Alpinestars: Baju Balap OK, Quartararo Tak Membukanya

1

RiderTua.com – Alpinestars menerbitkan laporan tentang insiden baju balap (racing suit) Fabio Quartararo di Catalunya. Menurut pabrikannya, baju yang digunakan Fabio Quartararo saat balapan tidak menunjukkan cacat apapun, semua komponen baju balap, termasuk sistem airbag Tech-Air masih utuh dan beroperasi penuh.. Alpinestars mengeluarkan pernyataan singkat hari ini di mana mereka mengklaim tidak menemukan bukti kerusakan pada baju yang digunakan oleh pembalap Yamaha di Catalunya, menjelaskan bahwa terbukanya ritsleting bukan karena masalah pada baju balapnya itu. Apakah posisi ritsleting salah, yang terletak sedikit di bawah penutup perekat ‘velcro’ (yang dilingkari, yang bunyi ‘kretek’ kalau dibuka)..?

Alpinestars: Baju Balap OK, Quartararo Tak Membukanya

Pemimpin klasemen MotoGP saat ini mengikuti lima lap terakhir GP Catalunya dengan baju balap terbuka sepenuhnya ke pinggang, dan tidak sampai akhir.. Beberapa gambar sebelum dimulainya tes menunjukkan bahwa Quartararo memiliki ritsleting setelan yang terletak sedikit di bawah penutup ‘velcro’ yang menghindari situasi seperti ini, dan semuanya menunjukkan bahwa keadaan ini, ditambahkan dengan speed hampir 350 km / jam yang dicapai pembalap MotoGP di trek lurus Montmelo, dia kemungkinan menurunkan secara perlahan hingga benar-benar terlepas. Bagaimanapun, hipotesis ini murni spekulatif dan Alpinestars menolak mengomentari kemungkinan ini.

Pabrikan Italia itu mengatakan dalam siaran persnya bahwa “Setelah balapan MotoGP hari Minggu di Circuit de Barcelona-Catalunya, tim Pengembangan Balap Alpinestars meluncurkan penyelidikan integritas pakaian balap Fabio Quartararo. Setelah analisis awal pasca balapan di truck Alpinestars Racing Development yang terletak di paddock MotoGP, tim menemukan baju balap tersebut dalam kondisi operasi normal dengan semua ritsleting dan penutup beroperasi penuh. Selain itu, semua komponen baju balap, termasuk sistem airbag Tech-Air masih utuh dan beroperasi penuh.”

Pabrikan perlengkapan sepeda motor Italia telah mengirimkan baju balap yang digunakan oleh Fabio ke kantor pusatnya untuk analisis lebih lanjut… “Ini hanya evaluasi pertama, yang akan diselidiki lebih lanjut setelah setelan tersebut berada di laboratorium Alpinestars di markas Alpinestars, melakukan semua tes dan analisis untuk memahami lebih lanjut tentang penyebab dari apa yang terjadi.”

Bagaimanapun, dari Alpinestars mereka menjelaskan bahwa masalah ritsleting tidak ada hubungannya dengan mengembangnya airbag mereka yang tidak disengaja seperti yang mungkin dibaca di beberapa tempat: “Sistem airbag Tech-Air tidak digunakan selama balapan, alat itu bekerja seperti yang diharapkan, karena tidak ada situasi benturan.”

Bagaimana Menurut Quartararo?

Jadi bagaimana baju balap Quartararo bisa terbuka? Dia sendiri telah menyatakan bahwa dia tidak membukanya. Kenyataannya tetap bahwa kita telah menyaksikan pemandangan ‘unik’ itu, seperti yang dinyatakan oleh beberapa pembalap, dan pasti ini adalah situasi berbahaya bagi pembalap motor. Risiko besar, dan hanya seminggu setelah peristiwa tragis yang menimpa Dupasquier… Tapi pemeriksaan terus berlanjut, seperti yang disebutkan Alpinestars ingin melihat dengan jelas untuk mencegah episode seperti itu terjadi lagi.

1 COMMENT

Leave a Reply