Joan Mir: Suzuki Lebih Agresif dari Yamaha

1

RiderTua.com – Joan Mir berujar bahwa Suzuki GSX-RR lebih agresif dibandingkan Yamaha M1 yang lebih halus.. Hanya Suzuki dan Yamaha yang menggunakan mesin inline-4 (empat silinder segaris) di MotoGP. Juara dunia saat ini, Joan Mir tidak berpikir bahwa GSX-RR-nya sangat mirip segalanya dengan Yamaha M1 yang dipakai Fabio Quartararo dan tim satelitnya ( termasuk motor 2019 milik Morbidelli). Karakternya berbeda, Suzuki lebih garang dan Yamaha lebih lembut saat melibas tikungan… Suzuki lebih mendekati mesin V4 saat bergerak, Yamaha sangat halus dan lembut, kata Mir..

Joan Mir: Suzuki Lebih Agresif dari Yamaha

Berbeda dengan mesin V4 yang dipakai tim Ducati, Honda, KTM dan Aprilia, Yamaha M1 dan Suzuki GSX-RR menggunakan mesin inline. Meskipun kedua pabrikan Jepang tersebut menggunakan konsep mesin yang sama tidak secara otomatis bahwa motor-motor tersebut sangat mirip dalam hal gaya balap, karakter serta kekuatan dan kelemahan teknis, kata pembalap Suzuki, Joan Mir.

Dari sisi apakah Joan Mir melihat perbedaan dan persamaan kedua motor itu? “Itu pertanyaan yang sulit. Sulit untuk dijawab karena saya hanya melihat Yamaha dari luar dan hasil dari motor Suzuki ini,” katanya.

Yamaha Harus Belajar dari Suzuki

Kemudian Mir menambahkan, “Saya tidak berpikir motornya benar-benar mirip. Memang benar keduanya menggunakan mesin empat silinder segaris. Tetapi sifat-sifatnya sangat berbeda. Anda dapat melihat bahwa pembalap Yamaha melaju dengan cara yang berbeda dari Suzuki. Suzuki sedikit lebih agresif, motornya bergerak lebih dan dalam beberapa hal lebih dekat ke mesin V4 namun tidak menjadi motor V4. Yamaha, di sisi lain, membuat kesan halus dan lembut.”Joan Mir: Aku Bukan Favorit, Tapi Aku Orang yang Harus Dikalahkan

“Tapi seperti yang saya katakan, hanya itu yang bisa saya lihat. Jadi saya hanya bisa mengatakan bahwa menurut saya Suzuki sedikit lebih agresif daripada Yamaha,” pungkas pembalap Spanyol berusia 23 tahun itu.

1 COMMENT

Leave a Reply