Motor Listrik Sewaan atau Beli Sendiri, Pilih Mana?

RiderTua.com – Motor listrik mungkin jumlahnya masih cukup sedikit di Indonesia sejauh ini. Tapi sejumlah produsen sudah menawarkan unitnya untuk disewa selama beberapa periode, tentunya dengan tarif bervariasi. Namun mulai tahun depan motor listrik bakal mendapat subsidi sebesar Rp 6,5 juta. Dengan ini, ada dua pilihan untuk bisa menikmati kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Baca juga: Piaggio Belum Punya Rencana Produksi Motor Selain Vespa?

Motor Listrik Bakal Mendapat Subsidi Rp 6,5 Juta

Penjualan motor listrik sejauh ini masih belum melampaui target yang ada. Bahkan angkanya jauh di bawah ekspetasi, dengan kurang dari 10 ribu unit terjual, itupun masih disumbangkan dari merek yang kurang tenar di Indonesia. Sehingga pemerintah mulai memberikan solusi berupa subsidi sebesar Rp 6,5 juta yang akan diberlakukan tahun depan.

Dengan ini, diharapkan penjualan motor EV bisa meningkat lebih jauh lagi. Tapi tidak sedikit ada produsen roda dua yang menawarkan motor listrik sewaan kepada masyarakat. Merek seperti Honda sudah melakukannya dengan PCX Electric, walau ini sudah berlangsung cukup lama dan modelnya belum dirilis di pasar.

(NIU)

Populasi Lebih Banyak

Cara sewa motor ini memang dirasa efektif, agar masyarakat dapat mencoba bagaimana rasanya berkendara dengan motor listrik jika dibandingkan dengan motor biasa. Tapi pemerintah ingin meningkatkan penjualan motor EV, maka subsidi seharusnya sudah diberikan sejak awal. Tentunya subsidi ini dapat membantu dalam penjualan bagi sejumlah produsen.

Selain itu, tanpa adanya model dari merek ternama seperti Honda, maka pasar motor EV tidak akan terus berkembang. Termasuk harga jualnya yang mungkin masih cukup mahal bahkan dengan adanya subsidi. Sewa motor listrik mungkin bisa menjadi cara untuk menarik perhatian konsumen akan kendaraan ramah lingkungan.

Populasi motor listrik seharusnya bisa lebih banyak lagi di Indonesia. Tapi untuk sekarang model yang ada masih disumbangkan dari sejumlah merek ‘underrated’.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives