Categories: MotoGP

Pole Pol Seperti Sebuah Kemenangan

RiderTua.com – Pole position yang diraih Pol Espargaro di Silverstone seperti sebuah kemenangan, pasalnya dia sering terlihat putus asa selama beberapa minggu dan bulan terakhir. Tak jarang dia harus digerogoti semangat juangnya dengan crash dengan Honda RC213V yang performanya berubah-ubah. Terkadang pembalap berusia 30 tahun itu bahkan sempat bertanya-tanya, apakah dia akan mengalami nasib yang sama di Repsol-Honda seperti Jorge Lorenzo dan Alex Marquez, yang gagal memenuhi ekspektasi pada 2019 dan 2020. Namun pada akhirnya, ada secercah harapan untuk Repsol-Honda. Kini dia senang dan masih tidak percaya..

Pol Espargaro mengamankan pole position pertama sejak Taka Nakagami di GP Teruel 2020. Pembalap yang meraih peringkat 5 MotoGP 2020, yang juga meraih dua kali pole position serta 5 kali finis di tempat ke-3 dalam 14 balapan di KTM tahun lalu itu, jelas merasa senang dengan hasil yang ditorehkannya hari itu. Pada FP1 dan FP2, dia dua kali berada di tempat ke-4. “Itu adalah hari yang baik. Tapi saya merasa lebih kuat di Le Mans ketimbang di sini,” ujar adik Aleix Espargaro (Aprilia) itu.

Pole Pol Seperti Sebuah Kemenangan

Namun di kualifikasi (Q2), Pol Espargaro membukukan waktu tercepat dengan 1:58.889 menit. Dan dia sedikit beruntung karena waktu terbaik pembalap Pramac-Ducati Jorge Martin dibatalkan, setelah terjadi melewati jalan pintas di tikungan 8.

Pol Espargaro dengan senang hati memetik manfaat dari kerja kerasnya di Silverstone, bahkan jika pekerjaan terberat dalam balapan masih ada di depannya.

“Waktu terbaik ini sedikit mengejutkan bagi saya, setelah dua balapan yang sulit di Austria,” desah Pol Espargaro yang dua kali finis di posisi 16 di GP Styria dan GP Austria. Di balapan pertama, 31,150 detik di belakang pemenang Jorge Martin. Dan di balapan kedua, 43,384 detik di belakang rekan setimnya di KTM tahun lalu, Brad Binder!

Di kejuaraan dunia MotoGP, Pol hanya berada di peringkat 15 menjelang GP Silverstone. Dia hanya mengumpulkan 41 poin dalam 11 balapan. Dalam beberapa bulan terakhir dia pasti bertanya pada dirinya sendiri, apakah masuk akal untuk mengambil tantangan dari Honda dan Marc Marquez?

Sekarang, untuk pertama kalinya, dia keluar dari bayang-bayang juara dunia 6 kali itu, dengan tingkat kekuatan yang nyata. “Sulit dipercaya, kami kembali begitu kuat di sini setelah dua balapan yang sulit di Styria. Selalu sulit untuk mengatasi fase buruk seperti itu. Itu bisa membuat kita sedih, dan haus akan tindakan dan haus akan kesuksesan. Kami memutuskan opsi kedua,” ujar pembalap berusia 30 tahun itu.

“Saya telah bekerja tanpa lelah selama beberapa bulan terakhir. Saya mencoba untuk menjadi sedikit lebih baik setiap hari di Honda. Saya menemukan segalanya sedikit lebih mudah di Inggris,” ungkap Pol.

“Cengkeraman ekstra dari ban baru dari 2019 dan suhu dingin bermain di tangan kami. Mereka memberi saya apa yang kami butuhkan. Jadi saya bisa memainkan gaya balap saya dengan sempurna, dan sedikit melupakan masalah yang biasanya kami hadapi dengan motor di pit. Di masa lalu sirkuit ini selalu cocok untuk Honda. Itu memacu kami. Mari kita nikmati hari ini. Besok adalah hari yang baru. Tapi hari ini pole ini terasa seperti sebuah kemenangan.”

Apa strategi Espargaro untuk balapan?.. “Jujur, saya belum mau ambil pusing soal itu. Saya sangat sering menderita tahun ini, saya telah kesulitan beberapa kali musim ini. Jadi sekarang saya tidak memikirkan masa lalu dan masa depan, hanya tentang hari ini. Kami senang dengan apa yang kami capai hari ini. Tim layak mendapatkan kesuksesan ini. Saya akan berurusan dengan balapan nanti,” jawabnya.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Citroen Resmi Rilis C3 Aircross di Indonesia!

RiderTua.com - Citroen akhirnya meluncurkan mobil terbarunya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Mobil SUV ini menjadi varian baru lainnya dari…

24 April 2024

Pedro Acosta : Tahun Lalu Performa RC16 di Jerez Bagus Itu Memotivasiku

RiderTua.com - 2024 bisa dibilang tahunnya Pedro Acosta. Rookie dari tim GASGAS-Tech3 itu tampil impresif dalam 3 seri MotoGP pertama…

24 April 2024

Toprak Razgatlioglu : Aku Hampir Menangis, Banyak Orang Jerman Mendukung Saya!

RiderTua.com - Setelah finis ke-2 pada race pertama hari Sabtu, Toprak Razgatlioglu menyelesaikan superpole race pada Minggu pagi di posisi…

24 April 2024

Semua Rider Mengincar Tempat Enea Bastianini di Ducati

RiderTua.com - Mengenai performa kuat Enea Bastianini musim ini, usai GP Amerika Michael Laverty mengatakan, "Senang melihat performa Enea. Dia…

23 April 2024

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024