Pol dan Remy Gardner Memakai Motor GASGAS Tahun Depan?

RiderTua.com – Pit Beirer selaku Direktur Motorsport KTM, GASGAS dan Husky berbicara mengenai semua detail tentang kontrak Miguel Oliveira, Raul Fernandez, dan Remy Gardner. Selain itu bos berusia 49 tahun itu ‘tidak menampik’ masuknya GASGAS ke MotoGP. BTW, di kelas Moto3 Pierer Mobility AG (dengan merek KTM, GASGAS, Husqvarna dan CFMOTO) mendominasi TT Belanda di Assen. Ayumu Sasaki (Husqvarna) berhasil merayakan kemenangan di depan dua pembalap GASGAS Izan Guevara dan Sergio Garcia. Sementara Xavier Artigas finis di posisi ke-5 (CF-Moto), kemudian menyusul empat KTM yang finis di tempat 6 sampai 10. Hanya ada satu Honda yakni Tatsuki Suzuki yang finis di posisi 4, yang mengganggu skuat Pierer. Dan di klasemen, Dennis Foggia unggul 67 poin di belakang pemimpin klasemen Garcia sebagai pembalap terbaik Honda. Namun apakah benar Pol dan Remy pakai GASGAS tahun depan?

Pit Beirer Berbicara Tentang Miguel Oliveira, Remy Gardner dan GASGAS

KTM juga meraih kesuksesan di kelas Moto2 di Assen. Augusto Fernandez dari tim Red Bull KTM-Ajo meraih kemenangan ketiga musim ini, sekarang dia menjadi runner-up di klasemen dengan perolehan poin yang sama (146 poin) dengan pemuncak klasemen Celestino Vietti.

Di kelas MotoGP, dua pembalap KTM Oliveira berada di posisi 8 dan Brad Binder ke-10 di kualifikasi TT Assen. Sementara di balapan, Binder finis di posisi ke-5 (hanya 2,7 detik di belakang pemenang Pecco Bagnaia) dan Oliveira mengamankan posisi 9 untuk keempat kalinya berturut-turut seperti pada balapan sebelumnya di Mugello, Catalunya dan di Sachsenring.

Namun Pit Beirer selaku Motorsport Director Pierer Mobility AG, dalam beberapa pekan terakhir sangat sibuk mengisi tiga tempat tersisa di MotoGP 2023. Karena hanya Brad Binder yang mempunyai kontrak tetap hingga akhir 2024.

Sementara itu, KTM sudah memastikan bahwa Jack Miller akan menggantikan Oliveira di Red Bull-KTM. Pol Espargaro kembali ke Pierer Group setelah 2 tahun gagal di Honda. Pembalap berusia 30 tahun itu akan menjadi rider nomor 1 di Tech3. Selain itu, tim satelit milik Herve Poncharal itu akan pindah dari KTM RC16 ke mesin 1000cc V4 GASGAS yang identik untuk tahun 2023 .

Kemungkinan besar, Remy Gardner akan menjadi pembalap kedua di GASGAS-Tech3. Oleh karena itu, Pierer Group akan memperpanjang kontrak pembalap MotoGP asal Australia tersebut.

Dalam sebuah wawancara, untuk pertama kalinya Pit Beirer berkomentar secara detail tentang transfer MotoGP. Sejauh ini KTM akan menempatkan Binder dan Miller di tim Pabrikan Red Bull. Tetapi jika media mengatakan Pol Espargaro akan kembali dan balapan di Tech3 pada tahun 2023, bukankah Pit akan sangat tidak setuju?

Pit Beirer menjawab, “Ini adalah informasi baru bagi saya. Tapi menurut media Jerman, biasanya itu rumor sangat kuat. Tetapi saat ini saya ingin berurusan secara intensif dengan para pembalap yang masih terikat kontrak. Kami masih harus menjalani setengah musim lagi, kami ingin kembali meraih kesuksesan.”

Meski demikian, jalannya transfer tetap menarik. Sekarang Remy Gardner dan Raul Fernandez membalap di Tech3. Raul ingin pindah ke WithU-Aprilia bersama Oliveira. Tapi apakah dia harus membayar biaya transfer hingga 1,3 juta euro (Rp 20 miliar) ke KTM?

Pit menegaskan, “Jumlah ini tidak benar. Tapi Raul Fernandez, seperti juga Miguel Oliveira, punya hubungan kontrak dengan kami. Dan itu harus diselesaikan dengan baik. Saya tidak ingin mengatakan lebih banyak tentang itu, karena ini adalah misteri yang belum terpecahkan.”

