan Motor RS-GP24? Ini Kata Direktur Teknik Aprilia

RiderTua.com - Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, menjelaskan apa yang kurang dari RS-GP dan anak buahnya untuk membidik gelar juara…

3 Mei 2024

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com - Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan.…

3 Mei 2024

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024