Seberapa ‘Fit’ Marc Marquez Sebenarnya?

1

RiderTua.com – Setelah dua kemenangan musim ini (GP Jerman dan GP Amerika): Seberapa fit Marc Marquez sebenarnya?… Dalam musim comeback-nya, sejauh ini Marc Marquez menorehkan dua kemenangan dan sekali finis di tempat ke-2. Di Circuit of The Americas, pembalap berusia 28 tahun itu mendominasi balapan sejak awal, sama seperti saat-saat terbaiknya. Marc dengan percaya diri meraih kemenangan ke-7 dari 8 balapan di Texas. Namun infonya efek samping dari cedera berkepanjangan pada lengan kanannya masih belum hilang. Untuk itulah, rider Repsol Honda itu mengenakan baju balap yang didesain secara khusus.

Seberapa Fit Marc Marquez Sebenarnya?

Seberapa baik kondisi fisik juara dunia 8 kali itu? “Saya tidak tahu persis. Tetapi dalam beberapa gerakan, masih jauh dibandingkan dengan lengan kiri saya. Tapi sekarang saya bisa menjaga posisi saya selangkah demi selangkah di titik pengereman. Dari titik pengereman hingga masuk tikungan saya belum merasa fit, saya tidak bisa meluncur dan membelokkan motor seperti yang saya lakukan sebelumnya. Dimana itu adalah salah satu kekuatan saya. Sekarang saya menyukai yang lain, saya merasa tidak nyaman. Saya masih memiliki beberapa batasan di sana,” jawab Marc Marquez.

Pembalap asal Spanyol itu ingin mengalihkan fokus dari masalah fisiknya di balapan. “Di Texas, pada hari Kamis saya berkata, ‘Jangan tanya saya tentang lengan saya. Saya hanya akan mencoba yang terbaik’,” ungkap kakak Alex Marquez (LCR Honda) itu.

“Pada hari Sabtu misalnya, saya merasa tidak enak badan dan kemudian saya tidak memaksakannya dan menghemat energi untuk race hari Minggu,” kata rider Repsol Honda itu, merujuk pada sesi kualifikasi, di mana seri polenya di COTA berakhir.

Start dari tempat ke-3, berarti start di barisan depan pertama setelah 441 hari. “Saya pergi ke Austin karena saya memiliki kecepatan, di trek lain saya harus memaksakannya. Karena, bahkan ketika saya memacu, saya jauh dari pembalap-pembalap cepat. Mari kita lihat bagaimana keadaannya dalam 3 balapan terakhir. Saya pasti menantikan musim dingin,” imbuhnya.

Adapun rasa sakit di lengan dan bahu kanannya, sejauh ini di GP Amerika adalah akhir pekan terbaiknya di musim comebacknya. Menurut Marquez, “Sesi basah pada hari Jumat banyak membantu saya, pada hari Sabtu saya tidak merasakan sakit. Mulai sedikit terasa sakit pada hari Minggu, karena selalu ada konsekuensi. Jika kita terus melaju, semua akan menjadi lebih baik. Dan dengan banyak tikungan kanan, rasa sakitnya langsung terasa. Tetapi yang penting adalah, menjadi lebih baik selangkah demi selangkah. Itu memotivasi saya,” tegas pemenang MotoGP 58 kali itu.

Jika diperhatikan, baju balap Marc Marquez dibuat lebih lebar di area bahu kanan daripada di kiri. “Sudah seperti itu sejak Aragon, karena saya mengalami kesulitan besar di sana dan mengalami sakit parah di bahu saya. Dan ketika kita kesakitan, semuanya mengganggu kita,” jelas rider asal Spanyol itu.

“Itulah sebabnya, kami meminta Alpinestars mengubah baju balap agar saya lebih bebas bergerak. Kemudian kami menyimpan perubahan ini, tetapi di masa depan kami pasti bisa pulih kembali persis seperti yang di sebelah kiri,” pungkasnya.

1 COMMENT

Leave a Reply