Ngeri! Atas Desakan Jonathan Rea, Kawasaki Terbaru Semakin Kencang!

RiderTua.com – Ducati ingin bertahan sebagai juara dunia, Yamaha punya part baru andalannya, Kawasaki tak mau kalah, semakin seru pertarungan tahun ini.. Pada 19 Juli 2022, sebelum dikonfirmasi perpanjangan kontrak Jonathan Rea dengan Kawasaki Heavy Industries hingga akhir musim 2024, ada beberapa hal yang perlu didiskusikan antara kedua belah pihak. Kini menjadi jelas bahwa pembalap berusia 36 tahun itu ingin melanjutkan kerjasama dan masih haus akan kesuksesan. Satu pertanyaan terpenting yang masih menggelayut di benak Rea adalah, bagaimana perkembangan teknis Kawasaki di tahun-tahun mendatang? Dan Kawasaki harus menjamin peningkatan performa mesin kepada peraih rekor juara dunia terkuat Superbike itu (6 kali tanpa putus).

Atas Desakan Jonathan Rea, Kawasaki Terbaru Semakin Kencang!

Kemudian Kawasaki mengumumkan perbaikan untuk ZX-10RR. Pada pertengahan Agustus 2022, dilaporkan bahwa akan ada model homologasi baru untuk tahun 2023, dengan motor yang benar-benar baru akan hadir pada tahun 2024.

Jonathan Rea dan Alex Lowes - Kawasaki Ninja ZX-10RR 2023
Jonathan Rea dan Alex Lowes – Kawasaki Ninja ZX-10RR 2023

Yang terbaru, Kawasaki menghadirkan model homologasi baru di tahun 2021 yang mesinnya bisa berputar 15.100 rpm. Namun karena asosiasi motor dunia FIM tidak mengklasifikasikan ZX-10RR ini sebagai baru, semua mesin Kawasaki di Kejuaraan Dunia Superbike saat ini hanya diperbolehkan berputar maksimal 14.600 rpm.

Ini menempatkan Kawasaki jauh di belakang rivalnya Ducati Panigale V4R yang saat ini memiliki kecepatan maksimum 16.100 rpm, Honda CBR1000RR-R mencapai 15.600 rpm, BMW M1000RR 15.500 rpm, dan Yamaha R1 14.950 rpm.

Ketika menjadi jelas di awal musim 2021 bahwa Kawasaki tidak akan mendapatkan putaran mesin yang lebih tinggi, pabrikan asal Jepang itu banyak bekerja pada sasis, kelincahan, aerodinamika, cengkeraman mekanis, dan elektronik agar dapat mengikuti persaingan yang kuat. Proses ini masih berlanjut hingga hari ini.

Pada tanggal 7 Februari, Kawasaki akan menghadirkan mesin balap tahun ini untuk Kejuaraan Dunia Superbike. Sehari setelahnya, tim pabrikan akan melakukan presentasi via video.

Steve Guttridge, kepala manajer balap Kawasaki di Eropa menjelaskan, “Insinyur Kawasaki bekerja sama dengan Kawasaki Racing Team, mengevaluasi setiap hari bagaimana dapat meningkatkan performa motor. Ini tentang bagaimana kita bisa memenuhi permintaan Jonathan Rea dan Alex Lowes.”

Selama tes Jerez dalam 2 hari pada 25-26 Januari, para pembalap dan kepala kru mereka bungkam saat ditanya mengenai inovasi teknis untuk tahun 2023.

Namun manajer tim Guim Roda lebih terbuka. “Kami punya beberapa part untuk diuji, beberapa di antaranya bersifat eksperimental. Kami tidak diperbolehkan menggunakan semua yang kami uji di kejuaraan, karena beberapa bagian tidak diperbolehkan,” ujar Guim.

“Kami tetap mengujinya, jadi kami tahu ke mana harus pergi. Apa yang nantinya akan diproduksi Kawasaki dan dihomologasikan untuk masa depan, kami tidak tahu persis sebelumnya. Tapi tentu saja kami punya ide tertentu. Pada saat yang sama, ada program pemasaran yang harus kami hormati,” imbuhnya.

Ini artinya, tidak seorang pun dari Tim Kawasaki Racing diizinkan untuk membocorkan secara detail sebelum presentasi mengenai inovasi teknis yang akan datang. Di Jerez, pekerjaan dilakukan di hampir setiap aspek motor.

Roda menambahkan, “Berapa lama proses homologasi tergantung pada berapa banyak suku cadang baru yang kita miliki di motornya. Itu juga bisa sangat cepat dan kita hanya perlu menunjukkan bahwa jumlah unit yang dibutuhkan akan diproduksi. Ini lebih merupakan proses administrasi yang memakan waktu berminggu-minggu, bukan berbulan-bulan.”

Kawasaki masih punya waktu. Homologasi harus diselesaikan untuk pemeriksaan teknis pada hari Kamis, sebelum dimulainya musim ini di Australia pada akhir pekan terakhir bulan Februari. Karena peraturan Kejuaraan Dunia Superbike sangat ketat, selama pabrikan (yang tidak berhasil) tidak diizinkan mengakses suku cadang, yang diperlukan homologasi baru agar dapat melakukan perubahan drastis pada sasis dan mesin.

BTW, sejak 2021, Rea dan Lowes telah meminta satu hal yang sangat krusial yakni mesin lebih bertenaga.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives

You cannot copy content of this page