Categories: MotoGP

KTM Gunakan Sasis Aluminium? Ini Jawaban Pit Beirer

RiderTua.com – Karena pada tes hari Senin di Jerez tes rider KTM Red Bull Dani Pedrosa terlihat melaju dengan sasis ‘tabung kotak hitam’ yang baru, muncul kecurigaan bahwa KTM berlatih dengan sasis aluminium. Ada apa di balik itu?

BTW, meski Dani Pedrosa tidak lagi ingin membalap, dia setuju tampil dengan wildcard di Jerez (kali pertamanya sejak Spielberg 2021 dimana dia finis ke-10) karena berbagai alasan. Pertama, dia ingin mengenal format baru sprint race dan melakoni FP1 dan FP2 pada hari Jumat dari pengalamannya sendiri untuk lebih memahami kebutuhan para pembalap sebagai test rider. Kedua, dia ingin menguji materi baru. Dan ketiga, dia ingin melihat apakah pada usia 37 tahun dia masih bisa bersaing dengan pembalap terbaik di dunia.

KTM Gunakan Sasis Aluminium? Ini Jawaban Pit Beirer

Dani Pedrosa kemudian dapat membuat perbandingan langsung dengan performa motor KTM RC16 dari akhir pekan, saat tes hari Senin dengan material baru.

Pada hari Senin, runner-up MotoGP tiga kali dan pemenang 31 kali balap MotoGP itu mencoba sasis baru dan paket aerodinamika baru yang dikembangkan di KTM Factory Racing di Munderfing bekerja sama dengan para insinyur aerodinamika di Red Bull Racing di Milton Keynes (Inggris).

Rangka baja tubular yang baru ini masih dicat hitam karena kekurangan waktu, beberapa pakar di forum Internet berspekulasi bahwa sekarang KTM tampaknya telah beralih ke sasis aluminium. Pada kenyataannya tidak ada alasan untuk melakukannya. Setelah Pedrosa menempati posisi 1 dan posisi ke-3 pada latihan bebas hari Jumat, di Q2 Brad Binder, Jack Miller dan Pedrosa masuk ke 6 besar dan dua pembalap reguler tersebut berhasil merayakan podium di kedua balapan.

Pit Beirer

Rupanya beberapa penggemar MotoGP melewatkan fakta bahwa, KTM menguji sasis baja yang baru dirancang dengan profil baja datar setelah GP Valencia pada November 2019 atas saran Dani Pedrosa dan sejak itu memodernisasi dan mengoptimalkannya dalam versi baru. Dimana fitur pembeda paling jelas adalah profil sisi persegi atau tabung baja.

Pol Espargaro yang kemudian meraih 5 podium dengan sasis baru pada tahun 2020 dan menempati peringkat 5 di Kejuaraan Dunia, pada saat itu menjelaskan, “80 persen rangka masih tabung baja bulat.”

Namun hingga saat itu, beberapa pengamat berpegang teguh pada kepercayaan bahwa sebuah pipa harus berbentuk bulat. “Tentu saja, ada juga tabung rangka persegi, seperti pada sepeda balap atau sepeda gunung modern. Siapa pun yang pernah melihat tahu betul akan hal itu,” tegas Pol Espargaro.

“Tidak ada yang berubah bagi kami. Kami masih memiliki rangka baja tubular. Kami selalu memasang tabung persegi, misalnya di area sambungan pijakan kaki. Dan ketika saya melihat-lihat di departemen balap motorcross KTM, saya melihat sasis dengan tabung persegi atau sudut di mana-mana,” kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer.

Dalam 13 balapan MotoGP sebelum 2013, Dani Pedrosa telah membukukan 10 kali start dari barisan depan dan 10 podium di Jerez. Kali ini ‘The Little Samurai’ finis di posisi ke-6dan ke-7 dalam dua balapan di Jerez 2023.

Direktur Motorsport Pit Beirer tidak mau membeberkan detail apapun tentang sasis hitam baru tersebut. Namun sangat mungkin Binder dan Miller akan mengujinya di salah satu balapan berikutnya. “Begitu anda tidak memperhatikan, teknisi kami sudah mengutak-atik sesuatu yang baru,” pungkas Pit Beirer sambil tersenyum.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024