Categories: MotoGP

GP Valencia: Pol Espargaro ‘Tidak Pasti’

RiderTua.com – Tim Repsol Honda mengalami kemalangan satu demi satu dalam beberapa minggu terakhir. Pertama, Marc Marquez absen di GP Portimao setelah mengalami crash saat latihan off-road, yang dikonfirmasi menderita gegar otak ringan dan gangguan pada penglihatan. Apesnya lagi, satu-satunya pembalap Repsol yang berlaga di Valencia (Marc tidak digantikan), Pol Espargaro terpaksa absen pada latihan bebas keempat dan kualifikasi setelah mengalami crash di FP3. Pemindaian di rumah sakit mengungkapkan memar berat, terutama di sekitar dada kanan dan perut.

Espargaro beristirahat malamnya sebelum menilai kondisinya dan apakah masih akan melanjutkan keikutsertaan pada Minggu pagi (masih belum pasti, kalaupun balapan akan start dari posisi paling belakang). “Saat ini saya merasakan banyak rasa sakit di sekitar tulang rusuk saya ketika saya bernafas, inilah yang paling menyakitkan,” tulis Pol di situs resmi Repsol Honda. Partisipasinya dalam balapan juga tidak pasti, kita tunggu saja berita selanjutnya..

GP Valencia: Pol Espargaro Tidak Pasti

Pada hari Selasa, Repsol-Honda harus mengakui bahwa juara dunia MotoGP 6 kali Marc Marquez menderita diplopia (gangguan penglihatan bipolar) seperti 10 tahun yang lalu setelah mengalami crash Moto2-FP1 di Sepang-Malaysia. “Saraf optik keempat kembali rusak,” jelas dr Sanchez Dalmau.

Di GP Valencia, Manajer Honda memutuskan tanpa pembalap pengganti untuk Marc Marquez. Karena Stefan Bradl yang selama ini menjadi rider pengganti, harus menjalani tes yang jauh lebih penting mulai hari Senin.

Itulah sebabnya, Pol Espargaro yang finis ke-2 di Misano-2 dan ke-6 di Portimao, harus mengibarkan bendera Repsol sendirian di balapan final dan mungkin mengamankan podium keduanya tahun ini.

Pol sempat mengalami crash pada hari Jumat, tetapi pembalap berusia 30 tahun itu berhasil mengamankan tempat kedua di FP2 lintasan kering. Hanya 0,012 detik di belakang pembalap tercepat Jack Miller (Ducati).

Dalam FP3 pada Sabtu pagi, Espargaro crash lagi (kali ini lebih parah) di tikungan 13. Pembalap asal Spanyol itu mengeluh sakit pada tulang rusuk dan dibawa ke rumah sakit 9 ​​de Octubre untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Dan Pol absen di FP4 dan sesi kualifikasi.

Pol Espargaro merosot kembali ke urutan ke-13 secara keseluruhan di FP3. Masih belum pasti apakah dia akan ambil bagian dalam balapan besok. Pembalap Repsol Honda itu harus balapan tanpa FP4 yang penting.

Berita terakhir menyebutkan Repsol-Honda mengumumkan bahwa Pol tidak mengalami cedera serius, tetapi juga tidak bisa berpartisipasi di Q1 hari Sabtu. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan.

Honda harus mempertahankan tempat ke-4 di Kejuaraan Dunia melawan KTM di balapan final Valencia dan tempat ke-5 di Kejuaraan Dunia Tim.

“Sayangnya hari ini saya mengalami kecelakaan yang sangat hebat selama FP3 di Tikungan 13. Dampaknya sangat keras tetapi untungnya saya tidak mengalami cedera serius dan tidak ada yang terlihat patah dalam tes yang kami lakukan di rumah sakit. Saat ini saya merasakan banyak rasa sakit di sekitar tulang rusuk saya ketika saya bernafas, inilah yang paling menyakitkan. Saya sangat kecewa karena kami memiliki kecepatan yang luar biasa dan saya merasa sangat percaya diri. Saya minta maaf untuk tim saya. Malam ini kita akan istirahat, minum obat penghilang rasa sakit dan melihat bagaimana situasinya di pagi hari.” kata Pol dalam pernyataan resminya..

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bisa Ikuti Jejak Suzuki Keluar dari MotoGP?

RiderTua.com - Yamaha harus mengembangkan mesin V4 agar mempercepat kemajuan mereka, yang diharapkan akan membuat mereka bertahan di MotoGP dalam jangka…

20 April 2024

Hasil Superpole WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil Superpole WSBK Belanda 2024 .. Sesi ini tetap berlangsung dalam kondisi basah.. Jonathan Rea…

20 April 2024

Hasil FP3 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP3 WSBK Belanda 2024 ... Sabtu (20/4/2024), Pembalap Aruba.it Racing , Nicolo Bulega, membuat…

20 April 2024

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024

Toyota Umumkan Recall Prius Karena Ini

RiderTua.com - Toyota Prius masih menjadi salah satu mobil hybrid unggulannya di pasar global. Terlebih setelah modelnya memasuki generasi terbaru…

20 April 2024