Categories: MotoGP

Cal Crutchlow: Motor Franky Kurang Top Speed!

RiderTua.com – Sebagai pembalap pengganti Franky, Cal Crutchlow mengendarai Yamaha M1 A-spec versi 2019 punya Franco Morbidelli. Crutchlow melewati garis finis di Spielberg di urutan ke-17, yang berarti finis paling buncit di GP Austria-2. Pembalap Inggris itu berujar, “Dalam pemanasan saya kehilangan rata-rata 0,6 detik di sektor pertama (trek lurus). Ini karena kecepatan motor (top speed). Ini tidak pernah menjadi trek yang bagus untuk Franco Morbidelli,” katanya.. Mungkin Cal sangat paham perbedaan motor Honda dan Yamaha, Honda lebih bertenaga di trek lurus karena mesin V4-nya..

Crutchlow Akui Motor Franky Kurang Top Speed!

“Lalu saya juga punya masalah dengan elektronik. Saat saya keluar dari tikungan terakhir, motor tidak berakselerasi saat saya tancap gas. Saya telah mengubah pemetaan, jadi saya mengubahnya lagi, tetapi hal yang sama terjadi lagi. Jadi saya kembali ke pemetaan pertama, tetapi saya butuh 3 atau 4 lap untuk memahaminya,” imbuh pembalap berusia 35 tahun itu.

Ketika turun hujan pembalap asal Inggris itu ambyar seketika. “Aku tidak bisa melihat siapa pun. Jadi aku tidak tahu apakah yang lain telah masuk pit, aku tidak tahu apa yang sedang terjadi,” kata Cal tidak bisa menahan tawa.

“Karena saya yang terakhir, saya mendapat lebih banyak hujan ketimbang mereka yang di depan, trek sedikit lebih basah. Saya tidak tahu apakah harus masuk pit atau tidak. Jadi saya akhirnya melihat ke layar lebar dan melihat bahwa semua pembalap masuk pit, jadi saya juga melakukannya.”

“Lalu saya kembali ke trek dan semuanya sedingin es. Karena lantainya sangat panas, tidak cukup basah untuk ban hujan dan tidak cukup kering untuk ban slick. Itu ada di suatu tempat di tengah. Itu adalah balapan yang sangat rumit, saya senang saya melewati garis finis,” kata Cal Crutchlow setelah finis di urutan ke-17.

Saat Cal ditanya, apa bagian tersulit dari comeback balap setelah lebih dari 8 bulan?
“Saya pikir pembalap lain jauh lebih cepat. Karena saya tidak membalap dengan lambat, terkadang saya lebih cepat ketimbang saat saya bersama Honda di Spielberg. Pada tahun 2018 saya berada di urutan ke-4 di sana, dan kecepatan saya akhir pekan ini mungkin lebih cepat dari itu. Tetapi saya yang terakhir,” jawab papa Willow itu.

“Itulah realitas olahraga ini sekarang. Masalahnya bukan kecepatan saya. Masalahnya adalah bahwa yang lain terlalu cepat. Saya menjalani kualifikasi yang buruk, tetapi saya hanya 0,1 detik lebih lambat dari tahun lalu setelah 6 tahun di Honda. Saya tidak berpikir itu seburuk itu, hanya terlihat buruk di atas kertas.”

Memakai Motor ‘Tua’ Morbidelli

“Setidaknya kami mengumpulkan informasi yang baik,” tambah Crutchlow dari sudut pandang sebagai tes rider untuk Yamaha. Sebagai pembalap pengganti, dia mengendarai Yamaha M1 A-spec punya Franco Morbidelli.

“Dalam pemanasan saya kehilangan rata-rata 0,6 detik di sektor pertama. Ini karena kecepatan motor (top speed). Ini tidak pernah menjadi trek yang bagus untuk Franco (Morbidelli) atau Yamaha yang saya kendarai. Fabio juga punya banyak masalah dengan itu. Saya melakukan apa yang saya bisa, itulah kenyataannya.”

Cal tidak berharap lebih. Dia berkata, “Jelas tidak akan mudah untuk naik motor setelah 5 bulan. Jelas tidak akan mudah di trek ini. Dan tidak mudah bagi saya untuk memahami banyak hal. Tapi saya pikir kami melakukan pekerjaan dengan baik. Saya juga berbicara dengan (Manajer Proyek Takahiro) Sumi selama hampir 40 menit pada hari Minggu pagi, tentang motor 2019, motor 2021 dan motor tahun depan.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024