‘Tambal Sulam’ Trek-nya Marquez: Aspal Ulang, Tak Cukup Uang!

RiderTua.com – Masih ingat gonjang-ganjing seputar kondisi sirkuit Austin-COTA?.. Banyak pembalap protes tentang buruknya trek ini.. kini trek di daratan Amerika itu dipermak. Salah satu penyebab kondisi trek yang bergelombang adalah, kondisi bawah tanah trek yang sangat lunak dan juga pernah terkena banjir pada tahun 2015. Operator trek di Austin dibawah pengawasan Franco Uncini selaku pihak yang bertanggung jawab atas keselamatan di federasi motor dunia (FIM) bekerja sama untuk memperbaiki banyaknya gundukan yang ada di sirkuit ini. Pada GP 2021, banyak pembalap mengeluhkan kondisi trek yang buruk. Bahkan beberapa pembalap mendukung balapan dibatalkan. Misalnya, Aleix Espargaro yang mengatakan, “95 persen pembalap setuju bahwa tidak aman balapan di sini.” Namun, lintasannya tidak akan diaspal ulang sepenuhnya (tidak seluruh lintasan), hanya antara tikungan 2 dan 10. Mungkin karena tidak cukup waktu atau uang… Ini adalah sirkuit ‘Taman Bermain’nya Marquez: Trek Anticlockwise!

Sirkuit Austin Amerika Dipermak, Meskipun Tidak Semua

Pada akhirnya Marc Marquez berhasil meraih kemenangan disini. Untuk menghindari perselisihan dan perdebatan di masa depan, para petinggi yang bertanggung jawab atas sirkuit di AS ini beserta Uncini meninjau langsung ke lokasi.

Uncini berkata, “Banyak pembalap protes tentang buruknya trek ini. Saya sendiri ada di sana sebelum balapan dan saya perhatikan memang ada banyak gundukan. awalnya gundukan itu belum terlalu parah. Tapi pada balapan akhir pekan, ternyata lebih buruk karena aspal bergerak lagi.”

“Kami sekarang sedang mengerjakannya. Kami sepakat, perbaikan harus dilakukan. Namun, operator tidak dapat mengaspal ulang seluruh lintasan. Oleh karena itu, perbaikan hanya dilakukan mulai dari keluar tikungan 2 ke tikungan 10. Saya kira karena tidak cukup waktu atau uang,” imbuh Uncini.

Pada musim 2022, balapan dijadwalkan berlangsung pada 10 April. Sebelumnya, Uncini ingin berfoto lagi untuk meyakinkan para pembalap. “Saya harus melihat apakah masalahnya telah benar-benar terpecahkan.”

Pekerjaan renovasi dijadwalkan akan dimulai pada bulan Februari mendatang.

Circuit of The Americas‘ dibuka pada tahun 2012. Kejuaraan dunia balap motor telah berlangsung di Texas sejak 2013. Gundukan telah menjadi masalah selama bertahun-tahun. Salah satu penyebabnya adalah, kondisi bawah tanah trek yang sangat lunak dan juga pernah terkena banjir pada tahun 2015.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives