Categories: MotoGP

Miguel Oliveira : Sulit Bagi Pembalap Aprilia Bisa Konsisten Kompetitif di Semua Trek

RiderTua.com – Tahun 2022 lalu Miguel Oliveira meninggalkan GP Buriram sebagai pahlawan setelah meraih kemenangan yang mengesankan dan membalap tanpa cela di tengah hujan (menang dengan selisih 0,730 detik dari pemenang yang dijuluki ‘spesialis hujan’ Jack Miller). Itu adalah kemenangan kelima sekaligus terakhirnya dengan KTM RC16.

Tahun ini, pembalap berusia 28 tahun itu kembali ke Sirkuit Chang dengan Aprilia RS-GP22 dan hanya menempati posisi ke-21 atau terakhir pada sesi FP1 kalah 1,601 detik dari waktu terbaik yang dibukukan Jorge Martin. Dua rekannya di tim pabrikan Aprilia, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro tampil mengesankan dengan menempati posisi 2 dan 4. Sedangkan rekan setimnya di CryptoDATA-RNF, Raul Fernandez juga bertahan dengan baik di posisi ke-8.

Miguel Oliveira : Sulit Bagi Pembalap Aprilia Bisa Konsisten Kompetitif di Semua Trek

BTW, crash yang dialami pemenang 17 kali (6 kali di Moto3, 6 kali di Moto2 dan 5 kali di MotoGP semua dengan KTM) tersebut tidak bisa dijelaskan oleh tim dan para insinyur di Aprilia Racing. Miguel Oliveira tampil mengesankan selama tes pramusim, dia mengalahkan beberapa pembalap pabrikan dan bertarung untuk mendapatkan podium pada balapan awal musim di Portimao sebelum Marc Marquez menabraknya.

Aleix Espargaro – Maverick Vinales – Raul Fernandez – Miguel Oliveira – Aprilia

Setelah istirahat karena cedera, Oliveira tampil kuat dengan finis di posisi ke-5 di GP Texas. Dia kemudian bersinar di Silverstone dengan posisi ke-4, di Barcelona dengan posisi ke-5 dan di Misano dengan posisi ke-6 sebelum performanya menurun dengan cepat. Oliveira hanya mencetak 11 poin dari 4 Grand Prix terakhir setelah dua kali finis ke-12 dan satu kali finis ke-13 pada balapan jarak penuh di India, Indonesia, dan Australia.

Di GP Jepang, Oliveira didekati Repsol-Honda untuk menggantikan Marc Marquez. Kemudian beberapa kali pembalap asal Portugal itu menyatakan bahwa kontrak Aprilia-nya memungkinkan dia untuk pergi sebelum kontraknya berakhir pada tahun 2024. Namun bos balap Aprilia Massimo Rivola dan kepala tim RNF Razlan Razali jelas membantahnya ketika ditanya oleh wartawan.

Hanya Miguel Oliveira sendiri yang bisa menilai, apakah hasil buruk tersebut setidaknya sebagian disebabkan oleh gangguan dan negosiasi dengan Honda?

Faktanya adalah, Miguel tergelincir ke posisi terendah yang tidak dapat dijelaskan setelah cedera tangannya di Spielberg pada tahun 2021. Dia tidak pernah masuk 10 besar dalam kondisi trek kering selama 10 Grand Prix. Itu sebabnya manajer Pierer Mobility ingin memindahkannya ke tim Tech3 untuk tahun 2023, di mana dia berhasil meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Spielberg dan Portimao pada tahun 2022.

Oliveira tidak membiarkan dirinya ‘dipermalukan’, kemudian dia memutuskan untuk merapat ke tim satelit Aprilia namun selama 2 tahun dia hanya menerima motor bekas dan tidak ada pembaruan teknologi.

BTW, dua pembalap GASGAS Tech3 Pol Espargaro dan rookie Augusto Fernandez mendarat di posisi ke-3 dan ke-6 di FP1 di Buriram pada hari Jumat dengan rangka baja tubular yang telah terbukti.

Oliveira mengatakan, “Saya punya kenangan indah di GP Thailand 2022. Tetapi trek tersebut tidak relevan dengan kemenangan saya saat itu. Aprilia mengalami kesulitan di sini tahun lalu. Diperkirakan akan turun hujan selama 2 hari ke depan. Tapi saya merasa tidak nyaman mengendarai motor saat pemanasan dalam trek basah di Australia. Saya tidak tahu, apa yang akan terjadi di sini jika basah.”

“Sulit bagi pembalap Aprilia untuk konsisten kompetitif di semua trek. Sebab setiap lintasan menghadirkan tantangan yang berbeda-beda. Kami membutuhkan kemajuan dalam performa. Kami perlu meningkatkan perilaku pengereman motor dan memastikan kami meningkatkan akselerasi saat melewati tikungan lambat. Setidaknya kami memiliki senam yang sangat bagus,” pungkas Oliveira.

Kini Miguel Oliveira menyadari bahwa dia harus tetap membalap untuk tim RNF-Aprilia pada tahun 2024. Kemarin di Buriram dia mengumumkan bahwa telah mengakhiri pembicaraan dengan HRC. Pasalnya, Fabio Di Giannantonio kini menjadi nomor 1 dalam daftar incaran Repsol-Honda.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Antrian Pesanan Toyota Vellfire Kini Mencapai Enam Bulan!

RiderTua.com - Toyota Alphard dan Vellfire di Indonesia kini mendapatkan model generasi terbarunya setelah sekian lama. Kedua mobil MPV mewah…

5 Mei 2024

Status Quo Kontrak Pembalap MotoGP : Ducati Panas..!

RiderTua.com - Sudah ada beberapa perubahan di bursa transfer fase awal MotoGP musim 2024. Saat ini 16 dari 22 pembalap…

5 Mei 2024

Skutik Italia yang Klasik, Lambretta Resmi Rilis G350 Series II

RiderTua.com - Lambretta, merupakan pabrikan motor asal Italia yang punya desain skutik klasik legendaris. Baru-baru ini mereka telah meluncurkan skutik…

5 Mei 2024

Davide Brivio Ingin Membawa Trackhouse Aprilia Seperti Suzuki

RiderTua.com - Davide Brivio, Manajer tim Trackhouse itu bertujuan untuk mempertemukan mantan pembalap Suzuki Joan Mir dan Alex Rins dalam…

5 Mei 2024

Gresini Mengalami Momen Emas Sejak Marquez Tiba

RiderTua.com - Carlo Merlini, manajer tim Gresini, antusias usai podium diraih Marc Marquez di Jerez. Kemenangan keenam tim satelit di…

5 Mei 2024

KTM Menemukan Sesuatu yang Menarik di Tes Jerez

RiderTua.com - Francesco Guidotti, manajer tim KTM, menyampaikan pendapatnaya setelah tes terakhir, apakah kita akan melihat motor KTM RC16 yang…

5 Mei 2024