Categories: MotoGP

Marc Marquez : Tim yang Sabar Menungguku Adalah Gresini Racing

RiderTua.com – Saat ini Marc Marquez menjadi sorotan di Indonesia. Moment yang sangat langka ketika juara dunia MotoGP 6 kali itu mengumumkan pergantian merek setelah 11 tahun bersama Honda. Dan jarang terjadi, pembalap pabrikan top bergaji sangat tinggi pindah ke tim satelit.

Marc Marquez meraih pole position di Portimao pada pembuka musim 2023 dan juga finis di posisi ke-3 dalam sprint. Namun keesokan harinya, cobaan berat yang dialami Marc Marquez terus berlanjut. Karena performa tersebut hanya bisa didapat dengan risiko yang sangat besar dan terutama dengan manuver pengereman yang sangat berani di penghujung hari. Karena itulah dia berhasil menyalip Miguel Oliveira di lap awal pada race hari Minggu, Jorge Martin harus melebar dan tertinggal sebagai akibatnya.

Meski demikian, pada saat itu tidak ada tanda-tanda Marc Marquez bakalan berganti merek terutama dengan tim satelit Gresini. Namun setelah lima kali crash dalam 40 jam di Sachsenring dan kembali crash di Assen (tidak ambil bagian dalam balapan utama pada hari Minggu), selama liburan musim panas ujung tombak Honda itu berencana untuk mengakhiri kontrak Honda yang berlaku hingga tahun 2024.

Marc Marquez : Tim yang Sabar Menungguku Adalah Gresini Racing

Marc Marquez menjelaskan, “Memang benar, saya tampil kompetitif di paruh pertama musim ini. Tapi itu melibatkan banyak risiko. Itu sebabnya saya memulai paruh kedua musim dengan sikap berbeda. Saya sudah mengambil risiko sejak Silverstone pada awal Agustus, tapi tidak sebanyak di awal musim. Saya cedera sebelum liburan musim panas, saya banyak melukai diri sendiri. Ketika kita mengalami begitu banyak cedera, kita tidak bisa berpikir jernih. Dalam situasi sulit seperti ini kita tidak dapat membuat keputusan penting. Dalam fase seperti itu kita harus bersabar. Saya telah mempelajarinya di masa lalu.”

Marc Marquez – Alex Marquez – Gresini

Pembalap berusia 30 tahun itu melanjutkan, “Setelah liburan musim panas, saya ngobrol santai dengan Honda. Tapi setiap balapan sangatlah sulit karena mentalitas saya berubah setiap balapan akhir pekan. Banyak muncul keraguan. Pada saat yang sama, saat itu saya juga berhubungan dengan Gresini. Namun saya mengatakan kepada mereka, ‘Saya tidak akan menandatangani kontrak pada saat ini. Tetapi jika Anda ingin menunggu keputusan saya, tunggulah saya’. Tapi aku tidak menjanjikan apa pun pada mereka.”

“Saya baru membuat keputusan akhir pada Selasa lalu, dua hari usai GP Jepang. Ya, seperti yang saya katakan, saya harus meninggalkan zona nyamanku. Cara termudah adalah tetap bersama Honda. Tim saya ada di sana, saya punya motor dan situasi di sana terkendali. Saya juga mendapat gaji besar. Itu akan menjadi solusi yang mudah. Namun saya tahu bahwa jika saya harus menjaga kesejahteraan dan karierku, saya harus mencari tantangan baru. Saya rasa tempat terbaik untuk masa depanku adalah tim Gresini. Itu sebabnya saya membuat pilihan ini.”

“Di tim ini, suasana kekeluargaan terasa sekali, mereka punya motor terbaik di lintasan dan adikku  juga ada di sana. Ini akan menjadi tantangan besar bagiku dan tim Gresini. Tapi mereka telah mencapai kesuksesan besar di masa lalu bersama Enea Bastianini, dan juga melakukannya dengan baik tahun ini bersama adikku Alex. Itu sebabnya saya membuat keputusan ini. Penting bagi saya untuk menemukan kegembiraan dalam balapan lagi.”

Marc Marquez tidak memungkiri bahwa dia juga sempat berpikir untuk cuti panjang yaitu mengambil cuti 1 tahun dari balapan. Karena dia selalu membicarakan plan A, B, dan C. “Ya, mengambil cuti 1 tahun adalah salah satu pilihannya. Jelas bagiku, balapan tanpa kegembiraan bukan lagi pilihanku. Ini tidak ada gunanya. Saya sudah cukup sering melakukannya selama 4 tahun terakhir. Saat ini saya ingin bertarung dan menjadi kompetitif. Tidak masalah jika kita memiliki 1 atau 8 gelar juara dunia,” ungkap Baby Alien.

“Kita harus cepat di masa sekarang, bukan di masa lalu. Dan itulah targetku. Ada opsi yang berbeda untuk tahun 2024. Saya tidak mau dan tidak akan mengatakan apa-apa lagi tentang itu, untuk menghormati semua tim ini. Tim yang sabar menungguku adalah Gresini Racing. Mereka menerima gambling ini meskipun saya tidak menjanjikan apa pun kepada mereka,” pungkas Marc Marquez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pecco Bagnaia : Di Jerez Masalah Getaran Hilang Tapi akan Dicoba di Barcelona yang Gripnya Kurang

RiderTua.com - Setelah kemenangan sensasionalnya di GP Spanyol, Pecco Bagnaia menjalani tes hari Senin dengan relatif tenang di Jerez. Rider Ducati…

1 Mei 2024

Miguel Oliveira : Cara Menyalip Marc Marquez Membahayakan Rider Lain

RiderTua.com - Setelah Jorge Martin (Pramac Ducati) crash, Miguel Oliveira sempat berada di posisi ke-6 pada race hari Minggu di Jerez.…

1 Mei 2024

Wuling Membuka Pemesanan Cloud EV di Indonesia!

RiderTua.com - Wuling telah menampilkan mobil listrik ketiganya di Indonesia, yaitu Cloud EV. Hanya saja tidak seperti Air EV dan…

1 Mei 2024

Chery Umumkan Recall Omoda E5… di Malaysia

RiderTua.com - Chery Omoda E5 (atau hanya dikenal sebagai Omoda E5) kini dijual di sejumlah negara di seluruh dunia, tak…

1 Mei 2024

Mitsubishi Mulai Daftarkan Xpander HEV di Indonesia?

RiderTua.com - Mitsubishi telah meluncurkan varian ramah lingkungan dari Xpander, baik model low MPV maupun low SUV di Thailand beberapa…

1 Mei 2024

Aleix Espargaro : Bereksperimen Menyesuaikan Posisi Tubuh di Atas Motor

RiderTua.com - Aleix Espargaro menjalani balapan yang mengecewakan di Jerez. Usai tes resmi hari Senin, rider Aprilia itu bercerita mengenai detail…

1 Mei 2024