Aki Ajo: Acosta Mirip Marquez Namun Lebih Dewasa

RiderTua.com – Tim Red Bull KTM Ajo memenangkan dua gelar dunia dan menang di 20 balapan pada tahun 2021. Pemilik tim Aki Ajo berbicara tentang talenta super dari era Marquez hingga Acosta. Jika kita melihat pembalap seperti Marquez, Quartararo dan Acosta, kita bisa melihat perbedaan di banyak area.. Ajo berujar, “Bahkan saya melihat lebih banyak kesamaan antara Marc dan Pedro. Dia memiliki pola pikir ‘old school’ tertentu dan terlihat sangat dewasa di usia muda. Mungkin lebih dewasa dari Marc di usia yang sama. Raul sedikit berbeda, karena perjalanannya ke puncak dunia lebih ‘naik turun’ di masa lalu dibandingkan dengan Marc dan Pedro.”..

Raul: Potensi Besar

Setahun yang lalu tepatnya di GP Aragon (17-18 Oktober), pemilik tim Aki Ajo bersama KTM dan Red Bull memutuskan untuk memindahkan Raul Fernandez ke Kejuaraan Dunia Moto2. Saat itu rider berusia 21 tahun itu belum meraih gelar juara dunia Moto3, dia hanya berhasil menang di GP Valencia pada 8 November dan di balapan final Kejuaraan Dunia di Portimao. Namun keputusan itu terbukti tepat, karena Raul Fernandez memenangkan 8 balapan pada 2021 meski harus kehilangan gelar juara dunia sebagai rookie, hanya dengan selisih 4 poin melawan rekan setimnya Remy Gardner.

Aki Ajo mengatakan, “Kami tahu bahwa Raul memiliki potensi besar. Tapi tidak ada yang memperkirakan musim seperti itu. Raul membutuhkan waktu di awal musim 2020 untuk membiasakan diri dengan tim Moto3 kami, dan menunjukkan balapan yang solid. Dia melakukan pekerjaan yang hebat di akhir musim. Dan kemudian dia melanjutkan di level ini di Kejuaraan Dunia Moto2 tahun ini.”

Acosta: Istimewa

Aki Ajo memenangkan gelar Kejuaraan Dunia 125cc dengan Marc Marquez di Derbi pada tahun 2010, jadi dia memiliki pengalaman dengan bakat luar biasa. Sekarang juga termasuk Pedro Acosta, yang memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 sebagai rookie tahun ini. Pada usia 16 tahun, Acosta bahkan mengalahkan lawan-lawannya ketika dia memenangkan 3 dari 4 balapan Kejuaraan Dunia pertama dengan cara yang sensasional, bahkan start di luar pit lane di Doha-Qatar.

Dan setelah GP Jerez, bintang muda KTM Red Bull itu menorehkan 51 poin di depan klasemen di awal.. “Acosta telah menunjukkan sesuatu yang sangat istimewa,” jelas bos tim asal Finlandia itu.

Raul Vs Acosta Vs Marquez?

Ajo juga sukses luar biasa dengan Brad Binder dan Miguel Oliveira. Tetapi pada usia yang begitu muda seperti Acosta, bahkan Marc Marquez belum menjadi juara dunia. “Jika kita melihat pembalap seperti Marquez, Quartararo dan Acosta, kita bisa melihat perbedaan di banyak area.”

“Ketiganya telah membuktikan pada usia yang sangat muda, bahwa mereka adalah sesuatu yang istimewa. Tetapi ketika mereka tumbuh dewasa, yang satu berjalan lebih cepat, yang lain membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencapai kesuksesan dan mencapai puncak. Itu sebabnya perbandingannya tidak adil,” kata pencetak juara dunia itu.

Bagaimana Ajo menilai Raul Fernandez dibandingkan dengan talenta super yang disebutkan di atas? Ajo menjawab, “Bahkan saya melihat lebih banyak kesamaan antara Marc dan Pedro. Dia memiliki pola pikir ‘old school’ tertentu dan terlihat sangat dewasa di usia muda. Mungkin lebih dewasa dari Marc di usia yang sama. Raul sedikit berbeda, karena perjalanannya ke puncak dunia lebih ‘bergelombang’ di masa lalu dibandingkan dengan Marc dan Pedro.”

Bahkan, runner-up Moto2 Raul Fernandez harus kesulitan dengan motor Mahindra di Aspar Martinez selama 1 tahun, saat itu dia hanya berhasil menempati peingkat 27 di Kejuaraan Dunia Junior 2017! Setahun kemudian dia sukses memenangkan Kejuaraan Dunia Junior dengan KTM.

“Tidak diragukan lagi, Raul adalah talenta besar. Dia bekerja sangat profesional di trek dan dengan tim,” puji Ajo, pembalap asal Spanyol yang merayakan 10 kemenangan GP dalam waktu 12 bulan dan membuat lompatan dari Moto3 ke MotoGP.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page