Categories: MotoGP

Davide Brivio: Gantikan Puig? Saya Merasa Nyaman di Alpine

RiderTua.com – Paddock MotoGP dihebohkan dengan rumor bahwa Davide Brivio akan berada di pit Repsol Honda sebagai manajer tim yang baru bersama Joan Mir dan Luca Marini pada tes pramusim pertama MotoGP di Valencia pada hari Selasa (28/11/23). Seperti diketahui, Brivio lama bekerja sama dengan pabrikan Jepang di Yamaha dan Suzuki. Oleh karena itu, dia berhati-hati untuk tidak mengonfirmasi apapun tentang harapan dia kembali ke MotoGP.  Setalah kejutan Marc dan marini, apakah akan menunggu membuat kejutan juga di tingkat manajer tim?

Namun di MotoGP, setiap manajer tim tahu bahwa pria berusia 59 tahun itu berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan kembali posisi kuat di ajang balap roda dua setelah kegagalannya di Formula 1.

Davide Brivio: Gantikan Puig? Saya Merasa Nyaman di Alpine

Sebagai manajer tim Suzuki-Ecstar, Davide Brivio secara mengejutkan berhasil menjuarai Kejuaraan Dunia MotoGP bersama Joan Mir di musim 2020 yang hanya menggelar 14 balapan. Dan rekan setimnya Alex Rins berakhir di peringkat 3 dalam klasemen Kejuaraan Dunia.

Setelah itu Suzuki ‘lupa’ akan perpanjangan kontraknya, sehingga Brivio meninggalkan mereka dan bergabung di Formula 1 di bulan Januari dan kemudian dia bergabung ke Alpine (tim penerus Renault). Namun dia tidak dipekerjakan di sana dan diberi pekerjaan di program pembalap muda. Namun sebagai Direktur Proyek Ekspansi Balapan, Brivio sebagai orang Italia, hampir tidak mampu mencapai hasil apa pun di tim F1 Alpine asal Prancis bersama dua pembalap Prancis Pierre Gasly dan Esteban Ocon.

Dan sejak Suzuki mundur dari Kejuaraan Dunia MotoGP pada akhir tahun 2022, baru-baru ini dirumorkan bahwa Brivio melirik pabrikan lain, bahkan juga Ducati.

“Saya akan tetap bersama Alpine. Tidak benar perjanjian kontrakku habis di akhir tahun 2023. Saya belum bisa bicara pasti durasi kontraknya, tapi kontraknya diperpanjang hingga 1 tahun mendatang,” tegas Brivio dalam sebuah wawancara.

Dia melanjutkan, “Saat ini saya tidak punya rencana untuk mengambil jabatan lain dan saya merasa nyaman di Alpine. Selain itu, tidak ada pekerjaan untukkua di tempat lain, tidak ada yang menawari saya apa pun. Jadi saya akan terus melakukan apa yang saya lakukan saat ini.”

Tapi Brivio mungkin punya pekerjaan menarik yang menunggunya di Repsol-Honda. Selain itu dia sudah mengenal baik Joan Mir dan Luca Marini yang notabene adalah adik Valentino Rossi yang pernah dia manajeri dengan sangat baik.

Brivio menegaskan, “Apakah saya akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan? Sulit untuk menjawabnya karena saya harus tahu siapa yang bertanya dan apa kemungkinan tawarannya. Saya tahu ada spekulasi saat ini, tapi saya punya pekerjaan di Alpine untuk tahun depan. Saya senang di sini dan saya tidak memikirkan pekerjaan lain.”

Dan kita tahu apa yang terjadi di bidang motorsport. Di MotoGP, pembalap seperti Johann Zarco, Maverick Vinales, Marc Marquez, Alex Rins, Andrea Dovizioso, Luca Marini dan lainnya mengakhiri kontraknya lebih awal dalam 4 tahun terakhir. Dan Suzuki memutus kontrak berdurasi 5 tahun dengan Dorna pada April 2022, meski baru diperpanjang hingga akhir 2026 pada November 2021.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pecco Bagnaia : Di Jerez Masalah Getaran Hilang Tapi akan Dicoba di Barcelona yang Gripnya Kurang

RiderTua.com - Setelah kemenangan sensasionalnya di GP Spanyol, Pecco Bagnaia menjalani tes hari Senin dengan relatif tenang di Jerez. Rider Ducati…

1 Mei 2024

Miguel Oliveira : Cara Menyalip Marc Marquez Membahayakan Rider Lain

RiderTua.com - Setelah Jorge Martin (Pramac Ducati) crash, Miguel Oliveira sempat berada di posisi ke-6 pada race hari Minggu di Jerez.…

1 Mei 2024

Wuling Membuka Pemesanan Cloud EV di Indonesia!

RiderTua.com - Wuling telah menampilkan mobil listrik ketiganya di Indonesia, yaitu Cloud EV. Hanya saja tidak seperti Air EV dan…

1 Mei 2024

Chery Umumkan Recall Omoda E5… di Malaysia

RiderTua.com - Chery Omoda E5 (atau hanya dikenal sebagai Omoda E5) kini dijual di sejumlah negara di seluruh dunia, tak…

1 Mei 2024

Mitsubishi Mulai Daftarkan Xpander HEV di Indonesia?

RiderTua.com - Mitsubishi telah meluncurkan varian ramah lingkungan dari Xpander, baik model low MPV maupun low SUV di Thailand beberapa…

1 Mei 2024

Aleix Espargaro : Bereksperimen Menyesuaikan Posisi Tubuh di Atas Motor

RiderTua.com - Aleix Espargaro menjalani balapan yang mengecewakan di Jerez. Usai tes resmi hari Senin, rider Aprilia itu bercerita mengenai detail…

1 Mei 2024