Categories: MotoGP

Apakah Konsep Mesin V4 Yamaha yang Baru Hadir Setelah 2026?

RiderTua.com – Tim Monster Yamaha menjanjikan Fabio Quartararo power mesin yang lebih besar untuk MotoGP musim 2023. Untuk mendongkrak power mesin bahkan pabrikan asal Jepang itu bekerjasama dengan perusahaan Marmors Motor milik Ing. Luca Marmorini yang sudah hampir 1 tahun ‘mengamati’ mesin Yamaha M1 YZR 1000cc in-line 4-silinder.

Yamaha tidak mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa Direktur Teknisnya Marmorini sedang mengerjakan mesin V4 untuk tahun 2024. Tapi mungkin konsep ini baru akan diterapkan setelah tahun 2026.

Apakah Konsep Mesin V4 Yamaha yang Baru Hadir Setelah 2026?

Selama tes Misano (September 2022), Quartararo merasa puas setelah mencatat peningkatan performa yang signifikan pada mesin versi 2023. Namun pada tes Valencia (usai balapan final musim), El Diablo tak lagi antusias ada raut kecewa pada wajahnya. Karena dia hanya berakhir di posisi ke-9, tertinggal 0,5 detik dari Luca Marini (Mooney VR46 Ducati) yang membukukan waktu tercepat. Beberapa saat kemudian, tes rider Cal Crutchlow juga melaporkan bahwa mesin M1 lebih bertenaga untuk tahun 2023.

Pada saat presentasi tim Yamaha di Jakarta pekan lalu, manajer proyek Yamaha Takahiro Sumi tidak membantah pendapat Quartararo. “Saya ingin memulai dengan mengatakan bahwa Cal adalah aset besar untuk pengembangan MotoGP kami. Kami punya banyak kesempatan untuk menguji dengan Cal di Eropa pada tahun 2022. Ini membuahkan hasil positif, yang juga kami harapkan untuk tes Valencia di bulan November. Sayangnya, hasilnya tidak sebaik yang kami harapkan,” ujar bos asal Jepang itu.

Yamaha V4 Engine MotoGP

Sumi melanjutkan, “Sejak itu kami menganalisis semua data dan meneliti alasannya. Sekarang semuanya menjadi jelas, mengapa Fabio dan Franco begitu kecewa usai tes Valencia. Sekarang kami menyiapkan pembaruan untuk tes Sepang pada Februari. Di sana kita akan melihat perbaikan. Sekarang kami lebih paham dan mempersiapkan dengan baik untuk Sepang.”

Sejak manajer tim Yamaha Massimo Meregalli yang baru-baru ini mengatakan bahwa efek dari pekerjaan Marmorini akan terlihat pada tahun 2024, muncul spekulasi bahwa Yamaha kini mampu bersaing dengan mesin V4 yang benar-benar baru seperti keempat rival lainnya di MotoGP. Namun kemungkinan beralih ke konsep V4 belum dikonfirmasi Yamaha. Tapi mereka juga tidak secara resmi dibantah.

Bagaimanapun, Suzuki telah membuktikan dalam 3 tahun terakhir bahwa pabrikan juga bisa sukses dengan mesin inline. Bahkan Suzuki mundur dari Kejuaraan Dunia MotoGP pada akhir 2011 untuk mengembangkan mesin 4-silinder inline dengan GSX-RR tak lagi menggunakan mesin V4 GSV-R yang gagal.

Tak seorang pun di Yamaha yang mengkorfirmasi secara resmi tentang rencana Marmorini yang sebenarnya. Namun Yamaha menilai sangat tidak mungkin konsep mesin dasar yang sama sekali baru akan dikembangkan untuk M1 pada 2024, karena regulasi teknologi saat ini baru ditetapkan hingga akhir 2026.

Anggota aliansi pabrikan MSMA telah memutuskan untuk mencapai kesepakatan tentang peraturan untuk tahun 2027 hingga 2031 di musim mendatang. Begitu peraturan ditetapkan pada 2031, setiap pabrikan MotoGP akan memikirkan jenis mesin apa yang akan mereka rancang untuk era itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kawasaki Membawa Bimota ke Superbike: New Bimota by Kawasaki Racing Team WSBK

RiderTua.com - Kawasaki membawa Bimota kembali ke Kejuaraan Dunia Superbike.. Bimota adalah produsen sepeda motor custom dan produksi asal Italia…

27 April 2024

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024