Categories: MotoGP

Dengan Kemenangan Alex Rins Honda Terselamatkan dari Konsesi

RiderTua.com – Setelah finis di posisi ke-18 dan tertinggal 25 detik dalam sprint race GP Texas, bahkan tes rider Stefan Bradl masih ragu bahwa HRC (Honda Racing Corporation) akan dapat membebaskan diri dari masalah teknis tanpa konsesi. Keesokan harinya, Alex Rins merayakan kemenangan MotoGP pertama untuk pabrikan asal Jepang itu setelah tepat 539 hari di LCR-Honda.

Honda tidak mendapatkan keistimewaan konsesi untuk tahun 2023 karena Marc Marquez menang pada tahun 2021 di Sachsenring, Misano dan Texas. Dan kini berkat kemenangan Rins, Honda terselamatkan dari konsesi untuk musim 2024. Jika tidak, misalnya pengembangan mesin tidak akan dibekukan sejak awal musim, pembalap reguler dapat menguji sesuai keinginan dan tambahan dua mesin lagi per musim.

Dengan Kemenangan Alex Rins Honda Terselamatkan dari Konsesi

Stefan Bradl menjelaskan, “Saya hanya bisa mengatakan bahwa, kami di tim uji mengalami masalah tanpa konsesi ini. Bagaimana kita bisa membuat kemajuan dalam keadaan seperti itu? Pasti masuk akal jika di masa depan, setidaknya kami memiliki cukup ban untuk menyiapkan motor untuk satu lap balapan selama tes, ketimbang terus-menerus melakukan set-up 25 lap dengan ban bekas. Di balapan, time attack sudah dimulai sejak sesi FP1 di hari Jumat. Jadi kami harus memiliki kesempatan untuk berlatih selama tes.”

Sebagai informasi, pada tahun-tahun hingga dan termasuk 2022, tim uji pabrikan MotoGP disediakan 240 ban uji per musim. Untuk tahun 2023 jumlahnya dikurangi menjadi 200, dengan tes resmi MotoGP semakin berkurang (hanya 6 hari tes pramusim). Sehingga pekerjaan test rider menjadi semakin berat dan menuntut, paling tidak karena simulasi sprint race dan karena banyaknya versi aerodinamis yang terus dibuat di wind tunnel.

Sejak hari Minggu, Honda mencetak 6 poin konsesi sepanjang musim dengan 2022. HRC juga tidak akan menerima konsesi di musim mendatang setelah kemenangan Rins. Karena Marquez finis di posisi ke-2 di Australia pada tahun 2022, Pol Espargaro finis ke-3 di Qatar. Dengan 3 poin dari kemenangan Alex Rins di COTA, HRC telah mengumpulkan 6 poin konsesi selama dua tahun 2022 dan 2023.

“Pabrikan hanya mendapat konsesi jika mereka tidak mengumpulkan satu pun titik konsesi dalam satu musim. Misalnya, jika pabrikan hanya mendapatkan satu titik konsesi dalam 2 tahun ke depan, mereka tidak akan menerima konsesi apa pun. Bahkan dengan satu podium, pabrikan tetap menjadi produsen non-konsesi,” tegas Danny Aldridge (Direktur Teknik MotoGP).

Sejauh ini pada 2022/2023 Honda meraih 3 podium (= 6 poin konsesi). Namun 6 poin yang diperoleh ini hanya berlaku jika produsen konsesi kehilangan hak istimewanya.

Pertama, sebuah pabrikan telah kehilangan konsesi dan mendapatkannya kembali setelah tahun yang gagal. Misalkan Suzuki yang kembali ke Kejuaraan Dunia MotoGP pada tahun 2015 dengan GSX-RR (dengan mesin in-line baru) setelah vakum selama 3 tahun, dianggap sebagai pendatang baru dengan mendapatkan hak konsesi.

Tetapi kehilangannya untuk tahun 2017 setelah meraih podium pertama di 2016 dan mendapatkan konsesi kembali di tahun 2018. Karena Andrea Iannone dan rookie Alex Rins tidak pernah naik podium di tahun 2018, masing-masing hanya finis di posisi ke-4t sebagai hasil terbaik mereka.

Sementara di balapan hari Minggu poin konsesi diberikan untuk tiga tempat pertama 3, 2 dan 1, tidak ada poin untuk hal ini di sprint race!

Selama 3 tahun terakhir, Honda selalu finis ke-6 atau terakhir di klasemen konstruktor. Tapi setelah kemenangan LCR yang mengejutkan di Texas 2023, Honda membuat lompatan besar di klasemen konstruktor dan kini menempati peringkat 2 yang tak terduga!

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024

Valentino Rossi : Jika Terlihat Lemah di Depan Marc Marquez, Dia Cenderung ‘Melahap’ Kita!

RiderTua.com - Valentino Rossi yang hadir di paddock melihat dengan mata kepala sendiri ketika Marc Marquez vs Pecco Bagnaia duel…

3 Mei 2024

Skutik Baru Yamaha Fluo 125 Buatan Indonesia ini Harganya Bikin Kaget

RiderTua.com - Memang ini merupakan Yamaha FreeGo yang lama, tapi skutik buatan Indonesia ini diekspor ke Brasil dengan nama Yamaha…

3 Mei 2024

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024