Categories: MotoGP

Herve Poncharal (GASGAS): Kami Bukan Lagi KTM B-Team!

RiderTua.com – Bagi pemilik tim MotoGP Herve Poncharal, presentasi tim GASGAS Factory Racing Tech3 menandai dimulainya era baru di kelas premier. Mulai dari 2001 hingga akhir 2018 dia membentuk tim satelit Yamaha. Dan pada 2019 hingga akhir 2022, bos tim berusia 65 tahun itu mengelola tim satelit KTM yang setiap tahun bekerja lebih erat dengan pabrikan. Mereka menekan kontrak baru selama 5 tahun setelah kontrak awal selama 3 tahun berakhir. Dimana kontrak ini ditandatangani oleh Pierer Mobility AG, yang diperpanjang hingga akhir musim 2026.

GASGAS adalah merek ketiga Tech3 di kelas utama, sejauh ini berhasil meraih 2 kemenangan MotoGP yakni pada 2020 berkat Miguel Oliveira di Spielberg dan Portimao.

Herve Poncharal (GASGAS): Kami Bukan Lagi KTM B-Team!

Pada tahun 2023, Herve Poncharal akan membawa merek baru ke MotoGP untuk Pierer Mobility Group. Setelah mengalami kesulitan dalam 2 tahun, apa artinya ini bagi Herve?
“Saya merasa bangga bisa memakai warna GASGAS di masa depan. Karena saya tahu betapa pentingnya merek ini bagi Stefan Pierer dan Hubert Trunkenpolz untuk masa kini dan masa depan,” jawab bos tim asal Prancis itu.

“Mereka berdua ingin melihat pertumbuhan di GASGAS. Adalah tugas kami untuk memantapkan GASGAS di kelas atas kejuaraan dunia balap motor. Di satu sisi, itu suatu kehormatan, di sisi lain tekanan semakin meningkat karena kami satu-satunya tim GASGAS di Kejuaraan Dunia MotoGP,” imbuhnya.

Kerja sama dengan para insinyur Pierer akan semakin erat. Insinyur berseragam KTM Red Bull selalu berada di pit Tech3 saat tes pramusim di Sepang. Tes rider Dani Pedrosa dan Jonas Folger juga bekerja untuk GASGAS, serta pelatih balap Mika Kallio.

Dengan panjang lebar Herve menjelaskan, “Dukungan dari pabrikan sangat sempurna tahun lalu. Saya harus menjelaskannya. Kami selalu menerima dukungan teknis tingkat nomor 1 dari Austria. Tentu saja, tahun lalu kami punya dua rookie dengan Remy Gardner dan Raul Fernandez. Bahan dasarnya identik dengan tim pabrikan KTM dengan Brad Binder danMiguel Oliveira.”

“Namun terkadang Brad dan Miguel menguji suku cadang baru sedikit lebih awal dari kami. Tapi itu bukan masalah. Sekarang ada perbedaan, kami bukan lagi KTM B-Team. Sejauh ini hal ini ditafsirkan beda oleh orang-orang di paddock, oleh media dan oleh beberapa sponsor.”

“Grup Pierer meyakinkan kami dengan sangat jelas bahwa kami akan mendapatkan dukungan teknis yang sama dari Munderfing seperti tim Red Bull dengan Brad dan Jack. Di Pierer, kami sekarang memiliki dua merek di Kejuaraan Dunia MotoGP yakni Tim KTM Factory Racing dan di sisi lain Tim GASGAS Tech3 Factory Racing.”

“Jadi seperti tahun lalu, kami seperti tim pabrikan. Tapi sekarang kami satu-satunya perwakilan GASGAS di MotoGP. Itu memengaruhi pemasaran dan citra tim, posisi kami lebih baik dari sebelumnya. Kami memiliki departemen komunikasi sendiri, tetapi kami sekarang juga memiliki Lia Sissis dari GASGAS sebagai penghubung untuk kemitraan merek baru tersebut.”

