Categories: MotoGP

Pol Espargaro Beli KTM X-Bow GT-XR Tapi Tidak Cocok Dipakai di Andorra

RiderTua.com – Pierer Mobility AG memberi pemimpin tim Red Bull KTM MotoGP saat itu, Pol Espargaro hadiah berupa mobil sport KTM X-Bow untuk pernikahannya dengan Carlota Bertran Crous pada 25 Juli 2018 silam. Namun juara dunia Moto2 2013 itu mengalami kesulitan dalam mengangkut mobil keren ini di rumahnya di Andorra (bukan negara anggota UE) dan melewati TUV. Dan di musim dingin, pada ketinggian 1.023 meter di atas permukaan laut, X-Bow bukanlah alat transportasi yang ideal di Andorra.

Pada tahun 2020, Pol Espargaro terkesan dengan foto pertama KTM X-Bow GT-XR terbaru yang versi produksinya dibekali mesin 2.5 liter 5-silinder buatan Audi yang menghasilkan tenaga 530 hp. Berat kendaraan sekitar 1.048 kg. X-Bow berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dengan top speed mencapai 280 km/jam.

Pol Espargaro Beli KTM X-Bow GT-XR Tapi Tidak Cocok Dipakai di Andorra

Pol Espargaro

Versi balap dari mobil sport KTM ini menakjubkan ini memiliki tenaga sekitar 600 hp dan rasio power-to-weight di bawah 2,0 kg per hp. Secara visual saja, mobil ini benar-benar guanteng maksimal.

Jadi Pol Espargaro mengumpulkan uang dan menabung lalu memesan KTM X-Bow GT-XR. Banderolnya sangat fantastis yakni mencapai 339.000 euro atau Rp 5,7 miliar.

Pembalap yang tahun depan berperan sebagai tes rider KTM itu menerima waktu pengiriman yang lebih lama karena dia sangat ingin memiliki kendaraan dengan nomor produksi 44, yang baru akan diproduksi seri pada tahun 2023 di garasinya. Secara kebetulan, tanggal pengiriman jatuh pada saat Natal. Sebagai seorang penggila mobil, Pol memberikan hadiah Natal terbaik untuk dirinya sendiri.

Salah satu dewan KTM Hubert Trunkenpolz menjelaskan, “Sejak awal, kami ingin menghadirkan mobil ke jalan yang mencerminkan nilai-nilai KTM seperti konstruksi ringan tanpa kompromi, performa murni, dan desain luar biasa. Solusi teknis khusus harus ditemukan untuk hal ini, seperti karbon monocoque yang luar biasa. Kami juga harus menyiapkan fasilitas produksi yang benar-benar baru untuk ini. Itu adalah rintangan yang berat, namun kami mengatasinya dengan baik. Hasilnya adalah pabrik KTM sendiri di Graz, dengan produksi seri kecil paling modern di Eropa.”

Pol Espargaro yang absen selama 4,5 bulan setelah crash horor di awal musim di Portugal, harus merelakan tempatnya di tim GASGAS Tech3 demi Augusto Fernandez meski kontraknya masih berlaku hingga akhir tahun 2024. Sejak April 2023, pembalap kedua diperuntukkan bagi juara dunia Moto2 Pedro Acosta.

Espargaró akan bertindak sebagai tes rider dan pembalap cadangan untuk kedua tim Pierer Mobility AG MotoGP (Red Bull KTM dan GasGas Tech3) dan diharapkan menyelesaikan setidaknya 4 penampilan wildcard.

BTW, berbeda dengan rekan test rider Dani Pedrosa, Pol Espargaro belum pernah berkompetisi dalam balapan mobil sport dengan KTM X-Bow.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jorge Lorenzo : Valentino Rossi Meninggalkan Yamaha Karena Cemburu

RiderTua.com - Jorge Lorenzo mengingat kembali hubungannya dengan Valentino Rossi pada saat masih bersama di Yamaha, dimana ada persaingan di…

8 Mei 2024

Honda Pop 110i ES : Motor Bebek Unik yang Harganya Rp 30 Jutaan

RiderTua.com - Motor bebek yang punya desain khas retro klasik, baru saja kembali menghadirkan Honda Pop 110i ES dengan teknologi…

8 Mei 2024

Jorge Martin : Pindah ke Honda? Semuanya Berisiko Tapi Quartararo Memperbarui Kontraknya dengan Yamaha

RiderTua.com - Jorge Martin selalu menegaskan bahwa dirinya pasti akan meninggalkan tim Pramac pada akhir 2024 baik untuk pindah ke…

8 Mei 2024

Jorge Lorenzo : Pecco Bisa Mengalahkan Kecepatan Marquez Tapi Tidak dalam Hal Keberanian

RiderTua.com - Setelah pensiun dari MotoGP, Jorge Lorenzo selalu mengamati dan menganalisa peristiwa di Kejuaraan Dunia MotoGP. Mantan rider asal…

8 Mei 2024

Pedro Acosta : Gas Pol di Kualifikasi

RiderTua.com - Rookie Pedro Acosta bersiap melakoni balapan GP Prancis di Le Mans sebagai peringkat 4 di klasemen MotoGP. "Kami…

8 Mei 2024

Pecco Bagnaia : Keluhan Banyaknya Tombol Datang dari Rider yang Motornya Tidak Selevel Ducati

RiderTua.com - Setelah memenangkan gelar dunia Moto2, Pecco Bagnaia naik ke MotoGP pada 2019 saat berusia 22 tahun. Rider Italia itu…

8 Mei 2024