Categories: MotoGP

Honda Putus Asa: Marc Marquez Kesal, Membalap Tanpa Winglet!

RiderTua.com – Marc Marquez finis ke-10 dalam tes pramusim Sepang pada hari Minggu, tertinggal 0,777 detik. Karena kurangnya ide-ide baru, HRC (Honda Racing Corporation) mencoba kembali ke masa lalu. Tiba-tiba Marquez melaju tanpa winglet, begitu juga dengan tes rider Stefan Bradl.

Marquez berharap masuk 5 besar di tes Sepang sebelum melanjutkan tes pramusim kedua di Portimao (11-12 Maret). Namun setelah menjalani tes selama 3 hari di Sepang, bahkan dia harus mengaku kalah dari adiknya Alex di tim Ducati Gresini dengan GP22 yang menempati posisi ke-9 tepat diatasnya.

Honda Putus Asa: Marc Marquez dan Stefan Bradl Membalap Tanpa Winglet!

Saat berbincang dengan wartawan, terlihat jelas bahwa kesabaran Marc Marquez terkuras habis selama tes ini. Karena dia memiliki 4 motor di pit pada hari pertama, 3 motor di hari kedua dan 2 motor di hari terakhir tes Sepang. “Pada dasarnya, ini adalah motor yang sama seperti 3 bulan lalu di Valencia,” ujar pembalap berusia 29 tahun itu kecewa.

Bahkan tim lawan sempat speechless, ketika para insinyur Honda seakan mundur 7 tahun dan Stefan Bradl (dia harus tinggal 2 hari lebih lama dari yang direncanakan) dan Marquez turun ke trek tanpa winglet. Karena tampaknya semua aerodinamis versi terbaru yang dibawa tidak dapat melampaui ekspektasi mereka.

Marc Marquez

“Dengan tindakan ‘alibi’ seperti itu, kita hanya dapat mengumpulkan data dan membandingkan simulasi. Tapi itu tidak membuat lebih cepat,” jelas insinyur dari tim rival.

Pada musim 2022, HRC telah membodohi diri sendiri ketika untuk mencapai top speed mereka membuat fairing begitu ramping sehingga para pembalapnya kepanasan di GP Sachsenring karena sasis tidak mampu menghilangkan panas. Kemudian pabrikan terbesar di dunia itu gagal dalam balapan kelas utama untuk pertama kalinya dalam 40 tahun.

Bahkan Marc Marquez pun gagal paham dengan ide fairing tanpa winglet ini. “Tidak, tidak. Tentu saja bukan ide saya untuk membuang sayap. Saya tidak tahu. Mereka berkata kepada saya, ‘Sekarang kamu harus mencoba ini’. Sebenarnya, sudah waktunya untuk memasang ban baru. Tapi tiba-tiba saya harus membalap tanpa winglet. Saya bertanya, ‘Berapa lap yang harus saya lakukan dengan ini?’ Hanya dua lap, jawab mereka. Saya melakukan itu dan kemudian memberikan komentar saya tentang itu,” ungkap Marc.

Menderita akibat downforce

Kita hanya bisa berspekulasi tentang alasan tindakan putus asa yang dilakukan Honda ini. Tapi ternyata Honda ingin mengurangi handicap top speed dengan menghilangkan sayap. Faktanya, akibatnya downforce mereka menderita. Menikung dan traksi adalah sesuatu yang harus ‘diraba-raba’ untuk mendapatkannya.

“Sebagai pembalap, saya hanya bisa memberikan umpan balik, tapi saya tidak boleh mengecewakan para insinyur. Bukan tugas saya untuk mengeluarkan ide-ide baru kepada teknisi tentang konsep sasis dan sejenisnya,” tegas Marc.

Sekarang Honda telah menyia-nyiakan 4 dari 6 hari tes pramusim tanpa mampu mendekati posisi puncak sedikitpun. “Kami butuh reaksi. Kami butuh lebih. Kami sudah mencoba banyak hal di sini, tapi ini bukan motor pemenang. Jujur, saya lebih senang dengan kondisi fisik saya ketimbang motor,” pungkas Marc Marquez kesal.

This post was last modified on 15 Februari 2023 08:23

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024