Categories: MotoGP

Line-up MotoGP 2023: Hampir Semua Tempat Terisi

RiderTua.com – Sebagian besar tempat di grid start MotoGP 2023, yang menyusut menjadi 22 pembalap telah terisi. Hingga saat ini Repsol-Honda belum mengumumkan penandatanganan Joan Mir (bersama Marc Marquez) dan Ducati Lenovo juga belum mengkonfirmasi siapa yang akan menjadi rekan setim Pecco Bagnaia. Saat ini Jorge Martin tampaknya mempunyai peluang yang lebih baik ketimbang Enea Bastianini. Pada bulan Mei dan Juni lalu, peluang Martinator di Ducati Corse masih 70 persen. Selain itu, tim LCR-Honda juga belum mengkonfirmasi Taka Nakagami dan tim GASGAS-Tech3 berharap Miguel Oliveira mau membalap bersama mereka.

Line-up MotoGP 2023: Hampir Semua Tempat Terisi

Aprilia Racing memperpanjang kontrak Aleix Espargaro dan Maverick Vinales untuk 2 tahun lagi. Sementara itu pemimpin klasemen Fabio Quartararo akan melanjutkan di Monster Yamaha hingga akhir 2024. Brad Binder dan Jack Miller akan bersaing di Red Bull-KTM selama 2 tahun ke depan.

Tim satelit sebagian besar juga telah menentukan pembalapnya. Di Assen, Gresini Racing mengumumkan bahwa Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez menjadi pasangan pembalap baru. Pasangan ini akan menungganggi motor Desmosedici GP22, yang tidak selalu menjadi kerugian besar mengingat Bastianini memenangkan 3 balapan pada tahun 2022 dengan motor Ducati yang berusia 1 tahun dan rookie Bezzecchi mampu finis ke-2 di TT Belanda dengan mesin seperti itu. Bestia kalah 0,4 detik dari pemenang Bagnaia dan mengamankan pole position di Spielberg.

Ducati masih akan diperkuat 8 pembalap pada 2023, 4 di antaranya dipastikan dibekali mesin GP23 yakni tim pabrikan Lenovo serta Prima Pramac Racing dengan Jorge Martin atau Enea Bastianini (belum 100 persen disegel) dan Johann Zarco.

Apakah tim Mooney VR46 Valentino Rossi akan menerima model Ducati GP22 untuk Marco Bezzecchi dan Luca Marini, atau setidaknya satu pembalap akan menerima GP23, masih dalam negosiasi.

Pemilik tim Pramac Paolo Campinoti masih menunggu untuk melihat, apakah dia akan menyerahkan Martin untuk ditukar dengan Bastianini dari Gresini. “Itulah yang diputuskan Gigi Dall’Igna. Saya hanya tangan kanannya,” ujar Campinoti sambil tertawa.

Tim LCR Honda telah diperkuat dengan pemenang MotoGP tiga kali Alex Rins, dan Taka Nakagami kemungkinan besar akan mendapatkan musim keenamnya. Pemimpin klasemen Moto2 Ai Ogura harus menunggu 1 tahun lagi sebelum berganti kelas.

Miguel Oliveira telah menandatangani kontrak awal dengan tim satelit WithU RNF Aprilia yang baru. Tapi Bos KTM Stefan Pierer dan Pit Beirer memberinya proposal baru di Spielberg dan menawarinya kontrak 3 tahun untuk tim Tech3 GASGAS yang baru bersama Pol Espargaro. “Dia harus memutuskan pada akhir minggu ini,” tegas Stefan Pierer.

Dan apakah Oliveira bergabung dengan Aprilia karena kontrak awal? “Kemudian Augusto Fernandez adalah solusi logis untuk tempat kedua di Tech3,” jelas Stefan Pierer.

Pembalap KTM Tech3 saat ini Raul Fernandez kini telah menerima persetujuan untuk hengkang dari KTM. Biaya transfer dikurangi dari 900.000 euro (Rp 13,3 miliar) pertama menjadi 500.000 euro (Rp 7,4 miliar) dan akhirnya menjadi sekitar 100.000 euro (Rp 1,4 miliar). Runner-up Moto2 2021 itu akan bergabung dengan WithU Aprilia RNF.

Oleh karena itu, tim Tech3 tidak akan lagi mempekerjakan Remy Gardner dan Raul Fernandez.

Untuk pertama kalinya di era MotoGP, Yamaha tidak akan memasok tim satelit pada 2023. Kemungkinan besar juga tidak pada 2024, karena tim VR46 Rossi terikat kontrak dengan Ducati hingga akhir 2024 dan Gresini hingga akhir 2023. Namun bos tim Gresini Nadia Padovani ingin memperpanjang kontrak 1 tahun lagi dalam waktu dekat untuk meningkatkan keamanan perencanaan.

Tim pabrikan MotoGP 2023:

  • Red Bull KTM (Brad Binder, Jack Miller)
  • Ducati Lenovo (Pecco Bagnaia, Jorge Martin?)
  • Monster Yamaha (Fabio Quartararo, Franco Morbidelli)
  • Aprilia Racing (Aleix Espargaro, Maverick Vinales)
  • Repsol Honda (Marc Marquez, Joan Mir)

Tim Satelit 2023:

  • Tech3-GASGAS (Pol Espargaro, Miguel Oliveira? Augusto Fernandez?)
  • Prima Pramac Ducati (Johann Zarco, Enea Bastianini?)
  • WithU-Aprilia (Miguel Oliveira? Raul Fernandez?)
  • Mooney VR46 Ducati (Luca Marini, Marco Bezzecchi)
  • Gresini Racing Ducati (Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio)
  • LCR Honda (Alex Rins, Taka Nakagami?)

Tags: motogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024

Masalah Ducati Terpecahkan Mereka Telah Menemukan Solusinya

RiderTua.com - Akhir pekan MotoGP di Jerez sangat positif bagi Ducati dengan tiga pebalapnya naik podium dan tes konstruktif untuk…

6 Mei 2024

Marc Marquez Tidak Tepat di Tim Pabrikan Ducati, Ini Alasannya!

RiderTua.com - Mantan pembalap Neil Hodgson menegaskan, "Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati? Saya melihatnya tidak tepat. Tetapi kenapa mereka…

5 Mei 2024

Tak Seperti Biasanya KTM Tampil Mengecewakan di Jerez Musim Ini

RiderTua.com - Dalam upaya menjadi penantang utama Ducati, balapan akhir pekan KTM di Jerez berakhir mengecewakan. Brad Binder berhasil P6…

5 Mei 2024

Neta V-II Dijual Lebih Murah Dari Neta V Karena Ini

RiderTua.com - Neta sebelumnya merilis Neta V di Indonesia sejak tahun lalu, dan sukses terjual hingga ratusan unit. Kini mereka…

5 Mei 2024