Categories: MotoGP

Augusto Fernandez : Gaya Balap Saya Halus Mirip Dani Pedrosa

RiderTua.com – Setelah berada di posisi ke-17 dalam sprint di Jerez, Augusto Fernandez finis ke-13 di GP Spanyol pada hari Minggu dan berakhir di posisi ke-18 dalam timesheet pada tes hari Senin. “Hari Minggu jauh lebih baik ketimbang Sabtu. Kecepatannya lebih baik, saya lebih kompetitif dan dalam grup yang lebih baik. Semuanya lebih baik dan tidak terlalu jauh dari 10 besar, tidak hanya dalam hal posisi tapi gapnya juga tidak terlalu besar,” ujar rookie dari tim GasGas Tech3 itu.

Namun setelah 4 seri musim ini, Juara Dunia Moto2 2022 itu juga mengakui, “Tentu saja saya ingin finis lebih jauh di depan. Tidak mudah untuk merasa senang dengan posisi ini. Kami selalu harus melihat kelemahan, kami harus mengurangi itu. Meskipun kami semakin dekat, kami masih berada di posisi ke-19 dan ke-20 dalam sesi latihan.”

Augusto Fernandez : Data dari KTM Dianalisis

Augusto Fernandez GasGas

“Dalam balapan kami mengambil langkah-langkah kecil dan beberapa kali mundur juga membantu. Pada hari Minggu, ada lebih sedikit crash di depan saya dan kecepatan saya lebih baik. Saya pikir finis ke-15 atau ke-16 akan sesuai dengan kecepatan saya yang sebenarnya. Langkahnya bagus,” ungkap Augusto.

Last but not least, perbandingan dengan rekan-rekannya dari Pierer Mobility AG dengan RC16 membuat Fernandez percaya diri. Lagi pula, pembalap pabrikan Red Bull KTM Brad Binder dan Jack Miller mengamankan dua podium ganda di akhir pekan.

Pembalap berusia 25 tahun itu menambahkan, “Fakta bahwa mereka sangat kuat membantu kami, kami memiliki semua data untuk dianalisis. Keduanya bagus, Dani Pedrosa juga luar biasa yang dia tunjukkan sepanjang jarak balapan. Binder dan Miller memiliki gaya balap yang cukup istimewa, tetapi Dani sangat halus yang lebih mirip gaya saya. Itu artinya motornya bekerja.”

“Pada hari Senin kami fokus bekerja untuk menyempurnakan paket kami. Penting untuk merasa lebih santai di mana kami dapat fokus mencoba hal-hal yang sangat berbeda tetapi selalu pada paket yang sama. Saya pikir kami telah membuat langkah yang sangat baik,” imbuh pembalap Spanyol mengenai tes di Jerez.

“Saya merasa lebih nyaman dengan motornya, kami telah mengubah sesuatu terutama dengan elektronik. Kami melakukan sedikit analisis terhadap data para pembalap KTM, mereka bekerja sangat berbeda, seperti yang kita lihat dalam balapan ketika mereka melibas setiap tikungan,” ujar Augusto sambil tersenyum.

Rekan setim Pol Espargaro itu melanjutkan, “Ini berbeda dari yang pernah saya lakukan sebelumnya. Kami fokus pada itu dan itu sedikit lebih baik ketimbang balapan. Saya harap saya akan memiliki perasaan yang sama baiknya di sirkuit berikutnya, tidak hanya di Jerez.”

Rookie tidak hanya mengerjakan set-up, tetapi juga terlibat dalam pekerjaan pengembangan dan menguji paket aero baru. “Ya, saya mengujinya di pagi hari, ini berbeda dan banyak mengubah perilaku motor. Menurutku kami harus bekerja pada set-up fairing. Karena aerodinamika berdampak cukup besar pada pengereman dan segalanya. Kami perlu bekerja lebih keras dengannya, saya hanya mengujinya untuk dua kali run di pagi hari. Saya tahu mereka masih mengerjakan paket itu sore ini. Bagaimanapun, saya tahu kita tidak akan mendapatkannya dalam waktu dekat. Itu sebabnya saya fokus pada paket yang kami miliki,” jelas Augusto.

Tapi apakah ada kemungkinan menggunakan paket aero baru di akhir musim? “Ya, kami masih memiliki opsi untuk homologasi yang kedua. Saya tidak tahu apakah ini akan terjadi, tetapi kami telah melihat beberapa hal positif. Mungkin kita akan mendapatkan beberapa hal lain, tapi saya pikir pasti paket aero yang digunakan Dani, meskipun sekarang ada dua versi,” pungkas Augusto Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024