Miguel Oliveira Bebas Transfer

Bukankah Miguel Oliveira bebas transfer jika ingin keluar dari KTM? “Ya, Miguel bebas karena kami tidak pernah menebus perpanjangan kontraknya. Kami mengaturnya seperti itu karena kami punya hubungan yang sangat baik dengannya. Dia masih punya kesempatan untuk berbicara dan bernegosiasi dengan kami tentang tempat di Tech3 untuk 2023. Tawaran itu masih ada,” ujar bos asal Australia itu.

Pit menambahkan, “Tapi kami tidak menghalangi Miguel menandatangani kontrak baru di tempat lain. Dia tidak harus menebus transfernya sama sekali. Karena kami menghormati apa yang telah dia capai dalam 7 tahun bersama kami.”

Pada akhir Mei, terjadi perselisihan dengan Remy Gardner. Pit menyebut manajernya Paco Sanchez sebagai wabah terburuk karena mengkritik gaji Remy 2023 dan kru teknis Tech3 kepada media. Apakah ada dasar untuk melakukan negosiasi lagi?

“Karena tidak ada yang harus dibahas lagi. Paco Sanchez secara brutal membuat saya kesal dengan pernyataannya. Jadi, itu selesai bagi saya. Saya akan menghadapi Remy seperti biasa, karena kami masih sangat termotivasi untuk menyelesaikan proyek MotoGP kami dengan Remy,” imbuh Pit.

“Remy menjalani dua akhir pekan yang sangat bagus di Barcelona dan di Sachsenring. Di Assen itu, dia mengalami kesulitan lagi. Tapi saya pikir, masih memungkinkan untuk menempatkan Remy sebagai rookie terbaik. Itu adalah tujuan yang realistis untuk paruh kedua musim ini. Kami tidak menyerah pada masa depan dengan Remy, kami ingin melakukan yang lebih baik dari itu. Kami ingin terus bersamanya di tahun 2023.”

Jadi apakah Pit akan setuju? Karena pemilik tim Tech3 Herve Poncharal juga ingin mempertahankannya. “Ya, tetapi sekarang kami sadar bahwa kami seharusnya tidak secara otomatis memaksakan kontrak kami jika pembalap tidak sepenuhnya senang dan puas dengan kami. Kalau tidak, akan sulit begitu mendaptkan masalah dalam balapan dan harus diselesaikan. Dan di MotoGP tidak ada balapan akhir pekan yang mudah. Dalam situasi ini kita harus tetap bersatu, sebagai tim dan sebagai teman,” jawab Pit.

Pit melanjutkan, “Itu sebabnya kami tidak ingin menebus opsi untuk Remy di luar keinginannya. Tetapi kami ingin duduk bersama di meja dan mempertimbangkan, apakah itu hal yang benar untuk dilakukan jika kami terus memulai bersama di masa depan. Kami ingin meluangkan waktu, karena kami juga ingin mendengar komitmen dari Remy, bahwa dia percaya pada proyek, tim, dan motor kami. Karena kami percaya padanya.”

Akhir-akhir ini ada beberapa balapan di mana Brad Binder hanya kalah 4 detik dari pemenangnya,bahkan di Assen hanya kalah 2,7 detik. Jadi KTM RC16 bukanlah motor tanpa harapan? “Ya, target podium dalam jangkauan lagi dalam hal kecepatan motor dan keterampilan membalap rider kami. Kami telah merencanakan lebih dari sekadar langkah-langkah kecil dalam hal materi untuk tahun depan. Akan ada banyak hal di trek yang akan membuat para pembalap bersenang-senang. Tapi kita tahu, kompetisi tidak akan tidur,” kata Pit.

“Itulah mengapa kita membutuhkan kepercayaan penuh dari kedua belah pihak. Dari pabrikan ke pembalap dan dari pembalap ke pabrikan. Karena gap di MotoGP sangat dekat. Itulah mengapa kita benar-benar harus bersatu jika ingin bertahan.”

Pol dan Remy Pakai GASGAS?

Merek mana yang harus digunakan Remy Gardner di Tech3 untuk tahun 2023, KTM atau GASGAS? Menurut informasi, mereka akan memakai GASGAS yang identik. Itu sebabnya kembalinya Pol Espargaro masuk akal.

“Seharusnya pertanyaan ini ditujukan untuk bos saya Stefan Pierer. Saya tidak ingin melangkahi CEO kami pada kebijakan branding Grup. Saya bisa berjanji, dengan KTM kami pasti akan berada di sana. Bos Pierer masih harus memberitahu saya, segala sesuatu yang lain,” pungkas Pit.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page