Categories: MotoGP

Razlan Razali: Ada Pengumuman Penting di Valencia

RiderTua.com – Untuk tim RNF milik Razlan Razali, era bersama Yamaha akan berakhir pada hari Minggu di balapan final MotoGP di Valencia. Hanya selang 2 hari kemudian, dua pembalap baru mereka (Miguel Oliveira dan Raul Fernandez) akan mengendarai motor Aprilia untuk pertama kali.

Sebagai informasi, Razlan Razali memiliki tim sendiri di kelas MotoGP sejak 2019. Saat itu, tim yang beroperasi di bawah bendera Petronas, selalu mengendarai Yamaha M1. Ketika Petronas mengumumkan mundur dari MotoGP pada tahun 2021, Razali maju dan mendirikan tim RNF.

Dengan rookie Darryn Binder dan pembalap top Andrea Dovizioso, tim memasuki musim 2022 dengan motivasi tinggi. Tetapi dengan cepat, harapan mereka berubah menjadi mimpi buruk. Dua pembalapnya selalu berada di ujung lintasan dan hampir tidak memiliki suara dalam perolehan poin. Pada akhirnya Dovi mengakhiri karirnya setelah GP Misano, dan Cal Crutchlow yang menggantikannya membawa angin segar bagi tim.

Usai GP Valencia ada perubahan besar di tim. Mereka tidak akan lagi menunggangi motor Yamaha. Miguel Oliveira dan Raul Fernandez mendapatkan kesempatan pertama untuk menjajal Aprilia RS-GP pada hari Selasa.

Namun sebelum itu, Razlan Razali mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat selama ini. “Ini merupakan musim yang panjang, sulit dan menantang bagi tim baru di tahun pertama RNF. Namun saya bersyukur, bahwa meskipun ada tantangan kami dapat menyelesaikan tahun pertama kami. Itu tidak mudah karena ini tentang performa di trek, pensiun dan kesulitan untuk dua peringkat terakhir di klasemen, sesuatu yang tidak kami harapkan,” kata pemilik tim asal Malaysia itu menjelang final di Spanyol.

“Tapi kami senang bisa sampai ke tempat kami sekarang. Mulai Selasa, proyek baru kami akan dimulai dengan pabrikan baru dan dua pembalap baru dengan tes musim dingin untuk 2023. Balapan terakhir di Valencia adalah tentang mengumpulkan beberapa poin untuk tetap di depan Tech3 dalam klasemen tim dan mengakhiri musim dengan cara terbaik,” kata mantan Managing Director Sirkuit Sepang itu.

Razali menambahkan, “Saya ingin berterima kasih kepada Darryn Binder atas semua yang telah dia lakukan untuk kami. Kami senang dengan penampilannya tahun ini. Itu menantang, dia pernah crash tetapi juga membalap dengan baik, yang terbaik di Mandalika. Dia mencetak poin dalam beberapa balapan dan merupakan pembalap Yamaha terbaik kedua. Datang dari Moto3 ke MotoGP, selalu sulit tapi saya pikir dia membuat tim dan dirinya bangga. Kami mendoakan yang terbaik bagi Darryn untuk tahun rookie Moto2-nya dan berharap dia bisa kompetitif dengan pengalaman MotoGP-nya.”

“Kami juga sangat senang dengan penampilan Cal Crutchlow, kami ingin berterima kasih padanya karena telah mendukung kami selama 6 balapan terakhir. Cal telah melakukannya dengan sangat baik setelah pensiun, dia memiliki karakter yang kuat. Dia masih cepat dan kami berharap dia sukses dalam pengembangan Yamaha tahun depan,” imbuhnya.

Bos tim asal Malaysia itu melanjutkan, “Saya juga ingin berterima kasih kepada kru yang telah berjuang bersama selama masa-masa tersulit tahun ini. Tanpa mereka, kami tidak akan menjadi tim. Kami masih memiliki satu balapan tersisa dan akan memanfaatkannya sebaik mungkin dengan bertindak seprofesional mungkin. Terimakasih secara khusus juga kami sampaikan kepada tim service providers dan pemasok yang luar biasa seperti Fast, Tecnove, Paul Sannen dan Impeco yang selalu membantu dan memberikan layanan terbaik untuk tim MotoGP.”

“Terakhir, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor kami yang telah mendukung kami di tahun pertama kami. Saya tahu itu bukan yang kita harapkan, tetapi ini adalah olahraga. Kita memenangkan beberapa hal tapi kita juga kehilangan beberapa hal, tetapi kami menantikan 2023. Di Valencia, tidak hanya menjadi balapan terakhir kami, tetapi ada beberapa pengumuman penting yang akan kami sampaikan selama akhir pekan. Itu hanya menunjukkan sikap positif tim untuk masa depan,” ungkap Razali.

Seperti diketahui, perusahaan ‘CryptoDATA Tech’ akan menjadi sponsor utama tim RNF tahun depan. Tapi tulisan tersebut sudah terpampang di motor Yamaha sejak GP Australia, dan kemitraan ini akan diperluas di masa depan. Ini adalah perusahaan yang berbasis di Rumania, yang mengembangkan solusi hardware dan software untuk keamanan IT berdasarkan teknologi blockchain.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024

Augusto Fernandez : Sekarang Pedro Acosta Adalah Pembalap Terbaik di Pabrikan KTM

RiderTua.com - Ketika rekan setimnya di GasGas Tech3 Pedro Acosta merayakan podium (finis ke-2) di COTA, Augusto Fernandez hanya mampu…

19 April 2024

Enea Bastianini Menemukan Kecepatannya Kembali, GP24 Sudah Nyetel?

RiderTua.com - Enea Bastianini menemukan kecepatannya kembali setelah finis ketiga di Texas, dia merasa berada di jalur yang benar, tahun…

19 April 2024