Pol Espargaro: Sekarang Gaya Balapnya Cocok dengan RC213V Baru!

RiderTua.com – Pol Espargaro mempersiapkan musim keduanya sebagai pembalap Repsol Honda dalam situasi yang sama sekali berbeda dari tahun lalu. Jelas ada hubunganya dengan RC213V versi 2022 yang berubah total..  “Ini berbalik sepenuhnya (konsep motor). Sekarang saya bisa menerapkan gaya balap saya, yang sama sekali telah hilang (rear brake).. Semua orang senang di Honda, tidak ada yang bilang motor versi lama lebih baik,” katanya.. Tanda-tanda peningkatan Honda adalah Pol Espargaro menetapkan kecepatan terbaik pada motor versi 2022 di Mandalika (single lap).. Bahkan dalam simulasi balapan (long run), pembalap Honda sedikit lebih baik daripada juara dunia Yamaha, Fabio Quartararo. Itu artinya motor Honda versi terbaru akan bagus saat sesi kualifikasi maupun dalam race..

Dengan motor baru, mungkinkah itu semua berubah berkat mesin Honda versi 2022, yang membuat debut balapannya di Qatar akhir pekan ini?.. Tanda-tanda tes pra-musim menjanjikan, dengan empat pembalap pabrikan Marc Marquez dan Pol Espargaro di Repsol, ditambah Alex Marquez dan Takaaki Nakagami di LCR.. menetapkan kecepatan terbaik dengan motor versi 2022, yang dipimpin oleh performa puncak tes Pol Espargaro di Mandalika.

Menikmati kembalinya grip belakang, Espargaro dan rekan setimnya Marc Marquez terlihat sama kompetitifnya untuk kecepatan rata-rata, sementara Nakagami dan Alex Marquez memberikan simulasi balapan yang di atas kertas, sedikit lebih baik daripada juara dunia Yamaha, Fabio Quartararo.

“Semua pembalap Honda menggunakan spek motor yang sama dan semua orang, dengan cara balap yang berbeda, melihat performa dan potensi bagus dari motor baru ini. Semua senang, tidak ada yang bilang motor lama lebih bagus,” tegas Espargaro.

Semua pembalap Honda juga kompak dengan paket aerodinamis yang sama.. Kini mereka menjadi tim yang lebih homogen daripada tahun lalu ketika pembalap yang berbeda memiliki part motor yang berbeda. Bagi Pol ini adalah kunci evolusi di MotoGP dan sesuatu yang telah banyak dilakukan Ducati di beberapa tahun terakhir dan kita telah melihat keuntungan mereka.

Motor Benar-benar Baru

“Ini benar-benar berbalik. Sekarang saya bisa menerapkan gaya balap saya, pengereman belakang saya, yang sangat saya lewatkan tahun lalu.. Saya bisa membalap sesuka saya, karena saya telah membalap sepanjang karir saya, yang tahun lalu tidak bisa saya lakukan dan saya cukup kesulitan dengan bagian belakang motor,” jelas Espargaro.

“Tahun ini motor telah banyak berubah, motor lebih cepat dalam satu putaran, lebih stabil pada ritme balapan (race pace), dan yang paling penting adalah di mana saya paling kesulitan di tempat-tempat dengan suhu yang sangat tinggi  kami masih sangat kompetitif,” katanya..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives