Categories: MotoGP

Tim Mooney VR46 Hanya Butuh Kurang dari 2 Tahun untuk Menang!

RiderTua.com – Beberapa tim satelit MotoGP harus menunggu beberapa lama untuk meraih kemenangan pertama mereka. Tapi Tim Mooney VR46 Ducati milik Valentino Rossi menang di musim kedua atau bisa dikatakan tepatnya kurang dari 2 tahun. Bahkan Gresini Racing yang sudah lama di MotoGP menang berkat Enea Bastianini. Jadi bukan hal aneh jika Yamaha ingin merebut tim Rossi dari Ducati.

Pramac Racing juga harus menunggu dari 2005 hingga GP Spielberg 2021 ketika Jorge Martin meraih kemenangan MotoGP pertama untuk tim milik Paolo Campinoti itu. Lucio Cecchinello memulai tim LCR Honda MotoGP pada tahun 2006 dengan Casey Stoner. Tetapi baru pada tahun 2016, dia meraih kemenangan pertamanya di kelas utama berkat Cal Crutchlow.

Mooney VR46 Ducati : Kemenangan MotoGP Diraih Hanya di Tahun ke-2

Bos tim Tech3 Herve Poncharal (naik ke kelas 500cc bersama Shinya Nakano dan Olivier Jacque pada 2001) juga harus menunggu hingga 2019 sebelum Miguel Oliveira meraih kemenangan MotoGP untuk pertama kalinya atau pada tahun kedua setelah tim asal Prancis itu pindah dari Yamaha ke KTM. Oliveira menang di Spielberg pada tahun 2020 dan kemudian di balapan final di Portimao dengan Red Bull KTM Tech3.

Tim asal Belgia Marc VDS mengambil alih motor Honda dari Fausto Gresini setelah musim 2014, ketika mendiang Fausto bergabung dengan Aprilia selama total 7 tahun. Dan Marc VDS memberi Honda kemenangan di Assen pada 2016, di musim keduanya bersama Jack Miller.

Tim Petronas Yamaha milik Razlan Razali (mengambil alih sebagian besar tim Marc VDS setelah mereka mundur dari kelas utama untuk 2019) dengan cepat meraih kesuksesan pertama mereka. Di musim kedua dengan Yamaha pada 2020, Franco Morbidelli dan fabio Quartararo masing-masing menorehkan 3 kemenangan. Bahkan Franky menjadi runner-up di belakang juara dunia Joan Mir (Suzuki) dan membayangi tim pabrikan Yamaha (Valentino Rossi dan Maverick Vinales).

Selama bertahun-tahun, Gresini-Honda juga menjadi jaminan kesuksesan MotoGP di era 4-tak baru yang dimulai pada tahun 2002. Sete Gibernau mengamankan runner-up untuk Gresini pada tahun 2003 dan 2004, dan setahun kemudian prestasi ini diraih oleh Marco Melandri pada Movistar Honda tim Gresini.

Dan dalam 2 tahun terakhir, dua tim satelit baru telah menarik perhatian. Gresini Racing pindah ke Ducati setelah berpisah dari Aprilia pada 2022. Enea Bastianini tidak hanya memenangkan balapan pertama di Doha-Qatar, tetapi membukukan total 4 kemenangan balapan dan menyelesaikan kejuaraan dunia di peringkat 3.

Tim Mooney VR46 Ducati milik Valentino Rossi membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk meraih kemenangan pertama mereka. Tetapi Marco Bezzecchi tidak tersentuh dalam wet race di Las Termas Argentina pada 2 April 2023. Dia sekarang memimpin klasemen, dan rekan setimnya Luca Marini mengamankan podium pertama di Texas dan kini menempati peringkat 6 di klasemen.

Terlepas dari keberhasilan tim Rossi di Ducati, Yamaha berharap legenda MotoGP asal Italia itu mempertimbangkan untuk pindah ke YZR-M1 untuk tahun 2024. Tapi Ducati bersikeras pada kontrak VR46 untuk tahun 2024, dan pembalapnya Bezzecchi dan Marini juga ogah untuk menukar Desmosedici dengan Yamaha M1.

Lihat Videonya:

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Bermesin 2 Silinder Harganya Rp 60 Jutaan, Suzuki Rilis GSX-250R Model Baru

RiderTua.com - Suzuki GSX-250R, motor sport touring yang hanya dijual di 2 negara saja yakni Jepang dan China untuk saat…

24 April 2024

Daihatsu Lanjutkan Produksi Rocky-Raize di Jepang

RiderTua.com - Sebelumnya Daihatsu diketahui melakukan manipulasi tes tabrak terhadap sejumlah mobilnya yang dijual di Jepang. Akibatnya beberapa model seperti…

24 April 2024

Citroen Menjual C3 Aircross Dengan Harga Terjangkau Karena Ini

RiderTua.com - Citroen telah meluncurkan mobil terbaru lainnya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Model SUV ini menjadi model ketiga dalam varian…

24 April 2024

Tesla Turunkan Harga Mobil Listriknya Lagi?

RiderTua.com - Tesla masih memimpin penjualan mobil listrik secara global pada kuartal pertama tahun ini. Seharusnya mereka sudah dapat mempertahankan…

24 April 2024

Honda Mobilio Baru Terjual 194 Unit di Q1 2024

RiderTua.com - Honda telah mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus sepanjang Maret lalu. Dengan lebih dari 10 ribu unit mobil…

24 April 2024

‘Rolling in the City’ dengan New Honda Stylo 160

RiderTua.com - Kemarin Selasa 23/04, MPM Honda Jatim mengadakan acara rolling city bersama skutik premium fashionable mereka yakni New Honda…

24 April 2024