Categories: Superbike

Regulasi Baru WorldSBK 2024 : Kombinasi Bobot Minimal yang ‘ANTI Bautista’

RiderTua.com – WorldSBK mengumumkan bahwa akan ada aturan gabungan bobot minimum pembalap dan motor mulai musim 2024.. Sayangnya, hal ini akan dikenal sebagai ‘anti Bautista’ dari FIM.. Bobot gabungan, perubahan intervensi RPM (putaran mesin), tangki bahan bakar, dan perubahan teknis lainnya diumumkan untuk tahun 2024 dan seterusnya.. Komisi Superbike bertemu beberapa kali untuk menyepakati beberapa perubahan teknis pada WorldSBK yang berfokus untuk jangka panjang.

Regulasi Baru WorldSBK 2024 : Kombinasi Bobot Minimal yang ‘ANTI Bautista’

Komisi Superbike, terdiri dari MM. Gregorio Lavilla (Dorna, Direktur Eksekutif WorldSBK), Paul King (Direktur FIM Circuit Racing Commission), Biense Bierma (Sekretaris Jenderal MSMA), dikoordinasikan oleh Paul Duparc (Manajer FIM Circuit Racing Commission – Sekretaris Komisi SBK ), di hadapan Ludovic Reignier (Direktur Teknis FIM WorldSBK), Dominique Habrard (Manajer Teknis FIM CTI) dan Roland Berger (Direktur FIM CTI) bertemu dalam berbagai kesempatan dalam beberapa pekan terakhir.

Dengan semakin matangnya Kejuaraan Dunia Superbike, FIM, Dorna, dan MSMA telah memutuskan untuk bekerja dalam jangka panjang dan telah menetapkan beberapa konsep yang harus dikembangkan di WSBK. Para pemangku kepentingan sangat ingin memasukkan mereka ke dalam kebijakan yang lebih baik terkait lingkungan dan terus menyeimbangkan kinerja mesin sambil membatasi kinerjanya demi keselamatan.

Alvaro Bautista – Toprak Razgatlioglu

Untuk kelas WorldSBK telah diputuskan konsep-konsep baru dan akan disusun secara tepat dalam Peraturan Teknis yang akan digunakan untuk musim 2024:

Pengendalian Aliran Bahan Bakar

Data akan dikumpulkan hingga tahun 2024 untuk diterapkan pada tahun 2025. Untuk mendorong pedoman lingkungan hidup dan memberikan platform bagi produsen untuk meningkatkan pengembangan mesin mereka di bidang ini di masa depan, telah diputuskan bahwa, mulai tahun 2025, sistem kontrol aliran bahan bakar akan wajib digunakan. Oleh karena itu, pada tahun 2024, dua motor dari masing-masing pabrikan akan diminta untuk memasang pengukur aliran bahan bakar dan mencatat data selama latihan dan balapan untuk memvalidasi konsep dan menentukan nilai untuk tahun 2025.

Pengurangan Dan Peraturan Tangki Bahan Bakar

Kedepan ukuran tangki motor akan lebih kecil.. Pada tahun 2024, kapasitas maksimum tangki bahan bakar baru akan ditetapkan sebesar 21,0 liter.

Berat Gabungan

Aturan baru ini akan berlaku untuk tahun 2024. Pada tahun 2024, bobot gabungan untuk pembalap dan motor telah ditentukan berdasarkan perjanjian FIM-DWO-MSMA.

Batas RPM

Perubahan kapan batas ditetapkan, aturan intervensi akan diubah. Poin ini dibahas dalam kombinasi dengan bobot gabungan. Pada tahun 2024, batas RPM akan ditetapkan sebelum awal musim 2024 berdasarkan perjanjian FIM-DWO-MSMA dan tidak akan dikurangi selama musim tersebut (dengan pengecualian intervensi pengurangan RPM FIM-DWO jika terjadi superkonsesi melampaui batas). Pasal 2.4.2.2 (perhitungan penyeimbangan) terkait penurunan RPM akan dibatalkan.

Crankshaft Dan Balance Shaft

Modifikasi bobot bagian ini diperbolehkan.. Bobot poros engkol dan poros penyeimbang (Balance Shaft) dapat dimodifikasi sebesar +/- 20% dari bobot homologasi yang diukur selama inspeksi homologasi FIM dan ‘kit’ suku cadang terkait harus merupakan suku cadang yang tercantum dalam daftar suku cadang yang memenuhi syarat FIM.

Perhitungan Token Checkpoint Dan Konsesi

Untuk hal ini akan diukur setiap dua peristiwa mulai tahun 2024. Mulai tahun 2024, ini akan ditinjau setiap dua peristiwa, bukan tiga peristiwa seperti saat ini.

Bagian Superkonsesi Dan Konsesi

Bertujuan untuk menguraikan perubahan dalam hal persetujuan.. Persetujuan garis besar akan dilakukan satu bulan sebelum acara dan persetujuan rinci akhir 14 hari sebelum hari kendali teknis acara menghilangkan keharusan untuk menjelaskan bagian konsesi super dalam peraturan FIM SBK. Sebagai gantinya, komunikasi khusus akan dilakukan.

Pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober akan diadakan rapat resmi Komisi SBK pada babak final Kejuaraan. Dalam pertemuan ini, berbagai poin olahraga dan disiplin akan diangkat dan kemungkinan poin teknis tambahan juga dapat dibahas.

Keputusan Komisi Superbike ini telah disetujui oleh Biro Permanen. Versi Peraturan SBK FIM yang diperbarui secara berkala yang berisi teks detail perubahan peraturan dapat segera dilihat di situs web FIM.

Tujuan aturan ini sepertinya ingin membuat kompetisi yang seimbang dan tontonan menarik. Namun apakah ini juga langkah-langkah yang membatasi Ducati? seperti melihat ukuran tubuh dan berat Alvaro Bautista yang jadi bahan protes beberapa pembalap..

Tags: WorldSBK
ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024

Valentino Rossi : Jika Terlihat Lemah di Depan Marc Marquez, Dia Cenderung ‘Melahap’ Kita!

RiderTua.com - Valentino Rossi yang hadir di paddock melihat dengan mata kepala sendiri ketika Marc Marquez vs Pecco Bagnaia duel…

3 Mei 2024

Skutik Baru Yamaha Fluo 125 Buatan Indonesia ini Harganya Bikin Kaget

RiderTua.com - Memang ini merupakan Yamaha FreeGo yang lama, tapi skutik buatan Indonesia ini diekspor ke Brasil dengan nama Yamaha…

3 Mei 2024

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024