Categories: MotoGP

Razlan Razali: Kami Tidak Punya Ekspektasi Khusus untuk Tes Sepang

RiderTua.com – Tim RNF beralih dari Yamaha ke Aprilia dengan duo pembalap yang menjanjikan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez untuk musim 2023. Razlan Razali selaku pemilik tim mengatakan, “Sebagai tim kami melakukan restrukturisasi untuk tahun 2023 dengan merek baru, itulah mengapa kami tidak pernah berhenti bekerja usai tes Valencia. Di balik layar kami merencanakan musim baru. Tim juga menjalani latihan yang bagus di Aprilia Racing di Noale, dan di akhir tahun kami juga menjadi pembalap ‘Natal’ Aprilia.”

Pembalap RNF pertama kali menjajal Aprilia RS-GP di tes Valencia usai balapan final musim 2022. Sekarang kita tidak sabar melihat, bagaimana tim satelit Aprilia itu akan tampil musim ini dimulai dengan tes IRTA pertama di Sepang (10-12 Februari).

Razlan Razali: Kami Tidak Punya Ekspektasi Khusus untuk Tes Sepang

Bagi Oliveira, pembalap pabrikan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales adalah referensinya. “Akan sangat menyenangkan jika saya bisa mendekati Aleix dan Maverick di tes pertama. Itu pasti targetku. Tetapi yang lebih penting adalah untuk menemukan dasar yang baik. Kami berharap untuk menguji beberapa hal kecil, tetapi tidak banyak. Terutama tentang membangun basic yang kuat dan memahami apa yang berhasil untuk saya dan apa yang tidak. Ini adalah tes di mana kita akan menyaring beberapa hal. Ini tentang membiasakan diri dengan motor,” ujar pembalap asal Portugal itu.

Razlan Razali

Rekan setim barunya Raul Fernandez mengatakan, “Akan menarik untuk menjalani 3 hari tes karena kami hanya punya satu dan kondisi di Valencia tidak sempurna setelah musim yang panjang. Kondisi fisik saya juga tidak sempurna saat itu. Jadi saya sangat tidak sabar untuk kembali menunggangi motor minggu ini. Saya pikir, saya akan menikmatinya layaknya seorang anak kecil.”

Bagi bos tim Razlan Razali, tes pertama MotoGP bak sebuah pertandingan kandang yang nyata, bahkan dia pernah menjadi CEO Sirkuit Sepang hingga 2020. “Kami tidak sabar menunggu tes resmi pertama untuk tahun 2023, di trek rumah kami. Liburan musim dingin masih panjang,” ujar bos tim asal Malaysia itu.

“Saya tidak sabar untuk kembali melihat semua anggota tim dan tentu saja pembalap kami Miguel dan Raul. Saya mengatur beberapa sesi latihan dengan sepeda motor jalan raya dengan mereka untuk membantu mereka terbiasa dengan kondisi panas dan lembab. Akan lebih penting lagi jika kami menetapkan tujuan tes untuk kedua pembalap dengan Aprilia dan kepala kru kami,” kata Razali.

Oleh karena itu, belum jelas sejauh mana pembalap tim satelit terlibat dalam tes dan pengembangan dengan RS-GP22 mereka. “Kami tidak punya ekspektasi khusus untuk tes ini. Kami akan tahu lebih banyak ,setelah kami berkumpul sebagai tim dan melakukan diskusi teknis dengan Aprilia untuk benar-benar memahami tujuan apa yang ingin kami capai saat menguji dengan dua pembalap kami,” telas Razlan razali.

Setidaknya tidak akan ada ‘dinding penyekat’ antara garasi tim pabrikan dan tim RNF di Sepang.

Manajer tim Wilco Zeelenberg menambahkan, “Kami tidak sabar untuk bekerja dengan materi baru, dan kami sangat senang melihat bagaimana reaksi para pembalap saat melihat motor mereka. Tentang itulah tes yang akan datang. Bagi Miguel dan Raul, kuncinya adalah beradaptasi dengan motor baru secepat mungkin.”

“Setelah seharian tes di Valencia, kesannya cukup bagus meski tidak mudah tentunya. Karena setiap motor punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk para pembalap, ini tentang mencari tahu cara membalap dan bagaimana menangani semuanya, trek demi trek. Itu yang diprioritaskan dalam tes,” tegas mantan pembalap yang kini berusia 56 tahun itu.

Zeelenberg sendiri menantikan musim baru dengan Aprilia dan CryptoDATA. Pada saat yang sama, dia memperingatkan untuk tidak kehilangan fokus. “Semuanya baru, tetapi prioritas saya adalah tetap fokus pada balapan dan hasilnya,” pungkas manajer asal Belanda itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024

Augusto Fernandez : Sekarang Pedro Acosta Adalah Pembalap Terbaik di Pabrikan KTM

RiderTua.com - Ketika rekan setimnya di GasGas Tech3 Pedro Acosta merayakan podium (finis ke-2) di COTA, Augusto Fernandez hanya mampu…

19 April 2024

Enea Bastianini Menemukan Kecepatannya Kembali, GP24 Sudah Nyetel?

RiderTua.com - Enea Bastianini menemukan kecepatannya kembali setelah finis ketiga di Texas, dia merasa berada di jalur yang benar, tahun…

19 April 2024

Ducati Harus Memberi Pecco Motor Terbaik untuk Meng-KO Jorge Martin

RiderTua.com - Ducati harus memberi Pecco motor terbaik untuk meng-KO Jorge Martin... Kejuaraan dunia MotoGP 2024 dimulai dengan penuh kejutan…

19 April 2024

Rumor Jack Miller Ditukar Pedro Acosta Musim Ini, Ini Jawaban Bos KTM

RiderTua.com - Secara kontrak KTM dapat menukar pembalap antar timnya di tengah musim, tetapi pabrikan asal Austria itu tidak berencana…

19 April 2024

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024