Categories: MotoGP

Yamaha Menyiapkan Dana untuk Menggaet Jorge Martin

RiderTua.com – Apakah Yamaha punya peluang mendapatkan Jorge Martin tahun depan? Kabarnya dia akan memiliki opsi untuk pindah ke Yamaha tahun depan. Saat ini pindah dari Pramac Ducati ke merek Jepang yang sedang kesulitan sangatlah tidak masuk akal, karena ini artinya menukar motor terbaik di lintasan MotoGP dengan motor terburuk. Namun banyak hal bisa berubah dalam 1 tahun dan Yamaha terus mencermati situasi Martin.

Martin dua kali gagal promosi ke tim pabrikan Ducati dan telah menegaskan bahwa jika tidak mengenakan baju balap merah pada 2025, dia mengancam akan keluar dari pabrikan yang mendominasi MotoGP itu.

Yamaha Menyiapkan Dana untuk Menggaet Jorge Martin

Fermin Aldeguer – Jorge Martin

Media Motosprint melaporkan bahwa petinggi Yamaha di Iwata sedang menyiapkan anggaran untuk menggoda Jorge Martin agar pindah ke Yamaha. Tapi Martin hanya tertarik pada motor yang kompetitif sehingga Yamaha menghadapi tekanan ekstra untuk meningkatkan M1.

Pindah dari tim satelit Ducati ke tim pabrikan akan mengakibatkan kenaikan gaji, seperti yang dinikmati Luca Marini sejak menukar GP23 dengan Honda RC213V. Di sisi lain kemungkinan besar Martin akan menggunakan motor yang kurang kompetitif musim depan (Yamaha).

Namun jika dia berniat meninggalkan Ducati untuk mengejar posisi di pabrikan, apa lagi yang masuk akal? Bahkan KTM dan Aprilia, meski mengungguli Yamaha dan Honda, tertinggal dari motor Ducati bekas (yang berusia 1 tahun) kecuali dalam kasus Brad Binder di Qatar.

Ducati juga telah resmi mengonfirmasi kontrak Fermin Aldeguer untuk MotoGP 2025. Meski belum memastikan di tim mana dia akan ditempatkan, kemungkinan tempat pendaratannya adalah Pramac. Itu berarti Martin atau rekan setimnya Franco Morbidelli akan kehilangan kursinya tahun depan.

Kedatangan Aldeguer ke dalam tim Ducati jelas meningkatkan pertaruhan dan mungkin memberikan dorongan kepada pabrikan lain untuk menggoda pembalap yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan Desmosedici.

Yamaha tahu bahwa mereka harus berjuang untuk mempertahankan pembalap bintangnya sendiri, Fabio Quartararo. Dan Aprilia diyakini menaruh minat padanya. Jika mereka kehilangan Quartararo, anggaran mereka akan terkuras untuk mendapatkan nama besar lain seperti Martin.

Yamaha bisa mendapatkan dua tempat tambahan pada 2025 jika mereka menyetujui persyaratan untuk mengambil alih tim satelit VR46. Tim VR46 (yang saat ini diperkuat Marco Bezzecchi dan Fabio di Giannantonio sebagai pembalapnya) sedang dalam pembicaraan untuk tetap di Ducati tetapi masih belum menandatangani kontrak. Dan Valentino Rossi ingin mempertahankan hubungan baik dengan Yamaha.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024