“Setahun lalu kami menghadirkan tim MotoGP bersama KTM di Munderfing. Tahun ini kami mengadakan pesta peluncuran sendiri di pabrik GASGAS di Terrassa, Spanyol. Ini untuk menggarisbawahi identitas Spanyol. Meskipun kami terlihat sebagai tim satelit di Dorna, di dalam Pierer Group kami terlihat sebagai tim kerja nyata. Kami akan beroperasi pada level yang hampir sama dengan tim pabrikan Red Bull KTM.”

Lihat Juga:

“Saya tidak naif. Saya melihat fakta bahwa mereka memindahkan Pol Espargaro ke tim kami, yang merupakan tokoh kunci di Pierer Mobility di kelas utama selama 4 tahun, sebagai konfirmasi betapa pentingnya kami bagi grup. Stefan Pierer, Hubert Trunkenpolz, dan Pit Beirer sangat senang dia kembali ke barisan kami. Mereka sangat percaya padanya dan menaruh harapan besar pada Pol.”

“Semua orang yang terlibat, termasuk Pit Beirer dan Direktur Teknis Fabiano Sterlacchini, terus mengatakan kepadanya, ‘Pol, Anda adalah salah satu pembalap kami yang didukung penuh dalam hal pengembangan RC16’. Semua orang ingin mendengar komentarnya, semua orang percaya dia mampu memberikan hasil yang bagus. Kita semua mengandalkan Pol. Ini sangat penting baginya.”

“Semua orang ingin menjadi pembalap terbaik pabrikan mereka. Oleh karena itu, Pol ingin mengalahkan Brad dan Jack, dan sebaliknya kedua pemenang ini ingin mengungguli Pol. Pol benar-benar merasa lebih percaya diri ketika dia melihat dengan sangat jelas bahwa dia diperlakukan sebagai pembalap pabrikan sejati.”

“Di Austria kini terbukti tidak ada perbedaan antara Red Bull-KTM dengan tim balap GASGAS kami. Pol, Brad dan Jack catatan waktunya sudah berdekatan di tes Sepang. Bahkan jika itu hanya sepersekian detik, Pol adalah yang tercepat dari trio ini. Ini semua penting bagi kami, bagi Pol dan bagi Pierer Mobility, karena grup tersebut kini memiliki dua andalan di MotoGP.”

“Bisa dibayangkan, kemunculan GASGAS di tiga kelas balap harus dilihat sebagai pertanda model jalan raya di tahun 2024. Kami akan menggunakan platform MotoGP untuk membuat merek GASGAS lebih terlihat dan.untuk membuat lebih dikenal,” lanjutnya.

Menurut kabar yang beredar, sinergi juga direncanakan dengan pembalap pabrikan GASGAS lainnya. “Ya, pembalap Supercross Amerika Serikat Justin Barcia memiliki tempat latihan di Florida. Pol Espargaro yang merupakan penggemar berat motorcross, akan menghabiskan satu hari latihan bersama bintang GASGAS Justin Barcia di Amerika. Kami membuat promosi besar-besaran untuk merek tersebut,” ujar Herve.

“Kami sangat memahami misi apa yang harus kami lakukan untuk Pierer Mobility. Ini tugas yang mengasyikkan. Tetapi pada saat yang sama, jelas ada tekanan tetapi dengan cara yang positif. Saya tidak mengatakan bahwa kami akan menghancurkan kompetitor. Kami memiliki banyak pekerjaan di depan kami, tetapi kami memiliki feeling yang baik sejak awal tahun,” pungkas Herve Poncharal.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024

Hyundai Umumkan Recall Mobil Listriknya, Indonesia Termasuk?

RiderTua.com - Sebelumnya Hyundai mengumumkan penarikan ratusan ribu unit mobil listriknya di Korea Selatan setelah ditemukan adanya cacat produksi. Tidak…

28 Maret 2024

Marc Marquez : Saya Suka Mengejar Acosta

RiderTua.com -  Marc Marquez suka saat 'duel' dengan pembalap baru Pedro Acosta.. Meski berstatus rookie, Acosta menjalani debut MotoGP nya…

28 Maret 2024