Ducati Menolak, Tapi Gigi Dall’Igna Mendukung Andrea Iannone

Gigi Dall'Igna - Andrea Iannone

RiderTua.com – Karier Andrea Iannone di MotoGP tiba-tiba berakhir karena dilarang membalap selama 4 tahun akibat doping. Bos balap Ducati, Gigi Dall’Igna ingin memberikan kesempatan baru kepada pembalap berusia 34 tahun itu di Kejuaraan Dunia Superbike pada 2024. Dia bisa membalap untuk Tim Go Eleven.

Namun Gigi Dall’Igna tidak ingin terburu-buru mengembalikan Ianone ke lintasan balap. Yang dulu bermasalah dengan dugaan mengonsumsi drostanolone, steroid anabolik, selama berada di MotoGP (Aprilia), yang pertama untuk 1 tahun, lalu 6 bulan dan kemudian bahkan dilarang membalap selama 4 tahun setelah pengajuan bandingnya gagal total.

Alasan Gigi Dall’Igna Mendukung Andrea Iannone

“Untuk saat ini, saya belum bisa mengatakan kapan Iannone bisa menguji superbike untuk pertama kalinya. Karena saya belum membaca putusan WADA. Jadi saya belum tahu kapan dia diperbolehkan membalap lagi. Saya lebih memilih Andrea Iannone yang memutuskan, kapan dia bisa tes lagi. Saya mengatakan kepadanya bahwa kita harus berhati-hati dan menghormati peraturan,” tegas Gigi Dall’Igna.

Sejauh ini Ducati dan Gigi Dall’Igna juga tidak berniat bertanya sendiri kepada badan anti-doping WADA.

BTW, sebenarnya semua manajer Ducati ogah menerima Iannone karena masa lalunya dengan doping, beberapa petualangannya, dan karena penampilannya yang bak selebritis.

Namun Gigi Dall’Igna yakin bahwa pembalap berjuluk The Maniac itu layak mendapatkan kesempatan baru. “Iannone adalah pembalap yang penting bagiku di awal karirku di Ducati. Dia berhasil memenangkan balapan untukku di Kejuaraan Dunia 125cc. Namun yang lebih penting, dia berada di Ducati ketika saya mulai berkarir di sana pada akhir tahun 2013,” ungkap insinyur jenius asal Italia itu.

“Dia kemudian merayakan kemenangan pertama Ducati di MotoGP (sejak 2010) di Spielberg pada tahun 2016. Saya adalah orang yang sangat menghargai dan menghormati pencapaian tersebut. Dan jika saya bisa membantu seseorang yang pernah membantu saya di masa lalu, mengapa tidak?” tegas insinyur berusia 56 tahun itu.

Menurutnya, 2 pembalap SBK akan diturunkan di Go Eleven Ducati pada tahun 2024. “Saya rasa Philipp Ottl akan menjadi salah satunya. Tapi itu keputusan tim,” pungkas Gigi Dall’Igna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *