Categories: MotoGP

Jorge Lorenzo : Honda dan Yamaha Tidak Punya Pembalap yang Sangat Sensitif untuk Mengembangkan Motor

RiderTua.com – Saat ini pabrikan MotoGP asal Jepang sedang dalam krisis. Jorge Lorenzo ikut menilai situasi yang dihadapi Honda dan Yamaha yang notabene adalah mantan-mantan ‘majikan’nya. “Ini era pabrikan Eropa, bukan era pabrikan Jepang. Dan saya tidak tahu berapa lama tren ini akan bertahan,” kata mantan pembalap berusia 36 tahun itu.”

Selama masa aktifnya sebagai pembalap, juara dunia 5 kali itu sangat mengenal pabrikan Jepang. Dimana masalahnya? “Menurutku, keduanya tidak memiliki pembalap yang sangat sensitif untuk mengembangkan motor sedemikian rupa, sehingga benar-benar bisa dikendarai oleh semua pembalap,” jawab Lorenzo.

Jorge Lorenzo : Honda dan Yamaha Tidak Punya Pembalap yang Sangat Sensitif untuk Mengembangkan Motor

Pada 2019 Jorge Lorenzo tidak pernah finis di 10 besar dengan Honda RC213V. Kemudian rider Spanyol itu mengakhiri karir balapnya lebih awal setelah hanya 1 musim sebagai pembalap Repsol Honda. Apakah HRC tidak mendengarkannya? “Saya harus mengatakan, mereka mendengarkanku. Sebenarnya kami berada di Jepang selama seminggu untuk melakukan perubahan,” ungkap Lorenzo.

Putra Chicho Lorenzo itu menambahkan, “Tapi kemudian saya mengalami kemalangan saat crash di Assen dan saya terluka parah. Tanpa crash di Assen itu, saya pasti akan melanjutkan dengan Honda dan tentunya dengan motor yang akan sedikit lebih cocok dengan karakteristik saya.”

Rider asal Mallorca itu merujuk pada cedera tulang belakang (tulang belakang toraks keenam patah dan tulang belakang toraks kedelapan robek) yang dideritanya saat mengalami highside keras pada sesi FP1 di TT Belanda pada 2019.

“Itulah inti permasalahannya. Ketika saya mengalami cedera tulang belakang, mentalitasku berubah. Saya mulai menghargai hal-hal lain dalam hidup dan bukan hanya motor. Crash tersebut mempersingkat karierku 3 atau 4 tahun,” imbuhnya.

Pada musim 2023, 3 dari 4 pembalap reguler Honda berjuang melawan cedera. Pendatang baru LCR Alex Rins memberikan satu-satunya secercah harapan dengan kemenangan di Austin, tetapi mengalami cedera kaki yang serius di Mugello. Nasib Marc Marquez dan Joan Mir di tim pabnrikan Repsol Honda juga tidak lebih baik. Keduanya sering sekali crash dan terus menerus dibekap cedera sehingga tidak mampu berbuat banyak di paruh pertama musim.

Lorenzo menegaskan, “Itu bukan sesuatu yang bisa diselesaikan dalam semalam. Dibutuhkan banyak usaha dan dimulai dengan tetap tenang, untuk memahami apa yang perlu kita pertahankan dan apa yang perlu kita ubah tentang motor.”

“Ini adalah pekerjaan yang telah dilakukan dengan sabar oleh Gigi Dall’Igna di Ducati, sejak dia bergabung dengan proyek MotoGP pada tahun 2014. Secara bertahap semakin mendekati motor terbaik dari tahun ke tahun, hingga berakhir dengan motor terbaik dari semuanya. Tapi ini bukan pekerjaan mudah dan membutuhkan banyak waktu,” pungkas Jorge Lorenzo.

This post was last modified on 22 Juli 2023 18:31

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pecco Bagnaia : Marc Marquez Rekan Setimku? Dia akan Beradaptasi dengan Baik

RiderTua.com - Mungkinkah Pecco Bagnaia dan Marc Marquez menjadi duo pabrikan Ducati 2025?Marquez termasuk di antara 3 kandidat utama untuk…

7 Mei 2024

Suzuki Ertiga Hybrid yang akan Mendapat Rival Baru Dari Mitsubishi

RiderTua.com - Suzuki Ertiga Hybrid menjadi satu dari tiga mobil hybrid yang dijualnya di Indonesia. Penjualannya cukup bagus, meski belum…

7 Mei 2024

Toyota Belum Juga Hadirkan Mobil Hybrid Termurahnya

RiderTua.com - Boleh dibilang Toyota mampu mendominasi penjualan mobil hybrid di Indonesia selama ini. Dari beberapa model yang dijualnya, Kijang…

7 Mei 2024

Hyundai Recall Ioniq 5 dan 6 di Indonesia Karena Ini

RiderTua.com - Penjualan mobil Hyundai di Indonesia masih cukup bagus, apalagi dari line-up mobil listriknya. Baik Ioniq 5 maupun 6…

7 Mei 2024

Neta V akan Dihentikan Penjualannya di Indonesia

RiderTua.com - Neta telah meluncurkan model terbaru dari mobil listrik V berupa V-II, dengan desain yang lebih modern. Tidak seperti…

7 Mei 2024

Chery Temukan Penyebab Masalah Patahnya Sumbu Roda Omoda 5 di Malaysia!

RiderTua.com - Sebelumnya Chery mengumumkan recall terhadap Omoda 5 di Malaysia beberapa waktu lalu. Ini dilakukan setelah terjadi dua insiden…

7 Mei 2024