Categories: MotoGP

Marc Marquez: Saya Kalah Setidaknya 0,5 Detik

RiderTua.com – Masihkah Marc Marquez bisa menahan kesabarannya? Lagi dan lagi, rider Repsol Honda itu harus kembali menelan kekecewaan pada tes pramusim di Portimao. Hanya menempati posisi ke-19 dan kalah 1,399 detik dari waktu terbaik Pecco Bagnaia (Ducati) itulah hasil yang mampu ditorehkan Marquez setelah melahap 78 lap pada hari pertama tes di Algarve-Portugal. Bahkan 6 motor 2022 lebih cepat dari Honda terbaik!

Bisa dibayangkan Repsol-Honda kini harus bekerja hingga malam. Namun pada tes Valencia pada November lalu, juara dunia 8 kali itu mengeluhkan bahwa prototipe untuk 2023 tidak menunjukkan tanda-tanda sebagai motor pemenang. Dan pernyataan ini semakin dipertegas di tes Sepang, ketika Marc hanya finis di posisi ke-10 (tertinggal 0,777 detik).

Marc Marquez: Saya Kalah Setidaknya 0,5 Detik

Marc Marquez dengan berani memberikan kritikan di Malaysia dan mengharapkan ada pembaruan baru untuk tes selama 6 hari. Saat itu, dia berharap bisa masuk 5 besar dalam tes Portugal. Tapi untuk saat ini, rencana tersebut gagal total. Selain itu pembalap Honda itu pun harus menerima jatuh.

Setelah kesulitan pada hari Sabtu di Portimao, Marc Marquez berusaha untuk tidak terlalu menunjukkan kekecewaannya. Tapi posisi ke-4 yang diraih adiknya Alex di Gresini Racing dengan Ducati 2022 menggambarkan kekacauan yang dialami Honda.

Marc Marquez dikalahkan tidak kurang dari 6 motor 2022 hari ini. Tertinggal dari 2 pembalap Gresini-Ducati, 2 rider Mooney VR46-Ducati dan kalah dari 2 pembalap RNF-Aprilia. Keenam motor ini semuanya masuk dalam 9 besar!

Marc menjelaskan, “Pagi ini tidak terlalu buruk. Kami mulai dengan set-up dasar dan kemudian memulai pekerjaan set-up. Tapi memang benar bahwa kami mencoba banyak hal besar di sore hari dan kemudian saya sedikit keluar jalur.”

“Jika kita mencoba konsep yang sama sekali berbeda, itu bisa terjadi, itu seperti di Sepang,” imbuh pemenang MotoGP 59 kali (terikat kontrak dengan HRC hingga akhir 2024) dan dengan tegas menuntut motor pemenang untuk 2023.

Pada tes di Sepang, Honda menempatkan 4 motor berbeda di pit untuk Marquez. Setelah 2 dari 3 hari, dia berpendapat bahwa mereka telah menemukan arah yang tepat dan motor terbaik untuk tahun 2023.

Pembalap berusia 30 tahun itu menambahkan, “Besok adalah waktunya untuk berhenti mencoba konsep besar yang baru, tetapi bekerja dengan apa yang kita miliki dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Dibandingkan dengan Ducati, kami jauh tertinggal. Tapi di belakang mereka ada sekelompok besar pembalap yang kami tidak punya banyak waktu untuk itu.”

Dan sayangnya ada 7 pembalap Ducati yang cepat, ditambah 4 Aprilia, di mana Honda hanya bisa menggigit jarinya.

“Kami kalah setidaknya 0,5 detik per lap. Saat ini sulit untuk mengatakan bagaimana hal ini akan memengaruhi jarak balapan,” pungkas Marquez yang belum pernah memenangkan balapan sejak Oktober 2021.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024