Miguel Oliveira: Saya Balapan Seolah Saya Tetap di KTM Musim Depan

RiderTua.com – Dengan menempati posisi ke-6 pada timesheets gabungan FP1 dan FP2, Miguel Oliveira menjadi pembalap KTM tercepat di Silverstone pada hari Jumat. Rider asal Portugal itu hanya terpaut 0,2 detik dari waktu tercepat yang ditorehkan Fabio Quartararo (Yamaha). Sebagai informasi, El Diablo mencetak rekor pada hari Jumat. Pembalap asal Prancis itu melaju 1:58,946 menit, 0,217 detik lebih cepat dari Oliveira dengan KTM RC16 di tempat ke-6. Dari posisi 2 hingga 12, jarak semua pembalap sangat berdekatan yakni hanya dalam 0,3 detik.

Miguel Oliveira: Saya Balapan Seolah Saya Tetap di KTM Musim Depan

“Di sesi latihan pagi saya tidak langsung merasa nyaman dengan motornya, di sore hari kami membuat langkah kecil dan kami kompetitif. Saya senang dan saya melihat ada waktu untuk perbaikan. Pada lap tercepat saya, saya membuat kesalahan di tikungan 7 dan kami juga punya ide tentang bagaimana meningkatkan pengendalian motor di tikungan. Tujuannya adalah untuk langsung lolos ke Q2 dan lalu dapatkan posisi grid yang bagus,” ujar Miguel Oliveira.

Sama seperti rekan setimnya Brad Binder, Oliveira dibekali knalpot baru Akrapovic yang tidak terlihat seperti keuntungan, tetapi secara teknis memang demikian. “Kami mencoba mencari sedikit power lebih melalui knalpot,” jelas pembalap berusia 27 tahun itu.

Oliveira menambahkan, “Dalam tes perbandingan, saya tidak melihat perbedaan besar dalam kecepatan atau performa, tetapi getarannya lebih sedikit. Saya lebih suka knalpot baru, membuat mesin terasa lebih halus dan suaranya juga berbeda. Ini adalah knalpot yang sama, yang kami uji di Jerez yang saat itu merupakan prototipe pertama. Kemudian knalpot itu dikembangkan lebih lanjut dan ini adalah produk akhir. Di Jerez, knalpotnya sangat sunyi sehingga saya tidak bisa mendengar suara motor saya sendiri. Sekarang secara signifikan lebih keras, tetapi tetap memastikan bahwa lebih bagus.”

Oliveira masing-masing finis di posisi ke-9 di 4 balapan terakhir, KTM tampaknya telah membuat kemajuan. “Tim saya bekerja sangat baik, mereka memberi saya feeling yang saya butuhkan untuk bisa membalap sedikit lebih cepat,” puji putra Paulo Oliveira yang juga bertindak sebagai menajernya itu.

“Dengan begitu saya bisa nge-push sedikit lebih keras dan motor bekerja lebih baik. Saya terus membalap seolah-olah akan berlanjut dengan KTM musim depan. Kontrak untuk tahun depan seharusnya ditandatangani pada bulan November, bukan Mei. Tapi begitulah dalam olahraga. Kedua belah pihak akan memberikan yang terbaik sampai Valencia,” pungkas Oliveira.

BTW, Oliveira akan bergabung dengan Tim RNF Aprilia untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2023.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page