Categories: MotoGP

Miguel Oliveira: Awalnya Motor Aprilia Terasa Asing dan Aneh!

RiderTua.com – Usai menjalani tes singkat di Valencia pada bulan November, Miguel Oliveira akan memulai babak baru MotoGP di tim satelit RNF Aprilia dengan tes IRTA pertama musim 2023 di Sepang-Malaysia .

Oliveira mengatakan, “Ini mengasyikkan, bukan hanya untuk saya tetapi juga untuk seluruh tim. Mereka mendapatkan motor baru dan dua tim bergabung, ada beberapa orang (pabrikan) Aprilia di pit. Ini adalah hal yang masih sedikit tidak pasti, karena tentu saja kita belum saling mengenal satu sama lain dengan baik. Jadi ini tentang mulai bekerja. Tes Valencia berlangsung sangat-sangat singkat, setelah itu kami memasuki liburan musim dingin yang sangat panjang. Sekarang saya tak sabar untuk memulai musim.”

Miguel Oliveira: Pembaruan? Aprilia yang Memutuskan

Apa kesan pertama RS-GP di Valencia? Apa motornya sangat bagus? “Bahkan saya tidak mengingatnya,” kata Oliveira sambil tertawa.

Pendatang baru Aprilia asal Portugal itu menambahkan, “Ini benar-benar motor yang berbeda, filosofi yang berbeda. Dalam hal handling, sasis jelas menarik perhatian, sangat menyenangkan untuk dikendarai. Saya tidak ingat banyak lagi. Itu baru 1 hari, semuanya terasa asing dan aneh. Saya berasumsi bahwa setelah tes selama 3 hari di Sepang ini saya akan mendapatkan ide yang lebih baik.”

Miguel Oliveira- Aprilia 2023

Bagaimana cara Oliveira transisi ke merek baru? “Saya pikir hal termudah adalah mengendarai seperti yang kita ketahui dan kemudian melihat apa yang diterima motor, apa yang perlu kita ubah dan apa yang bisa diubah motor untuk kita. Ini tentang kita berjalan ke arah motor dan motor ke arah kita. Di Valencia, hanya saya yang mengenal motornya. Di Sepang kami memiliki lebih banyak waktu lintasan dan kami akan mencoba menggabungkan kedua sisi,” jawab pembalap berusia 28 tahun itu.

Oliveira tidak diizinkan menunggangi motor MotoGP barunya sejak 8 November, tetapi dia bertemu dengan skuad Aprilia di pesta Natal di Italia. Kunjungan pabrik masih tertunda. “Aku ada di pertemuan akhir tahun, tapi aku belum benar-benar pergi ke Noale,” ungkapnya.

Namun, sejauh ini Oliveira puas dengan dukungan Aprilia. “Semuanya terhubung dengan sangat baik dengan tim pabrikan. Rencana kami adalah bekerja dengan paket yang kami miliki. Saat ini saya tidak bisa mengatakan lebih banyak, karena kami belum benar-benar bekerja. Sekarang masih lebih banyak teori, kami belum membalap,” ujar rekan setim Raul Fernandez itu.

Satu hal yang pasti, motor Aprilia 2022 direncanakan untuk pembalap tim satelit. Dalam tes shakedown di awal minggu, RS-GP23 terbaru menarik perhatian dengan paket aero yang dikembangkan secara signifikan.

Akankah Oliveira mendapatkan pembaruan atau akankah RS-GP22 miliknya tetap tidak berubah? “Saya tidak bisa mengatakan ini akan menjadi motor sepanjang musim karena saya tidak begitu tahu. Aprilia pasti harus menguji dan mengevaluasi materi 2023 dengan para pembalap. Jika benar-benar bagus, Aprilia akan memutuskan apa yang akan mereka berikan kepada kami, bukan saya. Yang saya tahu sekarang, saya akan menunggangi motor 2022,” pungkas Oliveira.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024