Suzuki Avenis 125 vs Honda Vario 125, Pilih Mana?

RiderTua.com – Suzuki telah menghadirkan Avenis 125 sebagai motor matik terbarunya di Indonesia. Sehingga kini mereka punya skutik yang bisa melawan model di kelasnya, seperti Honda Vario 125. Baik Suzuki Avenis maupun Honda Vario masing-masing memiliki keunggulannya. Baik dari segi spesifikasi maupun harga.

Baca juga: Suzuki Avenis 125 Dibanderol Rp 30 Jutaan di Indonesia, Kok Bisa?

Suzuki Avenis dan Honda Vario Punya Keunggulan Tersendiri

Meskipun Avenis 125 hadir sebagai pendatang baru di kelasnya, tapi Vario 125 baru saja mendapat penyegarannya beberapa hari lalu. Dari penampilannya, keduanya sama-sama memiliki model yang bongsor, meski Avenis terlihat lebih kompak. Tapi ini membuatnya sedikit lebih pendek dari Vario.

Untuk sistem pengeremannya, keduanya mengandalkan rem depan cakram dan belakang tromol. Begitupun dengan suspensi depan teleskopik dan belakang swingarm yang juga sama pada kedua model tersebut. Namun untuk Avenis masih mengandalkan kunci biasa atau konvensional, sedangkan Vario sudah keyless.

(Astra Honda Motor)

Skutik Unggulan

Walau sama-sama skutik 125 cc, Avenis 125 ternyata memakai mesin 125 cc konvensional, dengan SEP (Suzuki Eco Performance) bertenaga 8,7 ps dan torsi 10 Nm. Vario mengandalkan mesin 125 cc SOHC eSP yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 11,1 ps dan torsi 10,8 Nm. Sudah terlihat jelas kalau Vario lebih unggul dalam hal performanya.

Kemudian untuk harganya, Avenis 125 dibanderol Rp 29,97 juta, jauh lebih mahal dari Vario 125 dengan harga Rp 22,35 juta sampai Rp 24,25 juta. Memang Avenis masih didatangkan langsung dari India, sedangkan Vario tidak. Suzuki sendiri tidak punya rencana untuk memproduksinya secara lokal, tidak seperti model lainnya.

Mungkin dari modelnya, Avenis 125 memang masih cukup bagus, walau agak terlihat kurang familiar bagi konsumen. Tapi dari segi performa dan harga masih kalah dari rival terkuatnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives