Alami Krisis, Honda Datangkan Pengamat Teknis ke Paddock

1

RiderTua.com – Honda dalam kondisi krisis, seorang pengamat dikirim ke paddock Honda. Beberapa menduga akan ada rotasi atau ganti pimpinan di tim balap HRC akhir musim ini..  Selama akhir pekan MotoGP di Catalunya, mantan direktur teknis Shinichi Kokubu muncul lagi di garasi Honda. Hasil Marc Marquez dan Pol Espargaro mengkhawatirkan. Dalam sesi kualifikasi MotoGP di Montmelo, kita disuguhkan kembali upaya pembalap Honda yang mencari cara demi mengejar ketertinggalan. Kali ini pembalap yang menjadi referensi adalah Jack Miller yang mengambil peran kelinci untuk Marquez. Namun, pembalap Ducati itu bercanda dengan memberi isyarat: Berapa yang Anda bayar?.. Dia melakukan itu saat keluar dari pit dan melihat Marc di sebelahnya. “Jika Anda mulai mengkhawatirkan siapa yang ada di belakang Anda, Anda sudah kalah. Dan bagaimanapun, derek pertama gratis, ” kata pembalap Australia itu..

Alami Krisis, Honda Datangkan Pengamat Teknis ke Paddock

Meskipun mendapat ‘tumpangan’, tidak masalah jika Marc Marquez akhirnya tidak mampu melaju ke Q2. Pada akhirnya, dia berterima kasih kepada Jack dan menunda tantangan untuk mencari waktu yang lebih baik, yang di bumbui dengan humor yang sekaligus menunjukkan kondisi Honda yang benar-benar menyedihkan.

Sementara itu kata-kata Pol Espargaro terasa sulit diterima, mengingat dia berada di pabrikan tersukses di MotoGP. “Kami membutuhkan konsesi, jika tidak tahun depan hanya akan mendapatkan lima hari tes dan tidak akan cukup untuk mengeluarkan kami dari tempat kami sekarang.”

Dan Marc tidak setuju. “Saya tidak menginginkan konsesi, karena itu berarti kami tidak akan naik podium. Kami berada di momen yang sulit, tapi saya pikir kami akan mendapatkan podium sebelum akhir tahun”.

Setali tiga uang di tim satelit LCR, Alex Marquez dan Taka Nakagami juga memiliki feeling yang lebih buruk dibanding musim MotoGP lalu. Salah satu kemungkinan penyebabnya bisa ditemukan pada ban belakang baru Michelin, tapi tentu bukan itu satu-satunya masalah. “Menempel atau mengikuit pembalap lain agar cepat, di situlah kami sekarang,” tambah Pol Espargaro.

Situasi ini berisiko menjadi eksplosif di Honda. Shinichi Kokubu, direktur teknis pada saat era Shuhei Nakamoto dan kemudian diganti Livio Suppo, terlihat lagi di pit, sebelum diasingkan ke Superbike untuk memberi saran bagi Takeo Yokohama. Tugasnya? Laporkan kepada para pemimpin HRC di Jepang. Mungkinkah akan ada rotasi atau penggantian pimpinan tim pada akhir 2021 di kubu Honda…?

1 COMMENT

Leave a Reply