Categories: MotoGP

Tim Mooney VR46 akan Pindah ke Yamaha?

Mooney VR46 Racing Team RiderTua.com – Sejak tahun 1977, Yamaha selalu mempunyai tim satelit. Tetapi untuk 2023, pertama kalinya mereka tidak memasok tim satelit. Bagaimana dengan kemungkinan tim Mooney VR46 milik Valentino Rossi membelot dari Ducati untuk bergabung dengan pabrikan asal Jepang itu? “Kita tidak pernah tahu,” kata bos balap Ducati, Gigi Dall’Igna.

Ducati mempunyai hubungan baik dengan tim VR46. Karena sang pemilik tim Valentino Rossi mengemudikan mobil sport Audi untuk balapan, dan Ducati telah menjadi bagian dari Audi Group sejak 2012. Di sisi lain, Yamaha tidak dapat menawarkan Rossi kesepakatan mobil sport.  “Itu benar,” pungkas Gigi Dall’Igna sambil tertawa.

Tim Mooney VR46 Yamaha?

Yamaha memasuki Kejuaraan Dunia 500cc untuk pertama kalinya pada tahun 1974 dengan mesin 500cc 4-silinder. Saat itu dengan duo pembalap Teuvo ‘Tepi’ Lansivuori dan Giacomo ‘Ago’ Agostini, yang langsung finis di belakang duo 4-tak MV Agusta Phil Read dan Gianfranco Bonera di peringkat 3 dan 4 dalam klasemen secara keseluruhan.

Setahun kemudian, Ago berhasil meraih juara dunia dengan Yamaha. Dan pada awal 1977, tim satelit Yamaha muncul di Kejuaraan Dunia 500cc. Steve Baker berkompetisi untuk Yamaha Kanada dan menjadi runner-up di belakang Barry Sheene (Suzuki), dengan Cecotto di Venemotos-Yamaha menempati peringkat 4 di Riders’ Championship. Sejak itu, Yamaha berulang kali memasok tim satelit di kelas utama.

Ini akan berakhir untuk sementara waktu setelah musim 2022. Pabrikan motor terbesar kedua di dunia itu hanya akan membekali Monster Yamaha Factory Team dengan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Pasalnya, tim satelit Petronas Yamaha telah membelot ke Aprilia Racing. Sementara tim Tech3-Yamaha sudah memilih KTM pada 2019.

Tidak dapat Bantuan Dorna

Tanpa tim satelit, jelas Yamaha akan mendapatkan lebih sedikit data dan tidak ada bakat yang dapat dibangun. Karena tim baru Yamaha Master Camp Moto2 secara internal tidak dapat menawarkan bakatnya atau peluang apa pun untuk kemajuan. Dan tanpa tim satelit, hibah Dorna sekitar 2 juta euro (Rp 30 miliar) hilang.

Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing, juga mengakui bahwa tidak mungkin untuk memasok tim satelit untuk tahun 2024.

Karena LCR berkolaborasi dengan Honda, Pramac dengan Ducati, Mooney VR46 mempunyai kontrak 3 tahun dengan Ducati hingga akhir 2024, dan Gresini Racing ingin memperpanjang kontrak 2 tahun dengan Ducati hingga akhir 2024. Tech3 juga dibatalkan sebagai mitra, kontrak dengan Pierer Mobility AG bahkan diperpanjang hingga akhir 2026. Dan tim WithU-RNF telah menyetujui kesepakatan dengan Aprilia setidaknya selama 2 tahun.

Tapi sudah menjadi rahasia umum bahwa Yamaha ingin membujuk tim Mooney VR46 Valentino Rossi (pembalap Marco Bezzecchi dan Luca Marini) untuk pindah ke motor YZR-M1.

Apakah Ducati Corse khawatir tentang hal itu? “Saat ini kami mempunyai kontrak dengan tim VR46 dan kami cukup senang dengan kerja sama yang kami miliki dengan mereka. Kami rasa, skuat VR46 cukup senang dengan hasil saat ini. Tapi kita tidak pernah tahu. Akan menjadi tidak biasa, bahkan bagi saya untuk tidak melihat tim satelit Yamaha di lintasan pada tahun 2023,” ujar Gigi Dall’Igna.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Race 1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil Race 1 WSBK Belanda 2024.. Pembalap pengganti Danillo Petrucci, Barni Spark Racing Team, Nicholas…

20 April 2024

Yamaha Bisa Ikuti Jejak Suzuki Keluar dari MotoGP?

RiderTua.com - Yamaha harus mengembangkan mesin V4 agar mempercepat kemajuan mereka, yang diharapkan akan membuat mereka bertahan di MotoGP dalam jangka…

20 April 2024

Hasil Superpole WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil Superpole WSBK Belanda 2024 .. Sesi ini tetap berlangsung dalam kondisi basah.. Jonathan Rea…

20 April 2024

Hasil FP3 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP3 WSBK Belanda 2024 ... Sabtu (20/4/2024), Pembalap Aruba.it Racing , Nicolo Bulega, membuat…

20 April 2024

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024