Categories: MotoGP

Marc Marquez Mengharapkan Ada Langkah Besar di Tes Sepang

RiderTua.com – Prototipe RC213V baru versi 2023 tidak meyakinkan Marc Marquez di tes Valencia. Juara MotoGP enam kali itu menegaskan bahwa Honda harus bekerja lebih keras di tes Sepang pada Februari. Ada 3 motor yang diuji coba di pit Marquez di Valencia pada hari Selasa. Fitur baru yang paling mencolok dari luar adalah bagian belakang baru pada RC213V. “Pada dasarnya kami menguji motor prototipe. Motor dibekali aerodinamis baru, mesin yang sama dengan perubahan kecil dan sasis yang berbeda. Itu saja, kami tidak mencoba banyak hal, tetapi berkonsentrasi hanya pada prototipe,” jelas pemenang MotoGP 59 kali itu.

Marc Marquez: Saya Mengharapkan Ada Langkah Besar di Tes Sepang

Apakah ada peningkatan di bagian depan motor, dimana para pembalap Honda mengeluhkan masalah ini sepanjang musim? “Itu bukan perbedaan besar. Kami memiliki sedikit perasaan bagus di bagian depan, tetapi kemudian ada masalah di bagian lain. Jadi itu dimaklumi. Kedua motor mencatatkan waktu yang sangat mirip,” jawab Baby Alien.

Namun, apakah Marquez senang dengan apa yang diberikan HRC pada tes resmi terakhir sebelum liburan musim dingin, atau apakah dia mengharapkan lebih? “Tidak, tentu saja kita selalu berharap lebih, tapi itu tidak ada. Tetapi yang paling penting adalah, Honda bekerja dan kami tahu bahwa mereka akan bekerja lebih keras untuk tes bulan Februari ketimbang untuk saat ini. Saya mengharapkan ada langkah besar di tes Sepang pada bulan Februari,” tegas rider berusia 29 tahun itu.

Tapi juara MotoGP 6 kali itu juga tidak bisa kecewa. “Saya mengharapkan lebih karena kita selalu menginginkan lebih dan lebih. Saya tidak bisa mengatakan saya kecewa karena Honda sudah bekerja. Mereka mencoba, mereka membawa motor baru, tetapi kami membutuhkan lebih banyak jika kami ingin bertarung untuk Kejuaraan Dunia. Dengan motor yang kami dapatkan di sini, kami tidak akan mampu bertarung untuk kejuaraan dunia,” pinta Marquez dengan sangat jelas.

Apakah setidaknya tes berjalan ke arah yang benar? “Ya, satu masalah berjalan ke arah yang benar. Tetapi seperti yang kami perkirakan, kami meningkat di satu area dan kemudian kalah di area yang lain. Jadi ini adalah tentang kompromi. Tapi kami selalu menggabungkan dengan karakter yang sama atau masalah yang kurang lebih sama.”

Grip Belakang Masih Bermasalah

Apakah grip roda belakang sudah membaik? “Tidak, tidak,” tegas Marquez.

Apakah mesinnya mengalami peningkatan? “Ya saya senang karena torsinya sedikit lebih banyak, tapi hanya sedikit. Kita butuh langkah yang lebih besar jika ingin lebih dekat dengan pabrikan lain,” tegasnya.

Namun, Marquez yakin dia telah melihat tanda perubahan dalam cara kerja pit Honda. “Ada banyak karyawan dari Jepang di dalam garasi. Sudah lama sejak saya melihat reaksi seperti ini. Itu sinyal. Kita telah menerima banyak informasi. Seperti yang kita lihat, saya tidak melakoni banyak lap hari ini. Saya menguji apa yang harus saya uji, itu saja. Maka tidak ada gunanya mendapatkan ban soft dan mengejar waktu. Karena ‘time attack’ tidak menunjukkan potensi sebenarnya dari motor. Saya hanya melakukan pekerjaan saya dan memberi masukan saya. Sekarang mereka harus bekerja dengannya di musim dingin,” rangkum Marc setelah melahap 50 lap dalam tes hari Selasa.

Pembalap asal Spanyol itu mendapatkan dua rekan semerek baru untuk tahun 2023 yakni Joan Mir dan Alex Rins, yang masih menunggangi Suzuki GSX-RR pada hari Minggu. Apakah Marc sudah berbicara dengan Mir tentang kesan pertamanya dengan RC213V? “Tidak, tapi aku mendengar sedikit komentarnya. Pada awalnya mereka sedikit terkejut. Tapi sekarang tampaknya menjadi lebih baik selangkah demi selangkah. Kami tahu bahwa sulit untuk mengatur catatan waktu yang konsisten dengan motor ini. Tapi kami berada di salah satu trek terbaik untuk motor,” ungkap Marc Marquez.

Bisakah pendatang baru bisa membantu dalam pengembangan, atau akankah Honda lebih mengandalkan Marquez dan Nakagami? “Mereka jelas merupakan bagian dari Honda dan komentar pertama serta kesan pertama mereka sangat penting bagi kita. Karena ketika kita mengendarai motor dan kita berbakat seperti Mir dan Rins, kita terbiasa dengan masalah dan kita mulai beradaptasi dengan masalah itu. Mereka berbakat dan mereka akan cepat,” kata Baby Alien.

“Tapi kita bisa melihat dari catatan waktu, apakah itu motor yang simple atau tidak. Jika itu motor yang mudah, kita keluar di trek dan kita membukukan catatan waktu yang sama dengan yang lain. Jika ini adalah motor yang sulit, kita pergi ke trek dan kita perlu membalap sepanjang hari untuk mencapai catatan waktu yang dapat diterima,” pungkas rider asal Spanyol itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024