Categories: MotoGP

CryptoDATA Pemilik Saham Mayoritas Tim RNF

RiderTua.com – CryptoDATA Tech dan pemilik tim RNF Racing Razlan Razali secara resmi mengumumkan kerjasama pada hari Jumat di Valencia. Perusahaan asal Rumania itu akan bergabung dengan tim satelit MotoGP asal Malaysia itu sebagai sponsor utama baru, karena perusahaan energi WithU memutuskan berhenti setelah 1 tahun meskipun memiliki kontrak selama 3 tahun. Kesepakatan tersebut bukan hanya sebagai sponsor tapi juga mengambil alih saham mayoritas di RNF.

CryptoDATA Pemilik Saham Mayoritas Tim RNF

Tetapi CEO CryptoDATA Ovidiu Toma dan pakar strategi global Bogdan Maruntis (pertama kali muncul sebagai sponsor nama seri di GP Austria pada tahun 2022 dan sekarang juga menjadi sponsor pribadi Jorge Martin) memiliki rencana jangka panjang untuk tim RNF, yang pindah ke Aprilia setelah musim ini dengan pasangan pembalap baru Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

CEO Ovidiu Toma mengatakan, “Kami juga telah menjadi pemegang saham utama di RNF Racing Limited, tetapi Razlan Razali akan tetap sebagai kepala tim. Kami ingin bertarung untuk podium dalam 2 atau 3 tahun.”

Dan ahli strategi CryptoDATA Maruntis menambahkan, “Kami memiliki kontrak tanpa batas dengan RNF, perencanaan kami saat ini meluas hingga 2026. Tetapi kerja sama akan melampaui titik waktu ini, karena kami adalah mitra, pemegang saham sekaligus teman.”

Razlan Razali memimpin tim Petronas Yamaha sebagai kepala tim selama 3 tahun. Pada tahun 2020 dia merayakan 6 kemenangan balap bersama Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Dan sebagai tim satelit terbaik dan Franky menjadi runner-up dalam kejuaraan dunia di belakang Joan Mir (juara dunia MotoGP 2020). Selain itu, bos tim asal Malaysia itu juga membalap dengan Valentino Rossi pada 2021 di musim MotoGP terakhirnya sebelum Petronas pergi dan WithU masuk.

Namun, duet pembalap Andrea Dovizioso dan Darryn Binder sebagian besar tampil tidak sesuai harapan pada 2022. Kemudian Cal Crutchlow menggantikan Dovi yang memutuskan pensiun sejak GP Misano. Rookie dari kelas Moto3, Darryn berhasil finis ke-10 di GP Mandalika pada Maret lalu sebagai hasil terbaiknya.

“Setahun yang lalu kami membangun tim balap baru di atas ‘abu’ tim pendahulu kami. Sejak itu saya mengalami banyak drama dan episode. Kami kehilangan Petronas sebagai sponsor setelah 2021, dan harus membangun kembali tim RNF dari awal dalam beberapa bulan. Kami mengalami tahun yang sulit di 2022. Saya tidak ingin pemilik tim lain mengalami kemunduran seperti ini,” jelas Razali merujuk pada tim Petronas yang memiliki Sirkuit Sepang.

“Saya sekarang mendirikan dan membangun tim MotoGP kedua saya dalam 3 tahun. Kami kehilangan dua sponsor utama dalam 13 bulan, yang ternyata menjadi tantangan besar. Tetapi dengan dukungan dari CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, yang merancang kesepakatan ini dengan CryptoDATA, asa kami pun tumbuh kembali,” imbuh Razali.

Razlan Razali menambakan, “Kami telah bertemu dengan Bogdan Maruntis dari CryptoDATA di GP Aragon untuk melihat apakah perusahaannya ingin mendukung tim sebagai sponsor utama. Tapi tiba-tiba kolaborasi kami berkembang menjadi proyek yang jauh lebih besar.”

“Sudah menjadi niat saya untuk membawa investor dan mitra strategis bersama RNF dalam jangka panjang yang percaya pada keberlanjutan tim satelit MotoGP dan mendukungnya dalam semua aspek, sebagai sponsor dalam pemasaran, dalam aktivitas konsumen dan lainnya. Dengan CryptoDATA kami dapat meningkatkan dinamika penampilan kami dan membawanya ke level yang baru. Saya senang CryptoDATA sekarang menjadi pemilik mayoritas RNF Racing Limited,” lanjutnya.

BTW, nama perusahaan RNF diambil dari nama anak-anak Razali: Razali, Nadia dan Farouk.

CEO Crypto-DATA Ovidiu Toma mengatakan bahwa, dia dan Maruntis sama-sama memiliki latar belakang sebagai penggemar motorsport yang aktif. “Perusahaan kami tidak ada hubungannya dengan mata uang kripto sama sekali. Kami mengembangkan hardware dan software untuk keamanan siber dan ingin menjangkau pelanggan di seluruh dunia melalui platform MotoGP. Kami juga mengembangkan sistem global untuk transmisi data yang aman dan melalui kemitraan kami dengan RNF, kami ingin menangani dan menjangkau klien kaya di seluruh dunia,” pungkas Ovidiu Toma.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024