2021 Yamaha ‘Menggila’ di Kejuaraan Dunia Balap

2

RiderTua.com – Setelah gelar dunia MotoGP direbut Quartararo, kesuksesan Yamaha meluas ke seluruh dunia.. Yamaha benar-benar menyapu bersih gelar WSBK dan memberikan kekalahan total pada Kawasaki sebagai juara bertahan. Kejuaraan pembalap, konstruktor, dan tim dimenangkan oleh pabrikan berlogo garpu tala itu. Andrea Locatelli rekan setim Toprak di Pata Yamaha Brixx, juga menjadi rookie terbaik 2021.. Tidak hanya itu saja Garrett Gerloff, dari tim satelit Yamaha (GRT Yamaha) juga menyabet pembalap dan tim satelit terbaik. Kawasaki terakhir kali memenangkan kategori rider satelit terbaik tahun 2019, dengan Toprak Razgatlioglu, lagi-lagi Toprak..

Tidak berhenti disitu ada gelar pabrikan di WorldSSP dengan Ten Kate Racing Yamaha dan juara pembalap dengan Dominique Aegerter. Jake Gagne meraih kemenangan di MotoAmerica, Katsayuki Nakasuga menang di Jepang dan Tarran McKenzie meraih penghargaan di British Superbike.. tahun yang benar-benar sensasional bagi Yamaha di dunia balap motor.. Yamaha memang Semakin di Depan.

2021 Yamaha ‘Menggila’ di Kejuaraan Dunia Balap

Penantian 12 tahun Yamaha telah berakhir. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha dengan Brixx WorldSBK) mengamankan gelar Dunia Superbike MOTUL FIM setelah race yang mendebarkan di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika. Bintang Yamaha asal Turki itu mengklaim gelar dalam balapan pertama Mandalika.

Razgatlioglu memasuki seri pamungkas Indonesia dengan keunggulan 30 poin atas Rea dan, dengan pembatalan Superpole Race yang menggantikan Race 1 pada Minggu pagi, finish di tempat kedua cukup untuk mengklaim gelar dunia. Meskipun saingan utamanya Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) mengklaim kemenangan, Razgatlioglu finis di tempat kedua untuk merebut mahkota 2021, dan mengakhiri penantian 12 tahun Yamaha untuk memiliki ‘Rider Champion’.

Kepala kru Razgatlioglu, Phil Marron, hadir untuk memberikan pendapatnya setelah kesuksesan pembalap Turki itu serta mengambil gelar pertamanya sebagai kepala kru, “Saya kehilangan kata-kata, itu belum meresap. Hari spesial, musim spesial, pembalap spesial, tim spesial. Saya akan menyebutnya spesial! Saya beberapa kali nyaris memenangkan medali emas, tetapi kami mendapat perak. Akhirnya menyenangkan bisa mengambil emas pertama saya dan membawanya di WorldSBK. Ini adalah tahun ketiga saya bersama Toprak, dan senang melihatnya berevolusi, tumbuh, dan berkembang… Saya rasa dia belum selesai! Saya tidak berpikir itu adalah akhir dari ceritanya.”

Triple Crown

Tempat kedua Razgatlioglu ditambah dengan Andrea Locatelli (Pata Yamaha – Brixx WorldSBK) mengklaim tempat keempat berarti Pata Yamaha, mengklaim Kejuaraan tim untuk tahun 2021 dengan balapan tersisa. Di Race 2, Razgatlioglu mengklaim posisi keempat untuk mengamankan gelar konstruktor Yamaha ( Manufacturer Championship) yang kedua dalam sejarah WorldSBK mereka dan yang pertama sejak 2007.

Manajer Yamaha Motor Europe Road Racing, Andrea Dosoli, sangat gembira dengan keberhasilan Triple Crown tim. Dia berkata… “Luar biasa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang terjadi tahun ini. Triple crown adalah sesuatu yang sangat berarti. Kemungkinan besar, ini adalah musim terbaik di World Superbike. Saya tidak ingat musim di mana tiga pembalap dan tiga pabrikan bertarung di setiap lap, setiap balapan untuk podium. Tingkat persaingan sangat tinggi, dan saya harus memberi selamat kepada Toprak dan tim atas pekerjaan yang fantastis. Toprak tidak pernah membuat kesalahan.”

Setelah 12 tahun tanpa gelar Kejuaraan Pembalap atas nama mereka, di mana yang terakhir direbut oleh Ben Spies pada tahun 2009, dan 14 tahun tanpa gelar Pabrikan, Yamaha kembali ke puncak klasemen untuk mengakhiri tahun musim dengan pencapaian tertinggi di WorldSBK, dan di kejuaraan lainnya. Andrea Locatelli  juga menjadi rookie terbaik tahun ini..

Tim Satelit Terbaik

Di atas kesuksesan mereka, Yamaha mengklaim Kejuaraan Tim Independen dan Pembalap dengan Tim GRT Yamaha WorldSBK dan Garrett Gerloff, serta gelar Pabrikan di WorldSSP dengan Ten Kate Racing Yamaha dan Kejuaraan Pembalap dengan Dominique Aegerter.

Kesuksesan mereka juga meluas ke seluruh dunia, dengan Fabio Quartararo mengklaim gelar MotoGP musim ini, Jake Gagne meraih kemenangan di MotoAmerica, Katsayuki Nakasuga menang di Jepang dan Tarran McKenzie meraih penghargaan di British Superbike.. tahun yang benar-benar sensasional bagi Yamaha di dunia balap motor.

Berikut ini daftar gelar yang diraih Yamaha di 2021

No.ItemRider/ Team
1.Gelar Dunia MotoGP :Fabio Quartararo
2.Gelar Dunia WSBK :Toprak Razgatlioglu
3.Gelar Pabrikan WSBK:Yamaha WSBK
4.Gelar Tim WSBK:Pata Yamaha – Brixx WorldSBK
5.Gelar Rookie 2021 WSBK:Andrea Locatelli (PATA)
6.Gelar Tim Satelit WSBK:GRT Yamaha
7.Gelar rider Terbaik Satelit WSBK:Garrett Gerloff (Best Independent Rider award)
8.Gelar Pabrikan WorldSSP:Yamaha 2017-2021 (Ten Kate Racing Yamaha)
9.Gelar Pembalap WorldSSP:Dominique Aegerter
10.Gelar juara MotoAmerica:Jake Gagne
11.Gelar juara Jepang Superbike:Katsayuki Nakasuga
12.Gelar juara British Superbike:Tarran McKenzie

2 COMMENTS

Leave a Reply