Categories: MotoGP

Aleix Espargaro: Semuanya Terbuka, Saya Percaya Peluang Saya

RiderTua.com – Dalam empat balapan MotoGP tersisa musim ini, Aleix Espargaro fokus untuk mengumpulkan poin dan memangkas jarak dari pemimpin klasemen Fabio Quartararo. Pembalap Aprilia itu mengalami bencana di Motegi dan ingin kembali tampil menyerang di Buriram. BTW, pada race hari Minggu di Mobility Resort Motegi, Aleix Espargaro punya peluang besar untuk mengejar poin di klasemen keseluruhan MotoGP karena Quartararo finis di posisi ke-8 sementara Pecco Bagnaia (Ducati) crash. Karena pembalap berusia 33 tahun itu harus balapan start dari pit lane, dia gagal mencetak poin dan kini dia tertinggal 25 poin di Sirkuit Internasional Chang di Buriram. Kesalahan manusia, meskipun dikatakan pabrikan Eropa lebih bagus dibanding Jepang di MotoGP..

Aleix Espargaro: Semuanya Terbuka, Saya Percaya Peluang Saya

“Saya cukup sedih. Tidak marah tetapi saya sedih setelah balapan. Hari Senin kami makan malam bersama seluruh tim, saya berbicara dengan semua orang. Saya menyayangi setiap orang di tim saya dan mereka bahkan lebih sedih dari saya. Saya adalah pemimpin tim dan saya memberi tahu mereka, ‘Bergembiralah, itu memang kesalahan, tetapi semua orang bisa membuat kesalahan. Itu manusiawi’,” tegas Aleix Espargaro.

Rider asal Spanyol yang tinggal di Andorra itu menambahkan, “Bahkan jika kami tidak membicarakan masalah ini secara langsung, saya tahu itu tidak akan terjadi lagi. 100 persen. Kami memanfaatkan bug ini untuk memeriksa semuanya lagi dan untuk meningkatkan semua operasional di masa depan. Kami ingin melihat, di mana masih ada potensi untuk perbaikan.”

“Saya sedih, bukan hanya karena kesalahan, tetapi bagaimana balapan berjalan. Tidak normal jika dua pemimpin klasemen memperebutkan posisi 8. Fabio dan Pecco sangat cepat di setiap trek, jadi itu mengejutkan saya,” kata Espargaro.

Fakta bahwa tidak ada pemimpin klasemen yang bertarung untuk 5 besar di Jepang bukanlah hal yang biasa. “Itu akan menjadi kesempatan untuk mengumpulkan poin. Tapi setelah itu kita tidak pernah tahu bagaimana jadinya. Ketinggalan 25 poin tidak terlalu banyak, level di MotoGP sangat tinggi. Pemimpin klasemen biasanya finis ke-3 atau ke-4 pada hari yang buruk. Hari ini dia keluar dari 10 besar. Semuanya terbuka dan saya percaya pada peluang saya,” jelas kakak Pol Espargaro (Repsol Honda) itu.

Apakah Aleix dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaannya minggu ini atau apakah dia masih kepikiran mengenai kesulitannya minggu lalu? “Aku sudah tak memikirkannya.  Sekarang kami punya skenario baru dan sesuatu yang berbeda dapat terjadi setiap minggu. Jadi saya akan mencoba untuk menebus poin di sini,” jawabnya.

MotoGP terakhir di Buriram digelar pada 2019. Apakah Aleix menyukai tata letak trek dan bagaimana dia menilai peluangnya di akhir pekan? “Saya tidak bisa mengatakan dengan pasti, itu lucu. Saya tidak begitu ingat tata letaknya dan kita tidak dapat membuat perbandingan karena motor adalah cerita yang berbeda tahun ini. Saya berharap kami bisa balapan di trek kering,” ujar suami Laura Montero itu.

“Dalam balapan hujan saya bisa cepat di Jepang. Anehnya saya benar-benar kuat di lintasan basah. Jika hujan maka itu bisa menjadi kemungkinan yang baik bagi kami, karena lebih banyak hal aneh yang bisa terjadi dalam kondisi seperti ini,” pungkas Aleix Espargaro.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta Bukan Pembalap Biasa, Dia Sangat Unik.. Ini Bedanya!

RiderTua.com - Bos teknis KTM MotoGP Sebastian Risse terkesan dengan performa awal luar biasa yang ditunjukkan rookie Pedro Acosta di…

3 Mei 2024

Pedro Acosta Bersiap Teken Kontrak Baru dengan KTM

RiderTua.com - Pedro Acosta dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk menandatangani kontrak baru dengan KTM. Rookie berusia 19 tahun itu tampil mengesankan…

3 Mei 2024

Kelemahan Motor RS-GP24? Ini Kata Direktur Teknik Aprilia

RiderTua.com - Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, menjelaskan apa yang kurang dari RS-GP dan anak buahnya untuk membidik gelar juara…

3 Mei 2024

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com - Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan.…

3 Mei 2024

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024