Categories: MotoGP

Andrea Dovizioso dan Hans-Georg Anscheidt Resmi Jadi Legenda MotoGP

RiderTua.com – Pada hari Rabu, Dorna mengumumkan bahwa Andrea Dovizioso dan Hans-Georg Anscheidt akan dimasukkan ke MotoGP Hall of Fame di GP Mugello dan Sachsenring. “Kami sangat bangga untuk memasukkan Andrea dan Hans-Georg ke dalam MotoGP Hall of Fame. Dua pembalap yang sukses mencapai banyak hal dan dua pembalap yang masing-masing menjadi lambang era di mana mereka memulai,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Doviziso akhirnya pensiun dari Kejuaraan Dunia MotoGP di GP Misano tahun lalu, meski belum pernah merengkuh gelar juara di kelas premier. Dia adalah runner-up pada tahun 2017, 2018 dan 2019 di belakang Marc Marquez. Dovi memenangkan gelar dunia pada tahun 2004 di kelas 125cc, dan pembalap berusia 36 tahun itu berhasil mengoleksi total 24 kemenangan balap, 15 di antaranya di MotoGP.

Andrea Dovizioso dan Hans-Georg Anscheidt Resmi Jadi Legenda MotoGP

“Andrea adalah juara dunia di awal karirnya dan bertahun-tahun kemudian masih membuat kami kagum dalam beberapa pertarungan terbaik di era MotoGP modern. Sungguh menyenangkan melihatnya meraih beberapa kemenangan MotoGP terdekat yang dapat saya ingat. Tanpa diragukan lagi dia adalah seorang legenda,” imbuh Ezpeleta.

“Saya sangat terkejut saat mengetahuinya. Ketika kita membaca daftar legenda, rasanya menyenangkan mengetahui bahwa nama saya akan ditambahkan. Karier balap saya sangat lama, tapi saya tentu tidak berharap untuk menjadi legenda, apalagi tidak secepat ini. Tapi memang sebuah kehormatan besar. Saya berharap untuk berkunjung ke paddock. Dilantik ke dalam Hall of Fame di GP Italia membuatnya sangat istimewa,” ungkap Dovi yang tak lepas dari senyum di wajahnya.

Hans-Georg Anscheidt (kini berusia 87 tahun) terjun di kelas 50cc pada 1960-an dan meraih gelar juara pada 1966, 1967 dan 1968 bersama Suzuki. Secara keseluruhan, pembalap asal Jerman ini mengumpulkan 14 kemenangan balap. Karier balapnya dimulai dengan Kreidler, pada tahun 1961 dia sudah menjadi Juara Eropa di kelas 50 cc, pada tahun 1962 dia mencatatkan namanya di buku sejarah sebagai pemenang utama dalam balapan Kejuaraan Dunia 50cc pertama (masih menggunakan Kreidler) .

Lihat Juga:

“Hans-Georg sangat sukses di kelas 50cc dan telah memenangkan tiga gelar berturut-turut. Dimana hanya sedikit pembalap yang berhasil melakukannya. Dia memegang tempat penting dalam sejarah dan merupakan tokoh kunci dalam dekade kedua balap,” ujar Ezpeleta.

Tentu saja, pengakuan tersebut diberikan untuk menghormati juara dunia tiga kali itu di kelas shot glass. “Saya sangat senang menjadi legenda MotoGP. Saya tidak menyangka karena kelas 50cc datang bertahun-tahun setelah kelas Kejuaraan Dunia lainnya dan sudah lama berlalu. Saya sangat senang dan akan melakukan apa yang mungkin untuk datang ke Sachsenring bersama putra saya,” ungkap Anscheidt.

Ceremonial resmi di Motorrad Grand Prix Deutschland tahun ini (16-18 Juni) direncanakan digelar di sana, di mana Hans-Georg Anscheidt akan bergabung dengan daftar legenda MotoGP.

Sejauh ini termasuk Valentino Rossi, Giacomo Agostini, Hugh Anderson, Kork Ballington, Max Biaggi, Alex Criville, Mick Doohan, Stefan Dorflinger, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Marco Lucchinelli , Randy Mamola, Anton Mang, Jorge ‘Aspar’ Martinez, Angel Nieto, Dani Pedrosa, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr., Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer , Casey Stoner, John Surtees, Luigi Taveri, Carlo Ubbiali and Franco Uncini.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Neta V-II Dijual Lebih Murah Dari Neta V Karena Ini

RiderTua.com - Neta sebelumnya merilis Neta V di Indonesia sejak tahun lalu, dan sukses terjual hingga ratusan unit. Kini mereka…

5 Mei 2024

Wuling Berbicara Soal MPV Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Wuling baru memiliki tiga mobil listrik yang dijualnya di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo EV, dan Cloud…

5 Mei 2024

Wuling Cloud EV Tanpa Sunroof Seperti Alvez

RiderTua.com - Wuling Cloud EV menjadi pelengkap mobil listriknya di Indonesia setelah merilis Air EV dan Binguo. Model ini memiliki…

5 Mei 2024

Seres E1 yang Terjual Ratusan Unit, Tapi Jarang Terlihat di Jalan

RiderTua.com - Seres E1 menjadi salah satu mobil listrik yang dijual di Indonesia ketika pasarnya pertama kali dimulai disini. Meski…

5 Mei 2024

Aleix Espargaro Kesal : Zarco Harus Lebih Respect

RiderTua.com - Aleix Espargaro sangat tidak senang bersenggolan dengan Johann Zarco di GP Spanyol. Pertarungan mereka di Jerez berakhir ketika rider…

5 Mei 2024

Antrian Pesanan Toyota Vellfire Kini Mencapai Enam Bulan!

RiderTua.com - Toyota Alphard dan Vellfire di Indonesia kini mendapatkan model generasi terbarunya setelah sekian lama. Kedua mobil MPV mewah…

5 Mei 2024